April 24, 2020

Mencegah Dehidrasi Saat Puasa

mencegah dehidrasi saat puasa

Waktu puasa saat terdengar bedug magrib, apa yang duluan disamber ?  Yup air putih dingin.
Selama berpuasa tubuh,mengalami dehidrasi.
Godaan terbesar saat berbuka, adalah  hasrat ingin minum sebanyak mungkin.  Tidak cuma pada anak - anak , kadang  orang dewasa juga kalap saat berbuka. Meminum air terlalu banyak dalam waktu singkat dapat memicu terjadinya keracunan air atau overhidrasi. 
Ada beberapa kiat, untuk mencegah dehidrasi selama berpuasa.

  Mencegah Dehidrasi  

Selama ramadan  pola  hidup kita, terutama waktu makan dan tidur , mengalami perubahan. Sementara kebutuhan air tubuh, jumlahnya tidak berubah.
Untuk menghindari  dehidrasi disarankan, untuk mengatur asupan air selama  berpuasa.
Tanya van Aswegen  seorang Konsultan Diet menyatakan, kebutuhan air tiap orang itu berbeda.
Tergantung  dari usia, jenis kelamin, dan aktivitas harianya.Tapi secara umum perempuan dewasa memerlukan 8 gelas/ hari sementara  lelaki dewasa 9 gelas /hari.

  Sumber Asupan  Air Bagi Tubuh  

80% sumber asupan air tubuh,didapat dari minuman. Air yang terkandung  dalam makanan, menyumbang  20%  kebutuhan air tubuh.
Mengingat waktu makan yang singkat, dan kegiatan malam ramadan yang padat. Perlu kreativitas  memilih menu yang bisa bikin kenyang, sekaligus memenuhi asupan air.

semangka mencegah dehidrasi

Hidangan yang banyak kuah seperti sayur bening, sop, soto dan pindang, bisa jadi pilihan. Sementara buah semangka, melon, timun, bengkuang, bisa  jadi selingan penganti  cemilan kue . Sementara hindari minuman berkarbonasi atau  terlalu manis. Karna tidak baik bagi pencernaan kita.

  Mengatur  Jadwal  Minum Saat Berpuasa  

Lambung dan ginjal, yang bertugas menampung dan mengatur tata kelola air dalam tubuh mempunyai batasan, dalam menampung dan mengeluarkan air.
Menurut dr Alvin Wiharja residen dokter Program Studi Ilmu Kedokteran Olahraga (PS IKO), rata – rata volume lambung orang dewasa dapat menampung sekitar  1.5 liter ( Health.Detik.Com )

                      juice buah sumber asupan air tubuh

   Tanda Overhidrasi  

Meminum air terlalu banyak dalam waktu singkat dapat memicu terjadinya keracunan air atau overhidrasi.  Tanda overhidrasi mulai dari sakit kepala, mual, dan muntah-muntah, sampai  tergangunya fungsi paru – paru dan  ginjal.

Disarankan  untuk minum secara bertahap,mulai dari berbuka sampai saat sahur. Dua gelas saat sahur, 1 gelas saat berbuka, 1 gelas sehabis salat maghrib, 1 gelas setelah makan malam, dan sisanya dipenuhi bertahap sepanjang malam. Kita juga bisa membagi – bagi asupan air, dalam makanan dan minuman.


infused water

Kalau minum air putih terlalu biasa aja, bisa kok membuat variasi dengan minum  infused water atau minuman rempah. Selain memenuhi kebutuhan air, keduanya berkhasiat untuk menjaga stamina, memperkuat daya tahan, dan membersihkan racun****donasaurus.com

Referensi
https://www.healthline.com/nutrition/water-fasting
https://gulfnews.com/uae/should-your-water-intake-change-during-ramadan-1.63675339

Tags :

bm
Created by: Donasaurus

Feel free to connect with me on social media or leave me a comment lways be super happy to have a little chat about your ideas and opinions Love Dona

1 Comments:

Saya suka minuman rempah, diminum hangat saat malam, nikmat sekali.

Reply
Connect