Jumat, 10 Mei 2019

Nasi Goreng Sejuta Alasan dan Acar Timun Gak Ada Alasan



Nasi goreng The national Dish Of Indonesia

Penjual nasi goreng dengan mudah, kita temukan disetiap sudut tanah air. Gak heran dong  nasi goreng  berjuluk,The national dish of Indonesia.
Para perantau Indonesia diseluruh dunia, menjadikan nasi goreng obat rindu kampung.
Nasi goreng berada diurutan ke dua, sebagai  masakan paling enak sedunia setelah rendang.

Sejak kecil emak suka memasak nasi goreng, untuk kami di rumah. Ada – ada aja alasan emak ( dan juga bapak) untuk masak nasi goreng.

Nasi goreng sering jadi menu sarapan pagi alasan bapak, biar nasi sisa semalam gak mubazir ( zaman itu belum ada mejikkom).

Nasi goreng jadi menu makan sahur, alasan emak karena sayur sudah habis waktu berbuka dan beliau malas masak subuh – subuh.Diriku menamakan resep nasi goreng rumahan ala emak itu, sebagai nasi Goreng Sejuta Alasan.

Bumbu nasi goreng
Resep nasi goreng itu, fleksible banget. Dari yang ribet dengan segala rupa  bahan mahal, sampai  yang cukup dengan irisan cabe dan bawang tok.

Resep Nasi Goreng
  • 300 gr nasi putih 
  • 100 gr daun kol - iris kasar
  • 2 siung bawang merah - iris tipis
  • 1 siung bawang putih – iris tipis
  • ½ buah tomat ukuran sedang –potong dadu
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1 sdt cabai bubuk ( sesuai selera)
  • ¼  sdt penyedap rasa / kaldu bubuk
  • ½ sdt garam halus ( sesuai selera)
  • 5 sendok makan minyak goreng

Cara memasak
  • Goreng bawang merah dan putih sampai berwarna keemasan
  • Tambahkan tomat dan cabe bubuk - aduk rata sampai tomat lembut
  • Tambahkan 2 sendok kecap manis - aduk sebentar
  • Masukan nasi yang sudah diaduk dengan garam dan penyedap rasa/kaldu bubuk
  • Aduk sampai warna merata
  • Menjelang diangkat masukan irisan kol – aduk sebentar
  • Angkat - nasi goreng siap dihidangkan
Ide untuk masak nasi goreng itu, bisa datang kapan aja. Sementara tidak setiap saat kita punya, lauk pauk atau sekedar  daun –daunan sebagai lalapan.Karena itu diriku, biasanya selalu sedia acar  timun. Acar ini enak banget, dimakan  bareng nasi goreng.
Rasa pedas - asam  timun dan wortel, bikin seger. Acar timun ini mirip asinan, kalau disimpan dikulkas bisa tahan  beberapa hari.Bahan dan cara membuatnya, simple banget.

Acar Timun

Acar Timun
  • 1 buah timun muda ukuran besar
  • 1 buah wortel ukuran sedang
  • 4 buah cabe rawit
  • 1/2 sdt garam halus
  • 1 sdt cuka makan /  air jeruk
  • ½ sdt gula pasir
  • ¼ gelas air matang

Cara membuat
  • Belah dua timun – buang bijinya – potong dadu
  • Bersihkan wortel – potong dadu
  • Cabe rawit di iris kasar
  • Masukan dalam wadah berisi air matang
  • Tambahkan garam-gula dan cuka makan
  • Simpan didalam kulkas
Kamu suka nasi goreng juga?  Bagi resepnya dong di komen*** donasaurus.com

#30HariKebaikanBPN
#bloggerperempuan

7 komentar:

  1. Aku suka buat nasi goreng, kadang kalo cuma ada bawang sama telor ya cuma buat seadanya, kalo ada bahan lengkap buat yang spesial hihi. Di keluarga ku nasi goreng beda beda versi karena dari ayah ku sendiri sampai adik ku yang paling bontot suka masak jadi kalo pas mau makan nasi goreng biasanya pada buat sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang nasi goreng itu fleksibel banget.Thanks sdh mampir K-time

      Hapus
  2. Aku jg suka nasgor tapi seringnya nasgor putih.. Iris bawang merah putih tipis.. Cabe rawit merah yg pedes trus garam dan mentega untuk numis... Sebelumnya pake telur yg udh diorak arik.. Maknyus krn harum dan gurih 😋😋

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih kayaknya sedap tuh,thanks sdh mampir heni

      Hapus
  3. adekku yg no 3 itu sangaaaat tergila2 ama nasi goreng mba. bisa jd krn pas hamil dia, mamaku ngidamnya nasi goreng :p. pokoknya apapun jenisnya, nasi goreng semua enak menurut dia :D. kalo aku milih2 sih. ga semua rasa nasi goreng yg dijual enak. g dibikin sendiripun kdg rasanya ga pas. aku paling suka nasi goreng yg kecapnya ga banyak dan pedas. trus pernah dimasakin nasi goreng cabe ijo, itu juga sukaaaa. ga pake kecap samasekali :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih adeknya pasti asik banget gak rewel makanya.Thanks sdh mampir Fanny

      Hapus
  4. numpang promote ya min ^^
    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus