-->

Minggu, 23 Februari 2020

Resep manisan Cermai Irit Gula

buah cermai

 Buah Cermai emang kurang populer sebagai buah meja. Rasanya yang asam  bikin gigi ngilu,kalau harus memakanya tanpa dicocolin gula atau garam. Buah yang masih satu keluarga sama belimbing ini, paling  populer dioleh sebagai manisan.

Banyak resep manisan cermai  rata – rata  boros gula, dan ribet bener pengerjaanya.  Gulanya bisa  2-3 kali  jumlah cermai, terus mesti  direndam kapur atau di tekan – tekan di atas parutan kelapa.

manisan-buah-cermai

Nah kebetulan aku dapet resep manisan cermai dari  Vera  temenku,  yang  tinggal nun jauh di negeri Siak Indrapura ( Kep.Riau ).  Resep dari mak Vera ini  yang gak ribet dan gak boros gula,dijamin hepi deh.

Ini aku bikinin resepnya untuk 1kg  cermai, jikau mau buat  ½  resep  tinggal dikondisikan sendiri yak.

  Manisan Cermai  

manisan cermai

Bahan
  • 1Kg  Buah Cermai
  • 1 Kg Gula Pasir
  • Pewarna Makanan ( opsional)
Membekukan dan Memeras Buah Cermai


manisan cermai
  • Masukan buah cermai yang sudah dicuci bersih, ke dalam kantong plastik. Simpan di freezer  selama 3 hari.
buah cermai

  • Keluarkan buah cermai dari dalam kantong plastik, tempatkan dalam wadah yang  berlubang. Proses pencairan buah cermai antara 5-6 jam, sampai  buah cermai lunak  dan bisa diperas .
  • Peras  buah cermai  segengam – demi segengam. Pemerasan ini untuk membuang  air buah cermai  yang asam itu.
Memasak 
resep manisan buah cermai
  • Setelah semua selesai diperas  masukan ke dalam wajan, tambahkan gula dan pewarna bila suka.
  • Masak dengan api sedang, sambil terus diaduk (sekitar  20 - 25 menit  ).
  • Matikan api setelah  semua  gula mencair, dan buah cermai terlihat  meyusut  
Tips
Penimbangan buah cermai dilakukan  setelah  proses pemerasan.Karena  berat buah cermai  segar dan yang sudah diperas itu beda jauh. Kita pakai ukuran buah cermai yang sudah diperas.Pakai wajan yang agak besar biar mudah mengaduk – aduknya. 


manisan buah cermai

Bila ada sisa air gula  bisa  di wajan, bisa dipanaskan  lagi sampai jadi karamel. Kemudian di tuangkan dalam wadah ice cube, jadilah permen asam manis.
Gimana  praktiskan  tapi kalau ada yang  masih bingung,  boleh ditanyain kok di komen***donasaurus.com

Tags :

bm
Created by: donasaurus

Feel free for asking a qustions or add informations that I have been mis

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir.Comment Will Moderation before publish

Connect