-->

Sabtu, 17 April 2021

Tips Memilih Coklat Bubuk

Menjelang lebaran gini, biasanya emak – emak pada sibuk . Mulai nyiapin bahan, untuk bikin kue lebaran. Ngomong-ngomong soal coklat, kami sekeluarga fans berat, kue - kue rasa coklat.
donasaurus.com
Nah, untuk keperluan bahan kue, biasanya aku  ngeborong  berbagai  jenis coklat. Sebab satu resep, bisa menggunakan dua, sampai tiga jenis coklat. Karena itu diriku selalu  nyetok, aneka jenis coklat, terutama  coklat bubuk.

 Eh, kebetulan ngobrolin soal coklat bubuk. Tau enggak,ternyata coklat bubuk,ada beberapa jenis.  Ada coklat bubuk khusus, untuk adonan kue.

Ada juga yang khusus,untuk membuat  minuman  coklat. Biar enggak bingung, nih aku udah  ngumpulin  info seputar coklat bubuk.

Warna dan rasa coklat bubuk

Kalau diperhatikan, warna coklat bubuk beda – beda loh. Ada warnanya yang gelap, ada juga yang coklatnya lebih  terang. Waw, diriku baru ngerti, warna – warna itu  didapat, selama  proses pengolahan biji kakao.

Ada 2 macam proses pengolahan  biji kakao, sebelum digiling menjadi  coklat bubuk. 

Natural Cocoa Powder

Seperti namanya,coklat bubuk alami. Proses  pengeringan dilakukan langsungsetelah biji kakao dipisahkan dari kulit buah. Coklat bubuk yang dihasilkan  dengan  teknik ini :

  • Warna  coklatnya lebih terang
  • Rasa pahitnya samar
  • Aromanya  tidak  begitu kuat

Bubuk coklat alami, akan diberi label sebagai  Unsweetened Cocoa Powder  atau  Pure Cocoa Powder. Natural Cocoa Powder banyak digunakan, sebagai bahan utama  minuman  rasa coklat, ice cream, cream coklat, roti dan kue kering.

donasaurus.com 

Dutch  Process 

 Proses ini pertama kali digunakan,oleh pengusaha coklat asal Belanda - Coenraad  Johannes van Houten.  Sebelum dikeringkan biji kakao, direndam dalam larutan Alkali terlebih dahulu. Reaksi kimia antara biji kakao dan   Alkali,  menghasilkan  coklat bubuk  yang khas:

  • Warna  bubuk  coklat gelap
  • Aroma coklat yang  tajam
  • Rasa pahit coklat yang khas.

Coklat bubuk Dutch Process  dijual , dengan label  Processed  With  Alkali atau Alkalized Cocoa Powder. Coklat bubuk Tulip Bordeaux, adalah  contoh   coklat bubuk, yang dibuat dengan Dutch process. Coklat   jenis ini direkomendasikan,  untuk  membuat  adonan  brownis dan cakes.

Harga dan  Ukuran  Kemasan  Coklat  Bubuk

Dizaman serba online gini, kamu  enggak perlu keliling  cari toko bahan kue, yang jual coklat bubuk. Udah ada  toko bahan kue  lengkap, yang  melayani pembelian online. Tinggal klik Toko Wahab, semua  pernak – pernik  pembuatan kue ada  disini.

Di Toko Wahab tersedia coklat bubuk, untuk segala keperluan. Dari coklat batangan, chip, meses, lapis dan tentu saja coklat bubuk. Khusus coklat bubuk, Toko Wahab  menawarkan  beberapa  merek  premium, dengan  harga  bersaing.

  • Tulip Bordeaux 2x2.5 kg                     - Rp. 640.000
  • Tulip Burgundy 2.x2.5 kg                     - Rp. 590.000
  • Bensdorp 4x5 kg                                  - Rp. 2,5 juta
  • Tulip Noir 2.x2.5 kg                             - Rp. 700.000
  • Van Houten 50x180 gr                        - Rp. 1,7 jutaan.
  • Colatta Drinking Chocolate 6x1 kg     - Rp. 500.000

donasaurus.com
Sekarang udah tau dong, dimana beli coklat bubuk,  yang  sesuai dengan kebutuhan. Semisal masih  ragu, kamu bisa langsung  chat, dan tanya – tanya sama admin  tokowahab.com. 

Udah gak ada alasan lagi, males masak karena susah cari bahan kue. Semua  tersedia lengkap, di Toko Wahab.  donasaurus.com

Senin, 03 Juni 2019

Jajanan Lebaran Wong Plembang

kue lapan jam
Kue Lapan jam - dok.Tempo

Kue Tradisional Palembang 

Hari – hari besar selalu punya hidangan khasnya sendiri. Setiap daerah punya gulai dan jajanan lebaran, yang dijadikan hidangan istimewa.

Kalau di Palembang hampir tiap rumah menyajikan olahan ikan,berupa empek – empek atau tekwan juga kerupuk dan kemplang.

Selain itu barisan kue basah yang manis manja akan dijumpai disetiap rumah. Seperti Maksubah,Lapan Jam,Engkak Ketan,Lapis Legit,Lapis Kojo.
Selain itu ada beberapa kue dan hidangan palembang yang semakin jarang dilihat saat lebaran.

   Manisan Gula Asem   

Pernah makan permen asem Haw Flakes, yang  bulat dan tipis berwara kemerahan?
Nah kue satu asem ini, rasa dan aromanya pesisi permen itu.
 
kue satu asem
Manisan Gula Asem     dok-Pusat oleh - oleh Palembang
Dahulu dibuat dari  adonan gula halus,yang dibasahi air asam keranji.Adonan diibentuk dalam cetakan kayu, lalu dikeringkan di oven.
Lantaran asam keranji semakin mahal sekarang pada pakai asam jawa, yang diberi pewarna merah.

Manisan ini populer juga disebut kue satu asem.Karena dicetak dalam cetakan kayu,yang biasa dipakai untuk mencetak kue satu. Kamu juga bisa pesan Manisan Gula Asam itu di link  caption foto ya

  Kue Satu Sagu  

Sagu yang sudah disangrai ditambah gula dan parutan kelapa.Dicetak dan dipangang. Kue ini jadi alternatif, kalau bosen makan kue bermentega.

  Kue Gandus  

kue gandus
Kue Gandus            dok.Masak Apa Hari Ini.Com
Mirip kue talam, tetapi gurih.Bahan utamanya teping beras dan santan.Dihidangkan dengan toping ebi(udang kering),bawang goreng dan daun kucai. Penasaran dengan kue gandus? Resepnya klik deh  caption foto.

  Lontong Kuah Ikan  
Lontong biasanya dibuat dari beras yang direbus. Lontong Palembang ini terbuat dari, tepung beras yang ditanak.Dibungkus dengan daun pisang,kemudian  dikukus lagi untuk memadatkanya.

Lontong Palembang dihidangkan, dengan kuah santan ikan giling. Bumbu khas pada kuahnya adalah temu poh..Tumbuhan rimpang ini, beraroma mangga muda.Di Palembang lebih popoler dengan nama temu mangga.

Sudah lama sekali diriku tidak mencicipi, lontong Palembang ini.Sejak Emak meninggal tidak ada, yang cukup telaten untuk membuat lontong tepung dan kuah ikan.


  Es Kacang Merah  

es kacang merah
Es Kacang Merah
Isinya minimalis banget cuma rebusan kacang merah,ditambah santan atau susu trus dikasih es.Yang bikin ribet adalah,kacang merahnya.

Dulu sekali jauh sebelum zaman pop ice dan es kepal milo, kacang merah segar mudah dijumpai di pasar tradisional Palembang. Sekarang kacang yang mirip biji buncis ini, biasanya dijual sudah kering.

Perlu direndam satu malam, lalu direbus pake presto 1 jam baru bisa lembut. Daya upaya yang sedemikian besar cuma untuk makan es,yang bisa dibeli dengan harga 7-10 ribu /gelas. Akhirnya es kacang  sekarang,jadi menu di warung makan dan warung  empek – empek saja.
******
Pergaulan dan  perkembangan zaman,mempengaruhi juga hidangan lebaran.Seperti juga beberapa tradisi dan budaya tak benda lain, hidangan tradisional mulai surut. Ribet dan memakan waktu, jadi alasan kita malas membuatnya.Akhirnya kita cuma bisa cerita saja ‘eh dulu  Nenek kamu  kalau lebaran suka masak ini loh......’ ***donasaurus.com

Kamis, 09 Mei 2019

Sayur Asem Oncom

 Bahan Sayur Asem

Kalau ditanya sayur paling populer di Indonesia, bisa jadi sayur asem jawabanya.
Sejarah terciptanya resep sayur asem,mungkin mirip-mirip  pizza di Italy.

Coba deh diperhatiin sayur asem ini,adalah kompilasi dari berbagai jenis sayuran.
Masing - masing sayuran itu bisa dimasak, secara mandiri ( hadewww) tanpa campuran sayur lain.

Lah terus kok bisa  tumplek blek, jadi satu begitu?

Sebutan sayur asem itu, seperti isyarat keprihatinan. Not a sweet its sour  time - masa sulit.

Mungkin sayur asem adalah ide, dari suatu keterpepetan.
Bahan makanan mahal dan sulit didapat, di rumah atau kebun cuma tersisa sayur-mayur serba sedikit.

Seorang perempuan tangguh, bergerak sigap. memasak apa saja yang tersisa dalam satu belanga. Taraaaaa........... jadilah sayur asam.
oncom

Walaupun diakui asli dari tanah jawa, tapi hampir tiap daerah di Indonesia punya resep sayur asemnya sendiri. 


Meski campuranya bisa beda-beda, yang namanya sayur asem harus ada daun dan buah tangkil / melinjo.

Ibuku punya resep, sayur asemnya sendiri. Kebiasan yang akhirnya menjadi standar, masak sayur asem ala donasaurus.

Resep Sayur Asem Oncom
  • 3 Lembar Daun Kol
  • 2 Lembar Daun Sawi
  • 1 Terong Ungu
  • 1 Jagung - Pipil
  • Sepotong Nangka Muda
  • Toge
  • Oncom Dipotong Dadu
  • ½ Buah Labu Siam
  • Kacang Tanah
  • 2 Buah Kacang Panjang
  • Buah Dan Daun Tangkil / Melinjo


Bumbu Sayur Asem
Bumbu
  • Laos  seruas jari- Digeprek
  • 1 Lembar Daun salam
  • Asam Jawa seruas jari
  • 2 Butir Bawang merah - haluskan
  • 1 Butir Bawang putih - haluskan
  • 5 buah Cabe merah/ cabe rawit - haluskan
  • Garam - Penyedap Rasa/ Gula ( sesuai selera)


Cara memasak
  • Didihkan  3 gelas air
  • Potong - cuci sayuran dan bumbu
  • Geprek biji melinjo pisahkan dari kulitnya
  • Kacang tanah dan  melinjo  ditumbuk kasar
  • Masukan bumbu halus - laos – asam - daun salam
  • Masukan kacang – nangka – melinjo – labu siam
  • Nasukan sayuran setelah nangka lunak
  • Tambahkan irisan oncom
  • Masak sampai sayuran matang
  • Tambahkan garam – penyedap rasa/ gula sesuai selera
Sayur Asem Oncom

Catatan

Saat Ibu dan ayah kami, mulai memasuki usia senja. Mereka kesulitan mengunyah,kacang – kacangan. 
Setiap masak sayur asem, Ibu meminta saya mengeprek / giling kasar kacang dan biji melinjo. 

Supaya mereka berdua, lebih mudah mengigitnya. Akhirnya sekarang malah jadi ciri khas, resep sayur asemandalan saya****donasaurus.com

#bloggerperempuan
#30HariKebaikanBPN
Connect