Senin, 03 Juni 2019

Jajanan Lebaran Wong Plembang

Kue Lapan jam 


Hari – hari besar selalu punya hidangan khasnya sendiri. Setiap daerah punya gulai dan jajanan lebaran, yang dijadikan hidangan istimewa.

Kalau di Palembang hampir tiap rumah menyajikan olahan ikan,berupa empek – empek atau tekwan juga kerupuk dan kemplang.

Selain itu barisan kue basah yang manis manja akan dijumpai disetiap rumah. Seperti Maksubah,Lapan Jam,Engkak Ketan,Lapis Legit,Lapis Kojo.
Selain itu ada beberapa kue dan hidangan palembang yang semakin jarang dilihat saat lebaran.

Manisan Gula Asem
Pernah makan permen asem Haw Flakes, yang  bulat dan tipis berwara kemerahan?
Nah kue satu asem ini, rasa dan aromanya pesisi permen itu.
Dahulu dibuat dari  adonan gula halus,yang dibasahi air asam keranji.Adonan diibentuk dalam cetakan kayu, lalu dikeringkan di oven.
Lantaran asam keranji semakin mahal sekarang pada pakai asam jawa, yang diberi pewarna merah.

Manisan ini populer juga disebut kue satu asem.Karena dicetak dalam cetakan kayu,yang biasa dipakai untuk mencetak kue satu. Kamu juga bisa pesan Manisan Gula Asam itu di link  caption foto ya

Kue Satu Sagu
Sagu yang sudah disangrai ditambah gula dan parutan kelapa.Dicetak dan dipangang. Kue ini jadi alternatif, kalau bosen makan kue bermentega.

Kue Gandus
Mirip kue talam, tetapi gurih.Bahan utamanya teping beras dan santan.Dihidangkan dengan toping ebi(udang kering),bawang goreng dan daun kucai. Penasaran dengan kue gandus? Resepnya klik deh  caption foto.

Lontong Kuah Ikan
Lontong biasanya dibuat dari beras yang direbus. Lontong Palembang ini terbuat dari, tepung beras yang ditanak.Dibungkus dengan daun pisang,kemudian  dikukus lagi untuk memadatkanya.

Lontong Palembang dihidangkan, dengan kuah santan ikan giling. Bumbu khas pada kuahnya adalah temu poh..Tumbuhan rimpang ini, beraroma mangga muda.Di Palembang lebih popoler dengan nama temu mangga.

Sudah lama sekali diriku tidak mencicipi, lontong Palembang ini.Sejak Emak meninggal tidak ada, yang cukup telaten untuk membuat lontong tepung dan kuah ikan.

Es Kacang Merah
Es Kacang Merah
Isinya minimalis banget cuma rebusan kacang merah,ditambah santan atau susu trus dikasih es.Yang bikin ribet adalah,kacang merahnya.

Dulu sekali jauh sebelum zaman pop ice dan es kepal milo, kacang merah segar mudah dijumpai di pasar tradisional Palembang. Sekarang kacang yang mirip biji buncis ini, biasanya dijual sudah kering.

Perlu direndam satu malam, lalu direbus pake presto 1 jam baru bisa lembut. Daya upaya yang sedemikian besar cuma untuk makan es,yang bisa dibeli dengan harga 7-10 ribu /gelas. Akhirnya es kacang  sekarang,jadi menu di warung makan dan warung  empek – empek saja.

Pergaulan dan  perkembangan zaman,mempengaruhi juga hidangan lebaran.Seperti juga beberapa tradisi dan budaya tak benda lain, hidangan tradisional mulai surut. Ribet dan memakan waktu, jadi alasan kita malas membuatnya.Akhirnya kita cuma bisa cerita saja ‘eh dulu  Nenek kamu  kalau lebaran suka masak ini loh......’ ***donasaurus.com

#30HariKebaikanBPN
#BloggerPerempuan
#jajananlebaran
#jajananpalembang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Broken Link Lagi Tinggi Aku Moderasi Dulu Yak