-->

Senin, 13 April 2020

Manfaat Selasih dan Kayu Secang

biji selasih

Indonesia negeri  kaya, rempah dan tanaman  obat.  Salah satunya adalah selasih dan kayu secang. Saat merasakan gejala  panas  dalam, aku minum  air  rendaman biji selasih, serutan  kayu  secang dan gula batu. Biasanya setelah  diminum pagi dan sore, tengorokan gak perih lagi dan perut rasa adem.

   Khasiat Biji Selasih   

Tumbuhan selasih  ( Ocimum basilicum  ) masih satu keluarga, dengan kemangi dan ruku – ruku. Biji selasih  berbentuk bulat oval, berwarna hitam dan keras. Biji akan mengembang,  bila direndam dalam air. Biji selasih yang sudah  direndam, terlihat seperti telur kodok.
Biji selasih sekarang populer, digunakan sebagai garnis. Untuk mempercantik tampilan, makanan dan minuman kekinian.Yang belum banyak diketahui ,adalah manfaat selasih  bagi kesehatan. 
Tanaman Selasih

Selasih sudah ratusan  tahun digunakan , dalam  ramuan  obat  tradisional  China dan  tretment pengobatan  Ayurveda India.
Daun dan biji selasih  digunakan,  sebagai  ramuan diaforetik - peluruh keringat,  diuretik -peluruh kemih, analgetik -  pereda nyeri.

  Meredakan panas dalam  
Manfaat  biji selasih yang paling populer di Asia, ialah meredakan panas dalam. Panas  dalam  adalah pertanda sedang   terjadi peradangan di dalam tubuh.
Penyebab panas dalam, bermacam macam. Bisa dari makanan pedas, minuman beralkohol, cuaca panas, sampai infeksi saluran pernafasan.
BTW  gejala panas dalam serupa tapi tak sama dengan covid19. Yaitu tengorokan perih,badan  lesu , sedikit meriang,perut panas, batuk – batuk kecil.
Sebelum  minum obat kimia atau panik merasa terjangkit corona, kenapa tidak coba  dulu minum  air biji selasih.
Air rendaman biji selasih, bersifat mendinginkan. Kandungan zat aktifnya  memberi efek diuretik  dan diaforetik. Merangsang pengeluaran racun melalui air  seni dan  keringat .

  Cara Mengolah Biji Selasih  

Bilas satu sendok biji selasih,  dengan air dingin. Kemudian rendam dlam air panas hingga mengembang.
Biji selasih  boleh diminum langsung dengan menambahkan air matang,gula atau madu. Dapat juga dicampurkan ke dalam teh,jus,smoothi,bubur,atau salad.

  Kayu Secang  

Bagian tumbuhan  secang  (Caesalpinia sappan), yang paling banyak digunakan adalah batangnya. 
Tumbuhan ini mengandung  banyak  zat  aktif antara lain  tannin , flavonoid  dan terpenoid, yang bermanfaat sebagai  antioksidan.
Berkhasiat  mencegah kerusakan sel-sel,dari kontaminasi makanan,air dan udara yang masuk ke dalam tubuh.


wedang uwu


   Saran Penyajian Kayu Secang  
Serutan batang  secang  yang  diseduh dengan air panas, akan menghasilakan warna kemerahan  dan rasa  sedikit  manis.
Air secang dapat diminum  langsung,untuk menambah rasa boleh ditambahkan madu atau gula batu.  Kayu secang dan beberapa rempah, berkolaborasi  mejadi  Wedang  Uwu.

  Efek Samping  Obat Tradisional

     “ Batas antara racun dan obat dalam bahan tradisional amatlah tipis. Dosis yang tepat membuat tanaman obat bisa menjadi obat, sedangkan jika berlebih bisa menjadi racun “ 
  
Kita berasumsi penggunaan  tumbuhan ( herba) , sebagai obat  tidak mempunyai efek samping .Gini loh gaes, menurut beberapa pakar, tumbuhan yang digunakan sebagai obat pasti punya  efek samping.
Kabar gembiranya efek samping itu relatif kecil dan mungkin  baru terasa setelah dimakan/diminum dalam waktu yang cukup lama.
Pengunaan  tumbuhan  sebagai obat, akan  efektif  jika digunakan  mengikuti langkah – langkah berikut.


toko obat l china

  Tepat Bahan Baku  
Penting banget untuk melakukan cek dan ricek, apakah kita sudah mengunakan tumbuhan yang tepat. Salah mengenali tumbuhan, bisa berakibat fatal.
Beberapa daerah mungkin punya nama yang sama, untuk jenis tumbuhan yang berbeda.
 Ketepatan Dosis  Dan Waktu Penggunaan  
Takaran atau ukuran dalam menggunakan  tumbuhan sebagai obat,  masih belum baku. Kita biasanya menggunakan ukuran beberapa lembar , sejumput, seruas dan sebatang.
Tidak pastinya  dosis dan waktu penggunaan, membuat lambat bereaksi bahkan tidak ada efek sama sekali.
Carilah referensi  mengenai seberapa banyak dan kapan waktu yang tepat untuk menggunakanya.
  Ketepatan Cara Penggunaan  
Seperti minum pil antasida, yang harus dikunyah. Penggunaan tumbuhan sebagai obat, juga harus tepat caranya.
Misalnya  untuk  mengobati bau mulut, sebaiknya  dikunyah atau diemut. Kalau mengobati masuk angin, sebaiknya diminum. Mengobati kudis, kurap dan panu dengan dioleskan pada kulit.
  Kewaspadaan Saat Mengugunakan  
Seperti yang aku obrolin tadi, batas antara racun dan obat dalam bahan tradisional amatlah tipis. Amati dan rasakan dengan seksama, efeknya  pada tubuh. 
Ingat, kondisi tubuh tiap orang itu berbeda. Direkomendasikan manjur untuk paman , belum tentu manjur untuk bibi.
Segera hentikan pemakain, bila dirasa tubuh tidak lebih baik.Kamu punya pengalaman menggunakan tumbuhan sebagai obat ?
Bagi – bagi dong di komen.

                                                              ***

Tags :

bm
Created by: donasaurus

Feel free for asking a qustions or add informations that I have been mis

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir.Comment Will Moderation before publish

Connect