Mencegah dan Mengobati Luka bakar

mebo mederma womans community
--------------------------
Weleh setelah dihitung - hitung ternyata aku punya riwayat luka bakar, yang lumayan panjang. Pernah kesiram air mendidih, dua kali kena kenalpot,satu kali kena catokan rambut dan berkali-kali keciprat minyak panas.

Biasanya  kalo terluka bakar buru – buru aku olesin  pasta gigi atau kecap. Pernah juga waktu kena knalpot, aku olesin kaki pake lumpur dari genangan air dipingir jalan.
Tindakan gegabah yang bikin lukanya bertambah bengkak, dan bekasnya enggak ilang – ilang sampe sekarang.

Hampir disetiap kotak P3K  tersedia obat merah dan obat sakit kepala.Tapi jarang  banget, yang siap obat luka bakar.
Itu juga kali ya, yang bikin kita ngobatin luka bakar dengan barang – barang yang tidak diperutukan sebagai obat.

mebo mederma
Eh sebelum ngobrolin tentang pengobatan luka bakar, udah pada tahu belum  sih difinisi luka bakar itu apa?
Dievent  talk show  Mebo – Mederma Womans Community  di Santika Hotel – Palembang ( 30/11)  aku ketemu dr.Setiagung Ambari Bowo SpBP.

Dokter Agung  menerangkan difinisi luka bakar, adalah luka atau kerusakan pada kulit yang  disebabkan oleh suhu ektrim panas atau ekstrim dingin. Beliau juga ngejelasin beberapa kondisi, yang menyebabkan luka bakar.

Penyebab Luka Bakar 
Suhu Panas
Disebabkan  suhu panas  dari api,uap,cairan atau gesekan dengan benda panas
Suhu Dingin
Luka bakar yang disebabkan paparan  suhu ektrim dingin  dari angin,air,dan udara.


Mencegah dan Mengobati Luka bakar
dok - dr.Setiagung Ambari Bowo SpBP.
Listrik
Bisa terjadi karena sengatan/kesetrum listrik atau tersambar petir
Zat Kimia
Luka bakar yang diakibatkan cairan kimia misalnya cuka para dan soda api
Sinar Matahari
Meskipun sinar matahari penting untuk kesehatan,tetapi terpapar panas matahari dalam waktu lama berdampak buruk.
Radiasi Sinar X
Luka bakar tipe ini kerap terjadi pada pasien kanker,yang menjalani terapi sinar x.
Mencegah dan Mengobati Luka bakar
Nara sumber  dr.Agung dan kak Hermawan dari Mebo-Mederma

  Meminimalkan resiko luka bakar di rumah  
Keterbatasan fisik dan belum mengerti bahaya,menjadikan anak- anak rentan terluka bakar
Semua penghuni rumah hendaknya peduli, pada benda-benda yang berpontensi menimbulkan panas dan api.
luka bakar pada anak
dok - dr.Setiagung Ambari Bowo SpBP.

Waspadai Sumber Panas Di Rumah


  • Letakan strika,korek api,tabung gas, obat nyamuk bakar  lilin dan lampu teplok jauh dari jangkauan anak – anak
  • Mengetes suhu air mandi, makanan dan air minum yang akan diberikan pada anak
  • Mencegah anak bermain disekitar kompor dan oven
  • Mencegah anak menghidupkan kompor dan microwave sendiri
Begitu anak mulai memahami perintah, segera beri mereka penjelasan tentang bahaya di dapur.
  Aman Dan Nyaman Di Dapur 


Luka bakar

Wajah sering kecipratan minyak saat mengoreng?
Mungkin posisi wajan terlalu tinggi, sehingga tidak berada dalam radius yang aman dari cipratan.
Chef Budi Irawan (Santika Hotel Palembang ) berbagi tips tata laksana dapur, sehingga kita merasa nyaman dan tetap aman beraktivitas.
  • Kebersihan
Untuk menghindari sambaran api, bersihkan kompor ,microwave dan  oven dari tetesan minyak dan remah makanan segera setelah selesai masak.
  • Kompor
Idealnya tinggi  wajan atau panci, saat memasak sejajar dengan  perut. Posisi itu relatif aman untuk menjauh, dari cipratan atau tumpahan saat memasak.
  • Jauhkan  kompor dan microwave, dari benda yang mudah terbakar.
  • Tempatkan kompor dan Microwave diruangan, dengan sirkulasi udara yang baik
  • Gunakan serbet atau sarung tangan dapur untuk mengangkat dan membuka.
  • Fokus
Penting banget untuk fokus, saat  menghadapi kompor yang menyala.  Fokus ya mak karena sedang berada, disekitar benda – benda yang berpotensi bahaya.
Hindari memasak sambil melakukan aktivitas lain yang bisa mengurangi kewaspadaan kita. Misalnya masak sambil pegang HP atau sambil mengendong anak.


 Luka bakar
Chef Budi Irawan berbagi tips tata laksana dapur
  Alat pemadam api sederhana  
  • Siapkan handuk atau  karung goni basah, letakan  pada posisi yang mudah dijangkau.
Carilah informasi bagaimana cara sederhana, memadamkan api di rumah. Supaya gak panik dan  bisa bertindak cepat jikalau terjadi situasi darurat.

  Pertolongan Pertama  Pada Luka Bakar  

  • Segera menjauh dari sumber panas
  • Lepaskan pakaian dan aksesoris yang menutupi  luka
  • Segera dinginkan  kulit  yang terbakar, dengan menyiramkan air mengalir selama sekitar 15 menit.
Pendinginan ini dilakukan,untuk  mencegah kerusakan jaringan pada bagian kulit  lebih dalam.
Bila tak tersedia sumber air mengalir, dapat mengopres luka dengan kain basah. Basahi kain secara berkala, untuk menjaga suhu tetap dingin.
Warning
Hindari  menyiram  atau mengompres luka bakar dengan  air es. Suhu es dapat mencapai -4°C  dan bisa  membuat pembuluh darah mengerut (vasokonstriksi).
Jika hal ini sampai terjadi, aliran darah menjadi tak lancar terutama ke daerah yang terluka, sehingga dapat menyebabkan kematian jaringan.
  • Hindari memecahkan gelembung, pada kulit yang melepuh. Untuk mencegah masuknya kuman melalui luka (infeksi).
  • Tidak menutup luka dengan benda yang mudah lengket, seperti kapas  dan tissu.
  Tingkatan Luka Bakar  
lapisan kulit manusia
ilus-vectorstock.com
Sebagai informasi tingkatan luka bakar diukur dari sejauh mana,kerusakan pada jaringan kulit terjadi.
Dokter Agung kemarin bilang pegobatan luka bakar ringan, bisa kita lakukan sendiri di rumah.

Tetapi ada baiknya untuk mengenali, tingkatan luka bakar. Sehingga  kita tahu kapan, harus segera dibawa ke dokter.
  • Luka Bakar Tingkat satu
Luka bakar ringan yang  terjadi, pada lapisan kulit luar – epidermis. Bisa terjadi karena percikan atau kontak dengan benda bersuhu tinggi.
  • Kulit terlihat kemerahan, terasa perih dan kering,kadang membengkak
  • Biasanya akan sembuh sendiri, dalam  1-2 minggu.
  • Oleskan obat luka bakar, untuk mengurangi rasa perih,
Luka bakar
ilus.clipartlook
Luka Bakar Tingkat dua
Kerusakan yang terjadi  sudah mencapai lapisan dermis kulit.
  • Terasa perih,kulit merah, bengkak dan melepuh.
  • Untuk pertolongan pertama,bisa oleskan obat luka bakar.
  • Segera kunjungi dokter untuk bantuan lebih lanjut
Luka Bakar Tingkat Tiga
Kerusakan sudah mencapai jaringan otot dan tulang
  • Kulit melepuh, terlihat menghitam,hangus dan mati rasa.
  • Pengobatan luka bakar tingkat tiga, harus dengan bantuan dokter.

Selain  luka bakar tingkat 2 dan 3, kondisi  luka bakar berikut ini  harus  segera mendapat bantuan dokter .


luka bakar
  • Luka bakar di wajah
  • Kedua Tangan
  • Kedua Kaki 
  • Sekitar kelamin
  • Luka bakar yang disebabkan zat kimia
  • Luka  terjadi pada 10% bagian tubuh atau Lebarnya lebih dari 5 cm

  Pengobatan Luka Bakar 

mebo obat luka bakar
ilus.mebo combiphar
Seperti yang kita obrolin di atas pengobatan luka bakar ala rumahan, ternyata malah berdampak buruk bagi kulit yang terluka bakar.
Pasta gigi
Zat warna dan pemutih yang terkandung dalam pasta gigi,dapat memperparah luka dan memicu infeksi.
Mentega
Mentega membuat rasa terbakar semakin parah ,karena mentega menahan panas.
Kecap
Kecap mengandung pengawet,bumbu dan penyedap rasa, yang mungkin akan membuat luka bertambah perih. Kecap akan lengket dikulit, sehingga luka sulit dibersihkan.


Moist Exposure Burn OintmentM E B O

Di event yang bertema Regret Comes Laters  bersama Mebo dan Mederma Womans Community kemarin, kita dapet informasi dari kak Hermawan – Brand Activation Mebo – Mederma.
Beliau  menyarankan untuk menghindari  kerusakan jaringan kulit dan infeksi, pengobatan luka bakar harus dengan cara yang benar.
Mencegah dan Mengobati Luka bakar
MEBO adalah salep luka  yang direkomendasikan, untuk  mengobati luka bakar, luka jatuh dan luka lecet.
Salep luka beraroma wijen produksi  Combiphar ini ,mengandung 
  • Coptidis rhzizoma
  • Phellodendri cortex
  • Scutellariae radix
  • Minyak wijen 
  • Beeswax
Formulasi bahan alami MEBO  telah terbukti secara ilmiah dapat
  • Meringankan rasa sakit,
  • Menyembuhkan luka
  • Memperbaiki  jaringan kulit yang rusak
  • Mencegah infeksi bakteri
Mencegah dan Mengobati Luka bakar
  Mebo tidak mengandung antibiotik kimia  
Penting banget untuk dimengerti antibiotik belum diperlukan, dalam pengobatan luka bakar ringan. 
Mencegah dan Mengobati Luka bakar
ilus.farmalkes.kemkes.go.id
Resistensi antibiotika mengakibatkan biaya kesehatan menjadi lebih tinggi karena penyakit lebih sulit diobati. Waktu perawatan yang lebih lama dan membawa risiko kematian yang lebih besar. farmalkes.kemkes.go.id
Kementrian kesehatan republik Indonesia saat ini  sedang mengalakan  kampanye  peduli antibiotik. Gerakan ini bertujuan untuk mencegah,penggunaan antibiotik tanpa ukuran dan pengawasan.
Pemakaian antibiotik yang tidak tepat sasaran, menyebabkan  resistensi  bakteri terhadap antibiotik.

  Menyamarkan Bekas Luka Bakar  
Selain rasa sakit ketakutan terbesar  korban luka bakar, adalah  bekas luka yang sulit hilang. Bekas luka bakar terkadang menimbulkan parut, yang benar – benar mengangu penampilan. 

luka bakar
ilus mederma.combiphar
Selain perawatan ada beberapa faktor, yang mempengaruhi penampilan bekas luka pada kulit.
  • Usia
Semakin tua usia seseorang, proses penyembuhan kulit berlangsung semakin lambat, sehingga meningkatkan risiko terbentuknya bekas luka.
  • Jenis kulit
Pada umumnya pembentukan bekas luka lebih mudah terjadi, pada orang berkulit gelap ataupun sangat cerah.
  • Hormon
Pembentukan bekas luka lebih mudah terjadi pada wanita hamil atau remaja karena adanya perubahan pada keseimbangan hormon dalam tubuhnya.
  • Lokasi bekas luka
Bekas luka lebih mudah terbentuk pada area tubuh yang kencang, misalnya pada sendi atau bahu.
  • Komplikasi dalam proses penyembuhan luka
Infeksi dan peradangan kronis (misalnya jerawat) juga meningkatkan risiko terbentuknya bekas luka.
luka bakar
ilus.mederma.combiphar.com
Sekarang  gak usah BT mikirin,gimana ngilangin bekas luka bakar.  Mederma gel proaktif yang akan membantu menyamarkan bekas luka dalam 8 minggu.
Gunakan Mederma segera setelah luka mengering ( menutup) atau jahitan dilepas.
Formula gel proaktifnya membantu:
  • Proses penyembuhan kulit
  • Mengurangi warna kemerahan
  • Menyamarkan bekas luka hingga tampak lebih halus dan rata
mederma gel

  Mederma memiliki 3 kandungan aktif  
Gel proaktif Mederma diformulasikan dari tumbuhan yang sudah terbukti manjur untuk memperbaiki dan membatu regenerasi kulit.
Cepalin
Membantu  menyamarkan struktur bekas luka.
Allantoin
Mempercepat proses penyembuhan, mengurangi rasa gatal, dan menghaluskan kulit.
Aloe vera
Melembapkan, menenangkan, dan sumber nutrisi bagi  kulit


mebo mederma womans community
Asik banget aku bisa  ikutan event Playdate Palembang dan Mebo-Mederma Woman Community di Santika Hotel Palembang  30 November lalu. Temanya tentang pencegahan dan pengobatan luka bakar.Narasumber menjelaskan dengan bahasa, yang mudah dimengerti. Ilmunya  bisa langsung diaplikasikan,dalam kegiatan kita sehari – hari di rumah.
---------------------------------------------
Sebagai emak yang tiap hari ada di dapur, kita wajib mengetahui bagaimana menjaga keamanan di dapur dan melakukan pertolongan pertama pada luka bakar.Tetap waspada dan jangan lupa sediakan selalu Mebo dan Mederma di rumah ! ***donasaurus

Komentar

  1. kalau saya luka bakar biasanya karena setrika dan minyak panas pas goreng lauk, selalu saja kecipratan dan biasanya langsung ngabisin odol hahahaha.
    Emang harus nyetok Mebo Mederma nih di rumah, biar odol nggak makin habis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup bener banget, karena luka bakar kena odol selain ada efek sampingnya bisa bikin tambah pedih juga yak

      Hapus
  2. Balasan
    1. yup.siap selalu Mebo dan mederma di rumah yak

      Hapus
  3. Note mederma ya mbak. Kadang kalau lagi masak, anak-anak deket sering was-was karena takut kena air or minyak panas. soalnya pernah kejadian waktu anakkku balita tangannya melepus karena nyenggol panci panas. Mewek lah aku, akhirnya bawa ke dokter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haduh emang harus selalu diingetin kalo lagi masak dan anak - anak pada ikutan ke dapur

      Hapus
  4. Harus siapin nih buu produk ini.. buat antispasi harus ada di P3K

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup bener banget okta, waspada luka bakar bisa terjadi kapan saja

      Hapus
  5. Eh, baru tahu lho kalau pasta gigi, mentega, atau kecap malah nggak bagus buat luka bakar. Makanya neh, mulai sekarang harus sedia obat luka bakar ya Kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup bener banget mas Ali sedia selalu obat luka bakar di rumah

      Hapus
  6. berarti mederma ini untuk mengatasi luka bakar tingkat 1, juga tingkat 2 tapi dgn perawatan lebih lanjut. kalau tingkat 3 ya harus secepatnya ke puskesmas/UGD. begitu ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup bener banget, Mebo untuk pertolongan pertama.Gunanya mencegah kerusakan kulit lebih lanjut.

      Hapus
  7. Saya yang steril dari mitos malah bingung jika luka bakar diobati pakai odol, kecap, dan mentega. Pemikiran saya paling harus ke dikter atau pakai salep jika masih kategori ringan.
    Gak paham siapa yang menciptakan mitos dusta itu. Kecap dan mentega bagi luka bakar apakah hendak menjadikan luka sebagai barbeque? Ha ha.
    Apa kaitannya odol dengan luka bakar karena sifat odol pedas, bisa bikin perih kulit yang terluka seperti itu.
    Syukurlah ada Mebo dan Mederma. Semoga masyarakat tidak termakan mitos lagi. Saya juga menyarankan Mebo dan Mederma pada teman dan saudara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hampir disetiap kotak P3K tersedia obat merah dan obat sakit kepala.Tapi jarang banget, yang siap obat luka bakar.
      Itu juga kali ya, yang bikin kita ngobatin luka bakar dengan barang – barang yang tidak diperutukan sebagai obat.

      Hapus
  8. Dulu tetangga saya anaknya kena setrika sampai gepeng tangannya😟 katanya kalau pertolongan pertama bisa pakai tepung bener gk sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun ampe ngilu - ngilu baca ceritanya. Ditaburi tepun untuk menurunkan suhu panas. Mungkin suhunya turun tapi luka bakarnya jadi kotor. kalau mau diobati dokter harus dibersihkan dulu. nah ini yang bikin runyem sakitnya minta ampun dan kulit jadi tambah rusak.

      Hapus
  9. Berarti step nya begini ya kak dona:

    1. Oles mebo pas anakku kena knalpot.
    2, untuk menghilangkan bekas nya aku Oles mederma ya..

    padahal pake matic, entah kenapa si anak sering kena knalpot. Heran aku tu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup oleskan mebo segera setelah luka mendingin dan olesi mederma segera setelah luka menutup.
      anak - anak memang lebih suka naik dan turun dari sisi motor yang ada knalpotnya. Mungkin karena bagian itu lebih luas bidang pijakanya kali ya.

      Hapus
  10. Perlu banget ya punya inih... Apalagi buat jaga2 dirumah di kotak p3k.. Aku pengen cobain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap, sediakan mebo dan mederma di kotak P3K

      Hapus
  11. Semoga makin banyak orang yang tahu tentang obat ini ya soale masih banyak yang pakai odol untuk luka bakar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget. Luka bakar sering dianggap remeh sampai akhirnya udah gak tertolong lagi

      Hapus
  12. Saya waktu kecil berulang-ulang kali kena knalpot motor, Mbak Dona. terus di tempat yang sama. Lalu sekarang, kena lagi kenalpot di temoat yang sama juga kalau pas parkir motor, lalu tidak sengaja di sebelahnya ad amotor yang knalpotnya masih panas hahaha. Makanya di kedua betis saya ini masih kentara.

    Terus kalau sekarang pastinya sering kecipratan minyak pas lagi rajin masak. Biasanya saya kasih air garam biar tidak melepuh, lalu odol. Ternyata odol malah tidak bagus ya, Mbak. Jadi lebih baik sedia obat khusus luka bakar saja.

    Tapi ternyata, suhu yang sangat dingin pun, bisa menyebabkan luka bakar ya, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haduh kita senasib soal kena knalpot.kalo gak kenal knalpot sendiri , kena knalpot orang pas di parkiran. Mas bambang mesti selalu bawa mebo di dalam tas untuk berjaga - jaga kalo kena knalpot lagi.

      Yup aku juga baru tahu loh ternyata menurut medis, luka bakar itu tidak hanya terjadi karena paparan panas tapi bisa juga suhu dingin dan zat kimia.

      Hapus
  13. Jadi inget kemarin gak sengaja masukin tangan ke air mendidih. Akhirnya bagian jempol sama jari manis melepuh, hiks. Butuh banget sedia Mebo di rumah emanh. Emak-emak tu rawan sama kecelakan dapur dan setrika panas, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga suka begitu wkkk. Emang kalo masak itu kita harus fokus ya, meleng dikit atau lagi mikirin apa gitu bisa bahaya banget.

      Hapus
  14. Yeayy dpt rekom nih dr Yuk Dona,, Mebo Mederma wajib disediakan di rumah nih, scr buibu suka kecipratan minyak goreng, hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup bener banget.sekalianbuat jaga - jaga kalo anak kena air panas di rumah

      Hapus
  15. Kalau dirumah pertolongan pertama luka bakar itu air rendaman kapur atau air enjet. Ternyata lebih praktis ya kalau pakai Mebo. Buruan ah nyetok di rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini info baru. Obat luka bakar tradisional rata - rata dimaksudkan untuk memberi efek dingin tapi pada kasusu tertentu malah bikin luka tambah parah

      Hapus
  16. Saya baru tau Mederma bagus buat luka bakar, mesti selalu sedia di rumah ya mbak. Apalagi kadang kita gak tau apa yg bakal terjadi saat masak. Tapi ya smg kita sehat2 selalu dan terhindar dari hal yg tdk diinginkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mebo yang untuk luka bakar , mederma untuk menghilangkan / menyamarkan bekas lukanya .Jangan kebalik makenya ya

      Hapus
  17. Saya juga bingung dari mana mitosnya itu luka bakar kok dioles kecap, odol, bahkan tepung dll hehe. Masyarakat masih perlu diedukasi cara menangani dan mengobati luka bakar yang bener yaa. Penting jg menyediakan obat kek Mebo di kotak P3k deket rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hampir disetiap kotak P3K tersedia obat merah dan obat sakit kepala.Tapi jarang banget, yang siap obat luka bakar.
      Itu juga kali ya, yang bikin kita ngobatin luka bakar dengan barang – barang yang tidak diperutukan sebagai obat.

      Hapus
  18. Mbaak... aku baca dengan perasaan ngilu saat sampai di luka bakar. Hiks... jadi takut sendiri. Semoga kita semua dijauhkan dari bahaya luka bakar ini, ya. Yang mana pun, jangan, deh. Tuh, kan, bergidik lagi. Hiks.

    Eh iya, bagus kalau ada solusi untuk mengatasi luka bakar dari dalam maupun dari luar gini. Jadi lebih lega, deh, ya.
    tapi tetap...prevention itu nomero uno!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup bener banget, potensi luka bakar ternyata paling tinggi ada di rumah. Makanya dari pada panik lebih baik kita waspada dengan menyediakan obat luka bakar

      Hapus
  19. Harus sedia ini nih berarti di kotak P3K di rumah ya mbak. Yaa antisipasi aja, kita gak pernah tahu bakal ada kejadian apa. Walaupun harapannya sih selalu dijauhkan dari segala hal yang membahayakan diri kita dan keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup setuju banget, mencegah lebih baik dari mengobati.

      Hapus
  20. Mebo ini wajib punya sih menurutku. Soalnya selain kita2 kalo masak bisa ada luka bakar, bisa juga dipake buat p3k anak2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul sekali, karena kalo udah luka bakar kita biasanya panik asal samber obat apa aja

      Hapus
  21. Ternyata obat luka bakar itu udah ada mebo, harus sedia dirumah nih, penting banget karena ibu rumah tangga kayak aku ini sering banget terkena cipratan minyak panas atau pun lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju dari pada kesel karena scarnya gak ilang - ilang mending selalu siap mebo dan mederma

      Hapus
  22. Memang ya, bahaya luka bakar ini..maka mesti ekstra hati-hati. Apalagi potensi terjadi di rumah tinggi sekali. Duh! Wajib nih punya Mebo di kota obat..untuk pertolongan pertama jika terjadi luka bakar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener sekali mbak dian , kita sedia payung sebelum hujan siap selalu mebo dan mederma di kotak obat

      Hapus
  23. Ke acara Mebo Mederma Women's Community jadi tau banyak hal mengenai penanganan luka bakar. Mantul deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup bener banget mbak Nina materinya berguna banget buat ibu - ibu

      Hapus
  24. Wah makasih mba infonya nih aku jadi tau nih mba. Jadi mau beli nih aku

    BalasHapus
  25. Aku jg ikutan event ini yg di Jakarta, detail bgt ya menjelaskan ttg luka bakar, akupun jd beli produknya mumpung promo jg, heheh wanginya minyak wijen pula

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir.