Agustus 16, 2021

Kuliner Khas 17an di Palembang

Jajanan Memeriahkan  Ulang Tahun Ratu Sampai Ulang Tahun Indonesia 

"telok abang-telok ukan- ketan jepit"

Selain  pempek,kemplang dan produk olahan ikan lainya. Kota Palembang juga punya jajanan tradisional yang  cuma ada di bulan Agustus. Kuliner Khas 17an di Palembang, antara lain  ada ketan jepit, telok ukan, telok pindang dan sudah pasti telok abang.Nah,  selama bulan Agustus  pedagang  ramai – ramai  buka lapak di Jalan Merdeka Palembang.

Emang sih , kalau melihat  bahan bakunya kuliner  itu bisa dibikin kapan aja sepanjang tahun. Tapi ada sejarahnya yang mengikat ingatan  warga Palembang dibulan Agustus.

Misalnya tradisi  telur merah di bulan Agustus  sudah ada sejak zaman Belanda. Telok abang  sudah dijual  di pasar malam  koninginnedag – hari ratu.

Yup,pesta rakyat yang diadakan setiap bulan Agustus biasa disebut juga hari ratu. Karena memang diadakan untuk memeriahkan hari ulang tahun Ratu Wihelmina pada tanggal 31 Agustus.

Sama juga seperti sekarang, dimana ada keramaian disitu ada yang jual jajanan. Nah, jajanan telok abang menemukan momen yang pas. Walaupun kalau ditilik sejarahnya,masyarakat Tionghoa yang mendiami kota Palembang sudah biasa membuat telok abang untuk syukuran hari kelahiran.

Dalam budaya timur telur sebagai symbol kelahiran dan kesuburan. Sementara warna merah lambang keberuntungan  dan kemakmuran. Jadi klop kan, telok abang  digunakan sebagai jajanan dihari ratu. Nah, radisi itu terus dilanjutkan masyarakat Palembang  untuk memeriahkan  hari ulang tahun Republik Indonesia.

Cara membuat Telok Ukan    

Menurut cerita nenek, wong plembang  zaman dulu, hanya menggunakan kuning telur bebek untuk  membuat kue – kue basah seperti lapis legit, maksuba atau kue  lapan jam. Nah supaya tidak mubazir, putih telur bebek yang tidak  terpakai  dibuatlah  menjadi telok ukan. Jadi bisa dibilang kalau  telok ukan  adalah telur bo ong – bo ongan.

"telur bebek-telok ukan"

Cara membuat  telok ukan  sebenarnya sederhana, cuma perlu telaten mengerjakanya.Bahan yang diperlukan untuk membuat telok ukan.Putih telur,santan kelapa,esen pandan,garam,kapur sirih. Semua bahan diaduk rata, lalu dituangkan kembali ke dalam cangkang telur bebek satu persatu.Tutup cangkang dengan  gabus, lalu kukus dengan api sedang selama sekitar 15-20 menit. Rasnya gurih dengan aroma pandan yang khas.

Cara Membuat Ketan Jepit

Jajanan ketan jepit (kepit) ini, terbuat dari beras ketan putih  ditanak  dengan santan. Bumbunya sereh, daun salam,daun pandan,dan garam secukupnya.Setelah dikukus sampai matang,ketan tadi dibungkus daun pisang. Lalu dijepit dengan dua bilah bambu. Ketan lalu dipanggang sebentar di atas  bara api. Ketan jepit biasanya dihidangkan dengan sambel lingkung.

Sejarah Telok Abang

 

Yup, telur yang berwarna merah. Telur rebus yang kulitnya diberi warna merah.Yang bikin telok abang istimewa adalah telur dijual satu paket dengan mainan miniatur pesawat atau kapal. Mainan yang terbuat dari kayu gabus kemudian dihias warna – wani. Telok abang ditancapkan ke miniatur tadi dengan lidi yang diberi bendera kertas.

 Udah tau dong sekarang  kuliner khas Palembang  selain pempek.Jadi kalau penasaran dengan rasa telok ukan atau pengen koleksi miniatur pesawat gabus. Mampir yuk ke Palembang pada bulan Agustus.donasaurus

Tags :

bm
Created by: autumleafs

Feel free to connect with me on social media or leave me a comment lways be super happy to have a little chat about your ideas and opinions Love Dona

13 Comments

umumnya orang hanya tau pempek saja, padahal banyak kuliner palembang yg otentik juga. Sekarang jadi tambah tau khazanah kuliner Palembang termasuk Telor Abang ini kak.. ini aku beneran penasaran, sapa tau bisa ku coba dirumah , pewarnanya apa sebelum atau sesudah di rebus kak? Yang digunakan pewarna apa

Reply

Unik2 bgt mbak nama makanannya, aku baru denger. Ternyata makanan khas Palembang gak hny empek2 ya. Wajib coba nih nanti klo ke sana.

Reply

Dulu pas molly sekolah, pernah diketawain kawan gara2 makan telok ukan. warnanya unik ijo kayak telok nagoo atau unicorn wkwk

Reply

Perayaan hari ratu dan HUT RI sama-sama di bulan agustus ya. Pasti seru nih, jadi bulan kuliner ya.

Reply

Selama pandemi gini, tetap ada acaranya gak?

Bikin penasaran, corona hilang semoga aja bisa kesampaian main ke palembang deh.

Reply

Saya tertarik kepingin mencoba Telok Ukan, kebetulan kami sedang merintis bisnis kuliner sejak pandemi ini, biasanya sering banyaj kelebihan putih telur.. tapi ini harus telur bebek, ya?

Reply

Ketan jepitnya menggoda sepertinya enak. Yg namanya kuliner nusantara itu ada aja ya kisah dibaliknya.

Reply

Jujurly baru tahu palembang khasnya nggak hanya empek2. Nggak pernah tau ada telok ukan, telor merah juga ya? dll itu. Penasaran sama rasanya juga. Semova oneday bisa liburan ke palembang ;)

Reply

aku penasaran dengan ketan jepit, rasanya kaya gimana ya?

Reply

Makanan yang dijelasin di artikel bener-bener baru saya dengar. Selama ini taunya makanan khas Palembang adalah pempek. Dan saya suka banget.

Unik-unik yah, penasaran sama rasanya.

Reply

Oh baru ngeh abang itu dari warna merahnya, awalnya kirain semacam telor bikinan abang-abang gitu.

Unik itu yg telok ukan, biar putih telurnya ga mubazir.

Reply

Telok itu berarti telur ya, wah dapat kata² baru hehe.
Coba ada di sini, mau mencicipi daku kuliner khas nya, apalagi ketan jepit. Soalnya daku suka makan ketan 🤤

Reply

wah baru tau saya ada telok abang lucu banget yaa, terbuat dari kayu kardus dan juga bisa di cetak ternyata

Reply
Connect