Senin, 24 September 2018

Purging Jangan Panik




Purging  apa an sih ?
Jarang banget,  bahkan akutuh belum pernah baca   produk kosmetik, yang  kasih woro-woro bahwa dalam masa  awal  memakai  produk mereka  ada kemungkinan kamu bakalan purging.  Paling banter  cuma kasih  saran, hentikan pemakaian bila terjadi iritasi.

Akutuh  sempat kesel, ceritanya setelah  baca-baca  review  para beauty blogger  tetarik coba  produk  anti aging. Cussssss  langsung  shoping kita,  for your information   motto hidupku  tuh ”forever young”  ( ....emang gue pikirin)

Satu minggu setelah  cream dioles-oles manjah di kulit .......Oh NO.  Muka  eikeh  cuy.....merah  dan jerawat  kecil-kecil mulai bermunculan. Takut terjadi hal-hal yang tidak diingikan, diriku langsung  stop pemakaian. Bingung  deh , muka gue kok jadi gini ?

Setelah ngobrol sana-sini , baru deh  ngeh ada yang namanya purging. Penampakan kulit  yang bikin shock itu  adalah pertanda , purging-  reaksi  kulit terhadap zat aktif dalam kosmetik.

Purging pada kulit itu penampakanya  bisa berupa
πŸ‘Š Jerawat  Papula, kecil-kecil  terasa keras tapi gak ada nanahnya.
πŸ‘Š Jerawat Pustula,  gede-gede  kemerahan dan sering kali berisi nanah

Baru ngeh  deh cream antiaging,  obat pemutih wajah  dan obat jerawat  bisa menyebabkan reaksi purging karena mengandung  bahan aktif  ini

- AHAs & BHAs  (glycolic acid, malic acid, salicylic acid) 

- Benzoyl  peroxide , populer sebagai obat jerawat

- Betinoids (tretinoin, isotretinoin, retinol)  paling sering ada di cream antiaging

- Vitamin C

- Exfoliants , biasa terdapat pada  cream dan  lotions  pengelupasan kulit.

Berapa lama sih gejala ini disebut  reaksi Purging 

Contoh kasus  lamanya masa purging , adalah   para penguna  cream ritinon yang nama dagangnya Vitacid. Proses purging  yang mereka  alami,  rata-rata  antara 3 bulan sampai 1 tahun. 
Vitacid ini, obat jerawat  tingkat mahir ( emang lu kate kursus ). Setelah melewati masa  gak berani ngaca selama 1 tahun itu, rata –rata mereka puas dengan hasil akhirnya.

Pertanyaanya setelah semua berlalu ( cie ilah) 

Kita mikir nih, ini proses purging atau emang  beneran gak cocok . Buat kita yang bukan dermathologist  -  ahli penyakit kulit, sekilas kok gak ada bedanya. 

Eh tunggu dulu cuy ,  proses  purging setiap orang bisa jadi  beda karena :

πŸ’‹ Faktor hormonal , ABG masa pertumbuhan beda dong sama orang dewasa.  Misalnya,  elu emang jerawatan, trus mengalami  purging  maka  jerawat elu  bisa  laksana  peserta demo 212. Nah yang gak berbakat jerawatan ,paling nongol di dagu aja.

πŸ’‹ Treatment- obat atau kosmetik yang pernah dipakai sebelumnya. Kamu  langanan klinik kulit ternama  atau pernah  menjalani pengobatan penyakit  kulit ?

 Bisa jadi  gak bakalan  purging kalau memakai  kosmetik drugstore. Simple aja, karena produk kosmetik yang diproduksi  masal   kandungan aktifnya tidak setinggi  racikan dokter.  Gak ngefek, istilah anak zaman now.

WARNING  Itu reaksi purging kalau

πŸ’§Masalah kulit mulai muncul,  satu-2  minggu setelah pemakain  produk kosmetik  dengan ingredient yang memungkinkan purging . Setelah empat minggu, kulit mengalami perbaikan.

πŸ’§Jerawat  bermunculan serempak di lokasi  yang  emang   jadi  tempat  nongkrong  jerawat di  muka mu. Tetapi perlahan  mulai  jarang  muncul dan  kondisi kulit di sana mulai membaik.


 WARNING πŸ’£  Ini tandanya ternyata   emang kamu  gak cocok  pake produk itu

Jerawat   bermunculan serempak , di lokasi  yang  jarang dikunjungi jerawat.   Semakin hari, kok semakin menjadi . Atau kulitmu mulai bermasalah saat pake cream malam baru  , tapi gak ada zat pemicu  purging di dalamnya. Mulailah waspada, kurangi  frekwensi  pemakaian. Jangan langsung stop,  lanjutkan pemakaian selama 3-4 minggu.

Kenapa harus menunggu 3-4 minggu, untuk mengetahui ini purging atau tidak cocok ?

4 minggu itu, adalah masa regenerasi kulit. Kalau proses yang kamu alami itu,  fase purging maka  kulit  perlahan akan membaik bahkan lebih sehat dari sebelumnya  Secara alami, kulit yang sehat akan membaik setelah regenerasi. Teruskan pemakaian sesuai aturan,  terlalu sering  atau malah jarang-jarang bisa bikin purging  kamu gak kelar-kelar.

Gimana kalau ternyata ini pertanda  gak cocok?

Dalam 3-4 minggu,  ya gak keliatan perbaikanya dong. Hentikan, pemakaian produk. Tapi untuk urusan bersih-bersih muka,  pake  cleansing milk dan toner  lanjut terus  ya cuy.  Sebelum mulai dengan treatment baru, berilah jeda antara 3-4 minggu lagi . Biarkan kulit beristirahat sejenak dan memperbaiki  jaringan yang rusak.

Diriku menyarankan , teliti dulu  ingredient  perawatan kulit yang akan digunakan. Kalau emang kulitnya gak ada masalah, ya gak usah pake yang aneh-aneh. Punya pengalaman purging juga? Ceritain dong di komen.
πŸ‘„πŸ‘„πŸ‘„


#purging  #skincares
#alergikulit  #jamurkulit
#obatjerawatampuh   #vitacid
#creamantiaging 

#purging
#alergikosmetik
#kerusakankulit
#jerawatdankomedo
#creampemutih
#creamantiaging
#iritasikulit

Tidak ada komentar: