Mencegah Dehidrasi Saat Puasa

mencegah dehidrasi saat puasa

Waktu puasa saat terdengar bedug magrib, apa yang duluan disamber ?  Yup betul  air, rasa lapar biasanya kalah dengan rasa haus.
Godaan terbesar saat berbuka, adalah  hasrat ingin minum sebanyak mungkin.  Tidak cuma pada anak - anak , kadang  orang dewasa juga kalap saat berbuka. Meminum air terlalu banyak dalam waktu singkat dapat memicu terjadinya keracunan air atau overhidrasi. 
Ada beberapa kiat untuk memenuhi asupan air,selama kita berpuasa

  Kebutuhan  Air Tubuh  Saat  Puasa  

Selama ramadan  pola  hidup kita, terutama waktu makan dan tidur , mengalami perubahan. Sementara kebutuhan air tubuh, jumlahnya tidak berubah.
Untuk menghindari  dehidrasi disarankan, untuk mengatur asupan air selama  berpuasa.
Tanya van Aswegen  seorang Konsultan Diet menyatakan, kebutuhan air tiap orang itu berbeda.
Tergantung  dari usia, jenis kelamin, dan aktivitas harianya.Tapi secara umum perempuan dewasa memerlukan 8 gelas/ hari sementara  lelaki dewasa 9 gelas /hari.

  Sumber Asupan  Air Bagi Tubuh  

80% sumber asupan air tubuh,didapat dari minuman. Air yang terkandung  dalam makanan, menyumbang  20%  kebutuhan air tubuh.
Mengingat waktu makan yang singkat, dan kegiatan malam ramadan yang padat. Perlu kreativitas  memilih menu yang bisa bikin kenyang, sekaligus memenuhi asupan air.
semangka mencegah dehidrasi

Hidangan yang banyak kuah seperti sayur bening, sop, soto dan pindang, bisa jadi pilihan. Sementara buah semangka, melon, timun, bengkuang, bisa  jadi selingan penganti  cemilan kue . Sementara hindari minuman berkarbonasi atau  terlalu manis. Karna tidak baik bagi pencernaan kita.

  Mengatur  Jadwal  Minum Saat Berpuasa  

Lambung dan ginjal, yang bertugas menampung dan mengatur tata kelola air dalam tubuh mempunyai batasan, dalam menampung dan mengeluarkan air.
Menurut dr Alvin Wiharja residen dokter Program Studi Ilmu Kedokteran Olahraga (PS IKO), rata – rata volume lambung orang dewasa dapat menampung sekitar  1.5 liter ( Health.Detik.Com )

                      mencegah dehidrasi
Meminum air terlalu banyak dalam waktu singkat dapat memicu terjadinya keracunan air atau overhidrasi. Gejala overhidrasi mulai dari sakit kepala, mual, dan muntah-muntah, sampai  tergangunya fungsi paru – paru dan  ginjal.
Disarankan  untuk minum secara bertahap,mulai dari berbuka sampai saat sahur. Dua gelas saat sahur, 1 gelas saat berbuka, 1 gelas sehabis salat maghrib, 1 gelas setelah makan malam, dan sisanya dipenuhi bertahap sepanjang malam. Kita juga bisa membagi – bagi asupan air, dalam makanan dan minuman.


Kalau minum air putih terlalu biasa aja, bisa kok membuat variasi dengan minum  infused water atau minuman rempah. Selain memenuhi kebutuhan air, keduanya berkhasiat untuk menjaga stamina, memperkuat daya tahan, dan membersihkan racun****donasaurus.com

Referensi
https://www.healthline.com/nutrition/water-fasting
https://gulfnews.com/uae/should-your-water-intake-change-during-ramadan-1.63675339

Komentar

  1. Saya suka minuman rempah, diminum hangat saat malam, nikmat sekali.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir.