Rabu, 24 Juli 2019

Cantik dan Sehat Dengan Nanas

Juice nanas untuk mengurangi rasa sakit setelah kemotrapi.pic donasaurus


Buah asli Amerika Selatan ( Brasil, Bolivia,Paraguay) dibawa kolonial masuk Nusantara, sekitar tahun 1599.Sejak itu nanas udah merasa seperti di rumah sendiri di sini. Sekarang nanas tersedia, sepanjang tahun di Indonesia.

Dibeberapa negara nanas dikategorikan, sebagai tanaman obat.Vitamin,mineral serta enzim  yang terkandung pada nanas, dimanfaatkankan untuk  memutihkan kulit, mengobati jerawat,menurunkan kadar kolesterol , gula darah sampai  membersihkan rahim
Bersisik  bukannya ikan
Bermahkota bukanya raja

Buah apa namanya
  • Vitamin C
Dari rasa asam manisnya kita udah tau dong, kalau nanas mengandung vitamin C. Dan seperti yang saudara – saudari ketahui vitamin C itu  baik banget untuk mempertahankan elastisitas kulit karena mengendors pembentukan kolagen.
  • Antioxidant
Kandungan bisa menghalau paparan radikal bebas  yang bikin kulit kusam dan berkerut
  • Alpha Hydroxy Acids 
nanas efektif untuk mengangkat sel kulit mati (exfoliator). Jangan lupa  baca resep masker nanas,dibagian akhir posting ini.


Dibeberapa negara nanas dikategorikan sebagai obat herbal pic Pexel
Enzim Bromelain
Enzim ini  bertanggung jawab menyebabkan rasa gatal atau lecet di lidah, setelah memakan nanas. Bromelain ini juga adalah awal cerita  nanas dicap sebagai, alat bantu mengugurkan kandungan.

Enzim bromelain punya hobi yang luar biasa, yaitu memakan ( lebih tepat menghancurkan) protein, protease dan peptise.Konstruksi kulit dan daging  manusia sebagian besar adalah protein. Nah kebayang dong gimana  jadinya janin, kalau ketemu bromelin dalam rahim.

Well jangan terus demo minta fatwa MUI, mengharamkan  makan nanas.Karena bromelain j
uga amat sangat bermanfaat untuk  mereka yang  terkena kanker dan tumor.

Dari laman medical news today, ada beberapa alasan kenapa konsumsi nanas disarankan untuk mencegah perkembangn sel kanker.


  • Nanas VS  Kanker
Bromelain bersemayam, pada bagian tengah buah  nanas. Enzim ini menahan protein ras, yang terdapat pada 30 % sel kanker. Selain itu enzim bromelain bisa mendeteksi keberadaan sel kanker sekaligus meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan kekuatan super itu bromelain diharapkan bisa menghalangi perkembangan tumor payudara,paru-paru,ovarium dan melanoma. 
tangkapan layar dari laman IG  @donasaurus101  tentang manfaat buah nanas 

Kabarnya minum Juice nanas juga baik, untuk mengurangi rasa sakit setelah kemotrapi
Tuh kan sekarang nambah alasan kenapa kita harus sering makan nanas.Selain mudah dan murah, manfaatnya ternyata mahal banget dah.

Tapi tunggu dulu karena nanas dibilang baik untuk kesehatan dan kecantikan, bukan berarti  gak ada aturan makan.
  • Aturan makan
Dari laman medikal news, asupan nanas gak lebih dari satu gelas  juice sehari atau satu – dua potong nanas segar /hari.

Jangan lupa tambahkan sedikit garam pada potongan nanas, untuk mencegah bromelain mengigit balik lidah dan tengorokan wkkkk.
Tujuanya garam dapur akan menghambat kerja bromelain, sehingga efek gatal dan iritasi tidak terasa menganggu 

DIY  Masker Nanas
Sesekali coba deh luluran atau maskeran pake nanas untuk mendapatkan kulit dan wajah yang glowing dengan cara alami dan gak pake mahal.

Bahan
½ buah nanas  matang yang sudah diparut
½ sendok  teh garam dapur ( menghambat bromelain)
Intruksi
Campurkan garam dan nanas
Oleskan ke seluruh  permukaan kulit  dan  wajah yang sudah dibersihkan
Biarkan selama  5 menit
Bilas dengan air hangat

Note: Kandungan zat bromelin dalam nanas ini ini aktif banget.Terlalu lama terpapar air nanas, bisa bikin kulit iritasi. Karena itu cukup lima menit saja.*** donasaurus
Apakah punya pengalaman menarik soal makan nanas ? Cerita – cerita di komen dong

34 komentar:

  1. Saya belum pernah nyobain masker nanas deh, ntar praktekin DIY nya mbak biar pipi saya juga bisa glowing.
    Makasih mbak buat DIY-nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup silakan di coba masker nanasnya Evi

      Hapus
  2. Mba,, aku gak begitu favoritin nanas. tapiiii kalo nanas dijus sama timun, beeuugh 1 jar abis aku minum, enak banget loh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow bisa dicoba juga juice timun nanas ini

      Hapus
  3. Nanas ini banyak manfaatnya memang, selain vitamin dan mineral yang melimpah. Nanas itu bisa jadi bahan campuran untuk smoothie beberapa sayuran, sehingga langu pada sayuran bisa diredam.
    Nanas itu buah favoritku juga.

    BalasHapus
  4. Nanas ini sebenernya buah yang enak.. Gampang gitu di olahnya... Aku pun juga nanas loh kak..

    BalasHapus
  5. OOh jadi enzim itu yang bikin lidah rasanya gatal atau cekit-cekit. Jadi bukan berbahaya tapi justru enzim ya. Makasih ya informasinya Mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya enzim bromelain penyebab iritasi bisa ditangkal dengan garam dapur

      Hapus
  6. Mba Dona... Katanya bagian yang agak keras kalau kita makan nenas itu baik lohh buat kesehatan. Bener ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tongkol nanas itu yang mengabdung bromelain yang bisa mendeteksi sel tumor dan kanker

      Hapus
  7. Saya suka buah nanas, Mbak Dona. Zaman dulu, kalau Ibu saya menyajikan nanas, itu direndam pakai air garam dan gula dulu hehehe. Dan sekarang saya suka nanas madu. bentuknya kecil-kecil tapi manis. Dan bikin happy, nanasnya sudah dikupas. Sekantung isi 4 biji. tinggal masukin kulkas, lalu disantap pas siang-siang. segar... banget hehehe

    BalasHapus
  8. Wah jadi kalo nanas banyak manfaatnya yac, duh mitos yg selama ini bertengger di benak aku ttg nanas ga bagus untuk wanita jd jelas deh kalo itu bener2 "mitos"

    BalasHapus
  9. Aku kurang suka nanas. Kalo udah jadi nastar baru mau makan. Soalnya kalo makan nanas jarang dapat yang rasanya manis. Tapi ternyata banyak manfaatnya ya mbak buah nanas itu. Makasi infonya.

    BalasHapus
  10. Aku mah suka banget sm nanas. Mau makan langsung atau dibuat setup. Dibuat selai juga bisa. Suka pokoknya. Meski kurang bermanfaat pun pasti tetap aku makan hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang Kartika sudah tau manfaatnya jadi tambah cinta yesss

      Hapus
  11. Nanas itu bikin seger di makan siang2 huuumm nyamiii dan memang banyak manfaat nya juga, aku lagi suka konsumsi nanas madu nih walau hamil kmrn sempet konsul ke dokter nya juga sejauh ini aman asal jangan berlebihan

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul Sefa satu gelas juice atau satu potong buah nanas sehari sudah cukup

      Hapus
  12. Nanas biasa ku makan saat ngerujak kak rasanya yang asem seger itu bikin mata melek, dan baru tau nanas juga bisa jadi pereda sakit setelah kemo ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya emang luar biasa sekali nanas ini Kakak Kurnia

      Hapus
  13. Saya memang sangat suka nanas. Gak pernah terpikir selama ini nanas, begitu banyak manfaatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga sekarang Kak Andi jadi tambah suka nanas

      Hapus
  14. Nanas biasa dimakan segar di rumah..atau dinikin selai buat nastar saat jelang Lebaran. Kalau untuk masker belum pernah..ternyata bagus ya. Baiklah, nanti kalau beli nanas lagi buat masker juga ..

    BalasHapus
  15. Sejuk nggak kak kalau dibikin masker gitu? Aku belum pernah coba. Boasanya buat terapi kolesterol saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. agak lengket lengket gitu sih tapi pas uda di cuci kulit rasa kenyal

      Hapus
  16. Mungkin krn kaya akan vitamin jadinya bisa jd semacam antioksidan buat tubuh shg tubuh jd fit dan lbh sehat menerima obat saat kemoterapi, gtu kali yaaa.
    Aku suka banget jus nanas, sama suka nanas kalau dirujak mbak hehe

    BalasHapus
  17. Nanas memang dari dulu aku favorit banget. Dan ternyata banyak manfaatnya juga ya

    BalasHapus
  18. aku jarang banget minum juz nanas, tapi kalau mengkonsumsinya luamayan sering karena memang enak menurutku. Biasanya lebih enak lagi kalau sudah bergabung dengan buah lain dalam bentu rujak

    BalasHapus
  19. Nanas tuh enak seger di makannya. Tapi klo sama ibu aku di larang karena takut masalah kewanitaan gt. Jd klo aku mau makan, ga makan nanas di rumah, heheeh.
    Oya aku batu tau klo nanas bisa di goreng lho, kemarin beli di grabfood.

    BalasHapus
  20. Kata temen, nans juga ternyata bisa nurunin berat badan. pas baca artikel ini jadi pengen nyoba juga, ternyata nanas banyak sekali manfaatnya.

    BalasHapus
  21. baru tau kalo kegunaannya bgs untuk penderita kanker .. selama ini aku suka nenas, tp memang ga mau terlalu sering makan ini. suka gatel di lidah :D. trus keseringan dpt nenas yg rasanya asam..makanya kalo beli nenas, aku pasti pilih nenas madu yg rasanya manis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk mencegah iritasi sebelum dimakan nanas diolesin garam dikit Mbak Fanny

      Hapus