Resep manisan Cermai Irit Gula

buah cermai

 Buah Cermai emang kurang populer sebagai buah meja. Rasanya yang asam  bikin gigi ngilu,kalau harus memakanya tanpa dicocolin gula atau garam. Buah yang masih satu keluarga sama belimbing ini, paling  populer dioleh sebagai manisan.

Banyak resep manisan cermai  rata – rata  boros gula, dan ribet bener pengerjaanya.  Gulanya bisa  2-3 kali  jumlah cermai, terus mesti  direndam kapur atau di tekan – tekan di atas parutan kelapa.

manisan-buah-cermai

Nah kebetulan aku dapet resep manisan cermai dari  Vera  temenku,  yang  tinggal nun jauh di negeri Siak Indrapura ( Kep.Riau ).  Resep dari mak Vera ini  yang gak ribet dan gak boros gula,dijamin hepi deh.

Ini aku bikinin resepnya untuk 1kg  cermai, jikau mau buat  ½  resep  tinggal dikondisikan sendiri yak.

  Manisan Cermai  

manisan cermai

Bahan
  • 1Kg  Buah Cermai
  • 1 Kg Gula Pasir
  • Pewarna Makanan ( opsional)
Membekukan dan Memeras Buah Cermai


manisan cermai
  • Masukan buah cermai yang sudah dicuci bersih, ke dalam kantong plastik. Simpan di freezer  selama 3 hari.
buah cermai

  • Keluarkan buah cermai dari dalam kantong plastik, tempatkan dalam wadah yang  berlubang. Proses pencairan buah cermai antara 5-6 jam, sampai  buah cermai lunak  dan bisa diperas .
  • Peras  buah cermai  segengam – demi segengam. Pemerasan ini untuk membuang  air buah cermai  yang asam itu.
Memasak 
resep manisan buah cermai
  • Setelah semua selesai diperas  masukan ke dalam wajan, tambahkan gula dan pewarna bila suka.
  • Masak dengan api sedang, sambil terus diaduk (sekitar  20 - 25 menit  ).
  • Matikan api setelah  semua  gula mencair, dan buah cermai terlihat  meyusut  
Tips
Penimbangan buah cermai dilakukan  setelah  proses pemerasan.Karena  berat buah cermai  segar dan yang sudah diperas itu beda jauh. Kita pakai ukuran buah cermai yang sudah diperas.Pakai wajan yang agak besar biar mudah mengaduk – aduknya. 

manisan buah cermai

Bila ada sisa air gula  bisa  di wajan, bisa dipanaskan  lagi sampai jadi karamel. Kemudian di tuangkan dalam wadah ice cube, jadilah permen asam manis.
Gimana  praktiskan  tapi kalau ada yang  masih bingung,  boleh ditanyain kok di komen***donasaurus.com

Komentar

  1. Jadi pengen coba kak, kebetulan buah ceremai di depan rumah lagi berbuah dan hampir nggak ada yang ngelirik

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo udah jadi manisan semua kan jatuh suka

      Hapus
  2. Aku padahal suka lho cermai ini. Tapi agak jarang ya buahnya. Yg merah itu ga terlalu asem juga rasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya berbuah di musim kemarau aja kayaknya

      Hapus
  3. Wihh.... tips jitu nih buat menikmati cermin yang asem banget itu. Jadi ini manisan cermin yang lunak ya Yuk? Bukan cermin yang ada sensasi kres2 gitu?oke akan dicoba kalo ketemu dengan buag cerminnya. Makasih inpohnya.

    BalasHapus
  4. Aku jadi teringat masa kecil, mengingat sering nian beli manisan buah cermai di mamang gerobak buah. Baco tulisan kakak ni, mulutku teraso asem-asem manis, teingat sensasinyo. Tapi males aku bikinnyo, Kak, kirimi baelah setoples.

    BalasHapus
  5. Ceremai ya Bu, selama ini rumi nyebutnya cermin wkwk. Dulu tetangga punya pohonnya dan suka banget manjatinnya hehe. Terus dimakan pake garem, ini aja nulisnya sambil liur ngebayangin asemnya. Kalo jadi manisan makannya lebih enak.

    BalasHapus
  6. Boleh nih langsung dipraktekkin di rumah. Eh tapi buah cermai mentah jarang yang jual euy :D

    BalasHapus
  7. Dulu di depan rumah kami punya pohon cermai (nyebutnya cermin dulu) yang banyak banget buahnya. Suka dibikin rujak sama orangtua. Nah, kalau dibikin manisan kayak gini belom. Liurku ngecap-ngecap pas liat fotonya yuk hahaha.

    BalasHapus
  8. Saya membaca artikel ini sambil melangkah air liur kecut. Membayangkan gimana kecutnya buah Cermai. Hehehe

    BalasHapus
  9. Makanan masa kecilku ini kak Dona. Ibu rajin bikin Cermai tapi kami malas untuk mengerat (membuat guratan di daging supaya gula masuk ke buah.
    Dengan resep kak Dona ini, gak bakal deh aku malesss karena caranya lebih mudah dibanding cara lama ..

    BalasHapus
  10. Jadi pengen aku Bun hihihi
    Bayangin asam dan udah jadi manis
    Hmmm, yg suka seger seger pasti suka manisan Cermai ini

    BalasHapus
  11. Manisan yang paling aku suka...palagi warna merah yg menggoda.. waktu proses sama dimakan aku, kayaknya lebih cepetan aku yg makan🤭

    BalasHapus
  12. Kalau nggak singgah di sini, barangkali aku lupa kalau ada buah cermai di dunia ini. Rasanya sudah lebih dari 10 tahun aku nggak makan ini. Boro-boro makan, menemukan buah ini lagi pun nggak. Hmmm, jangan-jangan di Bogor memang nggak ada buah cermai, nih. Coba ah besok mau tanya sama teman-teman. Kalau ketemu, aku mau ikutan praktek bikin manisan cermai seperti Kak Dona.

    BalasHapus
  13. sambil baca ini sambil merem-merem dan gigi ngilu..hahaa
    aku suka beli manisan cermai tapi belum pernah kalo buat sendiri, setelah baca ini aku jadi pengen cobain buat sendiri, makasih mbak Dona udah mau bagi resepnya....

    BalasHapus
  14. Cermai itu rasanya asam. Hmmmm kalau lomba-lombaan emut cetmai huuu gak kuat lama. Dulu 4 tahun di Bogor sering cicipin cermai. Asinan cermai rasanya seru mbak. Terima kasih share resep manisan cermainya mbak.

    BalasHapus
  15. aku suka manisan cermai, baru tahu kalau diperas dulu setelah beku..makasih resepnya Mbak Dona. Di kampung masih ada nih pohonnya, bisa bikin pas pulang nanti

    BalasHapus
  16. Mantap resepnya Mbak. Jadi pengen bikin manisan cermai. Setelah dibekukan dan ditiriskan itu, apa cermainya jadi lembut sehingga bisa diperas? Buahnyakan keras gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. awalnya aku pikir juga gitu,ternyata perubahan suhu dsri beku ke normal membuat cermai seperti layu dan lunak

      Hapus
  17. Aaaaaaak, jadi kangen makan buah cermai. Idenya brilian mba, bikin manisan cermei. Bisa jadi selai roti juga ini ya kalo diolah lebih lanjut.

    BalasHapus
  18. Wahh molly rasonyo belom pernah makan buah cermai.. penasaran samo rasonyo.. biaso makan manisan paling manisan kedondong .. hehe

    BalasHapus
  19. wah molly belom pernah makan buah cermai.. penasaran samo rasonyo. paling makan manisan kedondong.. btw ado yg instannyo dak ye? biar langsung lep

    BalasHapus
  20. Buat yang suka manisan, ceremai adalah salah satu yang paling dicari. Kalo mertua saya sering emut-emut gitu aja. Asem nya bikin seger katanya. Kalo mo lebaran, baru dibikin jadi manisan. Makasi resepnya ya mbak.

    BalasHapus
  21. Waah jadi inget masa kecil sering makan ini karena ada pohonnya di rumah nenek. Sekarang sudah jarang mba. Baca resep ini jadi pengen buat juga

    BalasHapus
  22. Saya belum pernah lihat cermai dijual di kota saya, Mbak Dona. Unik ya. Jadi penasaran kayak apa rasanya setelah dibikin manisan.

    BalasHapus
  23. Saya belum pernah makan buah cermai, Mbak Dona. Termasuk manisannya juga. Saya ingatnya malah gunung cermai.
    Padahal saya termasuk orang yang suka buah apa saja. Segala manisan saya suka. Dari manisan mangga, kedondong, sampai manisan pala kering saya doyan hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cari cari aja pasti di kotanya mas bambang ada yg nanam

      Hapus
  24. Bisa juga y kak Cermai ini bisa buat manisan,wah pasti enak sekali kapan2 aku cobain deh resep dari kaka

    BalasHapus
  25. Ah iya praktis.
    Saya inget suka jajan manisan ceremai ini di sd saya dulu.
    Tapi skrg saya gak pernah lagi lihat buah ceremai di Medan

    BalasHapus
  26. Ehh kl buah cermainya diperes gitu buat ngilangin rasa asemnya, itu daging buahnya ga ikut kebuang ya Yuk? #serius nanya. Soalnya dulu almh ibuku rajin buat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di zoom gambarnya ,kayaknya daging buahnya gak rusak rusak amat

      Hapus
  27. Favorit ku banget ini manisan ceremai ini jaman waktu kecil dan sekarang agak susah pohon dan buah ceremai untuk ditemui dijakarta apalagi manisannya

    BalasHapus
  28. Asik ada resep baru nih. Aku belum pernah makan manisan cermai ini nih. Pengen deh nyobain juga

    BalasHapus
  29. Buah Ceremei selama ini sering dibuat rujak segar, dibebek sebentar (dipecahkan), kasih sedikit garam, cabe dan gula pasir, ini sudah enak banget buat saya. Kapan-kapan mau ah coba-coba buat manisan Cermai ala mba Dona ini.

    BalasHapus
  30. Makanan aku saat kecil ini. Dulu sering metikin di tetangga deket rumah (baca: ngambil-ngambilin). Di sekolah juga sering banget dijual. Duh jadi pengin coba lagi!

    BalasHapus
  31. waduh hehe makanan jadul nih mba.. tapi sampe saat ini masih kurang suka dengan cermai, karena asem haha

    BalasHapus
  32. udah lamo nian yuk aku dak cicip cermai ini :(

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir.