Oktober 20, 2018

Gejala Alzheimer


" orang tua umumnya tidak menyadari kalau mereka menderita alzheimer"

Gejala Awal Alzheimer

Seorang politikus gaek, bikin heboh. Membuat komentar kontroversial dan kok seperti bukan dia yang dulu. Barusan yang bikin hoax, juga perempuan yang  sudah lumayan berumur. Sebelumnya beliau,dikenal tegas jujur dan gak mudah goyah oleh topan badai.
Tarik nafas dalam-dalam jangan  emosi , kelakuan ini mungkin gejala Alzheimer dan Demensia . Nama yang sulit dieja,tapi kalau pikun semua pasti ngeh. Nah Alzheimer ini, adalah nama "medis" untuk pikun.
Supaya jelas duduk perkaranya, yuk  kita mulai dari awal.
 
 
Alois Alzheimer  adalah nama ahli jiwa (Psikolog) asal Jerman yang pertama kali melakukan penelitian tentang penyakit kejiwaan  ini pada tahun 1906. Sebagai penghargaan atas usahanya, maka penyakit ini dinamakan Alzheimer.

Alzheimer ini seperti musuh dalam selimut. Tahapan-tahapan penurunan kemampuan otak dapat berlangsung selama bertahun-tahun. Semakin lama makin memburuk dan akhirnya permanen Menurut penelitian,berikut ini ialah gejala  umum demensia Alzheimer  yang dapat diamati.
 
  1. 1.Gangguan Daya Ingat
Gejala paling terlihat pada penderita Alzheimer ialah sering lupa. Lupa janji untuk bertemu atau pergi,lupa menaruh barang .Segala jenis lupa, bisa terjadi.

Nih ada contoh kasus, almarhun kakak ipar suatu sore cerita sama istrinya ( yaitu kakak ku), kalau dia baru tahu kalau Pak Didi ( sebut saja demikian) tinggal di depan rumah mereka. Perlu di informasikan,  Pak Didi itu sudah 20 tahun jadi tetangga mereka.

2. Sulit Fokus 
Kesulitan fokus/ kosentrasi Kesulitan untuk melakukan aktivitas,walaupun  sudah biasa di lakukan.Seperti memasak, menggunakan telepon, menyalakan mesin cuci.  Penderita sering juga kesulitan menghitung uang dan barang 

Gejala Alzheimer Yang Sering Dialami Manula

 1.Disorientasi
 Banyak kejadian orang tua yang tersesat / hilang ternyata adalah penderita Alzheimer.
Mengalami disorientasi (hilang arah) atau kebingungan soal waktu dan tempat< lokasi > Penderita Alzheimer sering tiba-tiba bingung.
Di mana mereka berada dan  lupa bagaimana mereka sampai di sana. Tidak  tahu, jalan kembali pulang ke rumah.

2.Kesulitan Memahami Visuospasial
Visuospasial adalah Kemampuan untuk menempatkan sebuah benda, objek atau gambar dalam sebuah tempat atau ruangan yang seharusnya.
Kemampuan Visuospasial, akan menjadi salah satu prosudur pemeriksaan pada pasien yang mengalami gejala Alzheimer.Karena  ini menjadi pertanda awal dan ciri seseorang akan mengalami penyakit Alzheimer. 
Dalam kehidupan sehari-hari,penderita Alzheimer dan Demensia  akan kesulitan misalnya :
 ⇒ mengukur  dan menentukan jarak . 
⇒ warna atau  mengunakan / meletakan sesuatu sesuai pasanganya   
⇒ tidak tepat saat menuangkan air ke dalam gelas 
⇒ salah memakai sepatu/ sendal  
⇒ sulit menyebrang atau menaiki tangga   

  3.Penderita Alzheimer Mengalami Gangguan Komunikasi

 Kesulitan untuk mencari kata yang tepat. 
Penderita Alzheimer dan  demensia tiba-tiba berhenti di tengah percakapan dan bingung untuk melanjutkan kalimat yang hendak dibicarakan. Akhirnya  menjadi malas bicara karena sering lupa nama sesuatu .

Masalah Sosial Yang Sering dialami  penderita Alzheimer

Menarik Diri Dari Pergaulan
 Karena sering lupa,sering bingung  dan sering salah seperti contoh diatas. Maka penderita ,biasanya akan kehilangan semangat. 
Malas untuk bergaul atau  sekadar ngobrol dengan tetangga.
Lebih suka tidur atau  melamun sendiri. Pada beberapa kasus,mereka sibuk dengan kegiatan yang kadang-kadang tidak sesuai dengan umur 

Perubahan Perilaku dan Kepribadian

Tanda yang  jelas terlihat adalah emosi yang  naik turun.Dalam beberapa kasus,perilaku mereka bisa  menjadi diluar kewajaran. 
 
Nah bila orang - orang dekat kita mengalami salah satu atau salah dua dari masalah diatas.
Gak ada salahnya diperiksa. Lebih awal mengetahui, akan menghindarkan mereka dan keluarga dari masalah yang lebih besar.
 Tidak perlu malu, karena alzheimer bisa menghinggapi siapa saja. Salah satu figur terkenal yang menyatakan diri menderita Alzheimer adalah Presiden  Ronald Reagen.Alzheimer-dimensia bukan aib, itu penyakit.Punya pengalaman soal pikun, ceritain dong di komen***

Tags :

bm
Created by: Donasaurus

Feel free to connect with me on social media or leave me a comment lways be super happy to have a little chat about your ideas and opinions Love Dona

Connect