Kamis, 21 Februari 2019

5 Penyebab Bau Badan 6 Tips Mengatasinya

 Mariamichelle - pixabay

Waktu SMA dulu diriku punya teman sekelas, dengan masalah bau badan. Si Eneng duduk, tepat di depanku. Menjelang tengah hari,biasanya aku sudah siap buku untuk tutup hidung.
Eneng anaknya baik, niat sekali untuk menuntut ilmu.Setiap pagi jalan kaki pulang-pergi 3 kilo, cari angkot ke kota. Wajar dong, dia keringetan. Tapi karena kita sudah memasuki masa puber, maka keringatnya menjadi polusi udara.

Suatu hari Yanti-teman sebangkunya Eneng, bermain sandiwara.Sembari kami ngorol, tetiba dirinya mengeluarkan keresek belanjaan.  Munculah dua bungkus, BB Harum Sari. Bedak anti BB, paling ngetop zaman itu.
“ Eh ...kok aku beli dua ya, di rumahkan masih ada!”
Yanti melirik Eneng, kemudian mengulurkan satu bungkus sambil bilang “ nih satunya buat kamu aja!”
Yanti,diriku dan kawan-kawan,semua terdiam.Menunggu reaksi Eneng, laksana menanti pengumumam pemilihan Presiden.
OMG, antiklimaks banget mak. Eneng cuma mengelengkan kepala,tanda menolak.
Dengan muka kesel banget, Yanti masukin kembali bedak BB itu ke dalam tasnya.Diriku dan teman-teman langsung lemes,kecewa berat.
Kita gak enak hati, untuk bicara jujur perkara BB nya Eneng. Sandiwara BB ini, mestinya adalah win-win solution. Akhirnya, kita cuma bisa ‘ jaga jarak’ saja darinya.

 travorykellyphotograpy - pixabay5

5 Penyebab Bau Badan

Keringat, Hormon Dan Bau Badan

Keringat itu adalah mekanisme,pendinginan alami yang dilakukan tubuh. Berkeringat gak cuma sehabis jalan jauh, banyak gerak atau olahraga.Keringat juga bisa muncul saat cemas dan stress.
Bau badan mulai mengangu, saat anak beranjak remaja.
Memasuki masa puber,hormon dalam tubuh mulai aktif.Kelenjar keringat mulai berproduksi,dalam kapasitas maksimal.Keringat bercampur dengan bakteri di kulit,menimbulkan bau.Tidak cuma di ketiak, bau juga bisa timbul di kaki dan kepala.Selain faktor hormon, makanan dan minuman juga mempengaruhi bau badan.

 Aroma Makanan
Temanku pengemar berat durian.Setelah pulang dari berburu durian,diluar kota. Selama tiga hari, keringatnya bau durian.

Gak cuma durian.Beberapa makanan dan minuman yang beraroma kuat ,bisa menimbulkan bau badan. Senyawa kimia aktif yang terkandung di dalam makanan dan minuman itu, tidak semua terserap tubuh.
NjoyHarmony - pixabay


Tubuh akan membuang, zat yang tidak terserap itu melalui sistem ekskresi. Dikeluarkan bersama urune,keringat dan nafas.Semakin besar jumlah asupan, nah makin kenceng juga baunya.
Misalnya:
Bawang – bawangan,termasuk juga jenis daun bawang dan Kucai
Olahan daging merah,terutama kambing dan kuda.
Minuman beralkohol
Jengkol, Pete,Kabau,Durian
Tembakau rokok

 Geralt - pixabay

Tips Mengurangi Bau Badan

• Mandi
Untuk kita yang tinggal dinegara tropis,kadang cuma duduk di rumah saja kita bisa berkeringat.Jadi gak ada alasan tidak mandi, karena gak keluar rumah.
Mandi dua kali sehari,itu sudah cukup. Bersihkan dan gosok area lipatan kulit seperti ketiak , leher , pangkal paha.

• Sabun Anti Bakteri
Sabun jenis ini, biasa dikenal sebagai sabun keluarga. Misalnya Lifebuoy,Medicare dan Detol.Sabun Sere dari Herborist, juga baik untuk mengobati sakit kulit dan mengurangi bau badan.

 ulleo - pixabay

• Keringkan Badan
Gunakan handuk, kering dan bersih.Pastikan lipatan kulit dan bagian bawah dada benar-benar kering. Lipatan kulit yang basah, menjadi tempat berkembang biak bakteri penyebab bau badan.

• Gunakan Pencegah Bau badan
Parfume bukanlah pencegah bau badan. Menyemprotkan parfum pada pakaian yang bau, malah bikin tambah runyam.
Banyak pilihan produk, pencegah bau badan
Powder – Bedak BB
Rollon
Stick
Gel
Apa kamu juga sering sebel karena noda rollon di baju?
Untuk menghindarinya, oleskan semua produk, pencegah bau badan saat badan sudah benar-benar kering dan sebelum memakai baju.

 donasaurus

Diriku dapat satu sample Dove - Go Fresh Cucumber dan  Green Tea  dari hometester.id 
Rollon ini,beraroma ketimun yang kalem.Dengan formula moisturising cream unik dari Dove.Selain bebas bau badan, diklaim bisa bikin kulit ketiak halus dan lembut.

Nah yang bikin aku suka Dove - Go Fresh ini, adalah rollnya. Ukuran bolanya, jauh lebih kecil dari rollon lain. Gak meleber kemana-mana,waktu dioleskan. Semoga saja, ukuran bola kecil begini tetap dipertahankan untuk produk yang dijual.Karena sangat praktis dan tidak mengotori pakaian.
Pengunaan 1x sehari, sebenarnya sudah cukup. Tetapi kalau kamu masih belum PD, bisa gunakan 2x sehari sesudah mandi.

• Pakaian yang bersih
 stocksnap - pixabay

Gunakan pakaian dalam dan luar,yang bersih. Selain enak dilihat, juga nyaman dipakai. Gantilah baju, segera setelah banyak berkeringat.Keringat yang kering di baju, baunya lengket.Membriarka keringat kering di badan, juga bisa bikin masuk angin dan gatal-gatal.

Makan dan Minum
Bila melakukan perjalanan jauh dengan mobil.Hindari terlalu banyak mengkonsumsi, makanan yang bisa menimbulkan bau. Aroma keringat yang keras, bisa bikin mabuk perjalanan.
Beberapa tanaman dipercaya, bisa mengurangi bau badan - www.trubus.id
 donasaurus


Kemangi - Ocimum × citriodorum
Kandungan zat aktif eugenol pada daun kemangi,berfungsi sebagai antiparasit dan antioksidan. Yang dapat membantu mencegah, bakteri penyebab bau badan.Penggunaan, bisa dimakan langsung.


Bluntas - Pluchea indica
Mengandung senyawa aktif seperti minyak atsiri, flavonoid, dan tanin.Yang efektif sebagai antibakteri penyebab bau badan.Penggunaan bisa dimakan langsung, atau diminum sebagai teh.


Sirih - Piper betle
Kandungan antisptik pada daun sirih,manjur juga untuk mengatasi bau mulut dan bau badan.Pengunaan bisa di makan langsung, atau minum air rebusanya.
Serai - Cymbopogon citratus
Selain mengandung senyawa aktif antioksidan, anti jamur dan bakteri.Serai juga mampu mengurangi, keringat yang berlebih. Pengunaan dapat diminum air rebusanya.

donasaurus

Jarang sekali yang terbuka, langsung mengomentari bau badan seseorang.Tapi kalau teman, pada gak mau duduk deket kamu. Atau orang-orang di sekitarmu, mulai kipas-kipas muka. Waspada deh, mungkin bukan sikapmu tapi bau badan kamu yang membuat mereka menjauh.
Eh punya pengalaman soal BO yang bikin puyeng ?
Cerita-cerita di komen dong !

4 komentar:

  1. Bau badan itu aromanya seperti apa sih...?, apa memang bau kayak bangkai apa bau kayak walang sengit...

    BalasHapus
  2. Hi Jhon, kalau dalam kamus bahasa Indonesia yang disebut bau itu adalah segala macama aroma yang tercium hidung.Tapi sudah mengalami penyempitan makna.Sekarang kalau kita bilang bau itu biasanya mengacu pada aroma kurang enak misal amis busuk apek dll. Nah bau badan itu,aroma yang secara umum masuk kategori busuk.Bisa karena pakaiankena keringat yang terkontaminasi bakteri dikulit.Thanks sudah mampir Jhon

    BalasHapus
  3. Kadang nih ye, paling gak enak kalo nyium BB pada saat lagi cukur rambut. Mau ngehindar bingung gimane caranye, jadi ilfill . Paling tahan napas haha haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. OMG, kebayang deh gimana perasaanmu.Kalo karyawan salon / barbershop yg otodidak atau belajar ama temen mungkin kurang ngerti soal beginian. Semoga pelanggan nya d
      gak pada kabur gegara BB nya.Thanks sdh mampir hendrs.

      Hapus