Rabu, 15 Mei 2019

Nafas Segar Selama Ramadan


Nafas Segar selama ramadan bikin PD

Andai aku tidak memberatkan umatku,niscaya aku akan menyuruh mereka bersiwak ( menyikat gigi) setiap kali berwudhu (HR Bukhari dan Muslim)

Masalah tahunan, yang datang setiap ramadan itu adalah bau mulut. Bakteri yang tersisa di rongga mulut, adalah salah satu penyebab bau.
Selama berpuasa terjadi penurunan produksi liur, yang berfungsi sebagai pencuci dan antimikroba alami. Bau mulut semakin memburuk, bila kebersihan gigi selama berpuasa diabaikan.

Ada beberapa tips dari Dr Zahid Siddique(BDS,Mpharm)  untuk mencegah bau mulut selama berpuasa. 

Hindari makanan yang  beraroma keras
Saat berbuka dan makan sahur, hindari makanan – makanan yang beraroma keras. Antara lain jengkol,pete termasuk juga makanan yang mengandung banyak bawang putih

Makanan yang disarankan
Apel,pisang,jeruk,seledri,kemangi

Menjaga kebersihan gigi dan mulut
Kebersihan gigi dan mulut ini, gak cuma penting di bulan ramadan ya.Tapi karena saat puasa, ada kondisi khusus yang membuat hygienitas gigi dan mulut itu fatal banget.

Sikat gigi minimal 2 kali sehari
Sikat gigi
Tidak dianjurkan menyikat gigi, diwaktu siang selama berpuasa. Beberapa ahli fikih menghawatirkan, pasta gigi yang tak sengaja tertelan akan membatalkan puasa. Kutipan dari laman NU.OR.ID

Jika ada orang yang memakai siwak basah. Kemudian airnya pisah dari siwak yang ia gunakan, atau cabang-cabang (bulu-bulu) kayunya itu lepas kemudian tertelan, maka puasanya batal tanpa ada perbedaan pendapat ulama. Demikian dijelaskan oleh al-Faurani dan lainnya. (Abi Zakriya Muhyiddin bin Syaraf an-Nawawi, al-Majmu’, Maktabah al-Irsyad, Jeddah, juz 6, halaman 343)
Bersikat gigilah sebelum tidur, dan segera setelah makan sahur. Gunakan pasta gigi,  yang mengandung fluoride. Saat menyikat gigi, pastikan  semua bagian gigi disikat. Lama waktu menyikat gigi idealnya,  selama dua menit.

Berkumur
Berkumurlah setiap kali mulut terasa kering, atau liurmu terasa tak enak. Karena keduanya pertanda, bau mulut mulai menyerang.

DIY Obat Kumur

Cengkeh
Rendam  4-6  buah cengkeh, dalam ½ gelas air mendidih selama sekitar 1 jam. Gunakan untuk berkumur, setelah dingin.

Daun sirih untuk berkumur
Daun Sirih
Sobek – sobek 2 lembar dau sirih, rendam dalam setengah gelas air mendidih selama kurang lebih 60 menit.Gunakan untuk berkumur, setelah dingin.

Kamu punya resep anti bau mulut? Bagi dong di komen***donasaurus.com
#30harikebaikanBPN
#bloggerperempuan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir