-->

Sabtu, 15 Agustus 2020

Manfaat Karaoke Untuk Kesehatan

 

donasaurus.com
Karaoke sangat populer di Jepang - Nippon.Com

 

Menghabiskan waktu berkaraoke, menjadi alternatif hiburan murah meriah kaum urban. Disaat gak bisa piknik jauh, ngumpul bareng temen di karaoke, rasanya udah seneng banget.

Karaoke akronim  bahasa Jepang dari  kata Kara, yang artinya Kosong  dan Oke  dari  Orkestra. Orkes Kosong ini pertama kali dipopulerkan, oleh Daisuke  Inoue pada 1971 (BBC.com).Yup sejak itu teknolong sing a long  Karaoke, berkembang dengan pesat.

Karaoke menjadi alat hiburan, yang populer diseluruh dunia. Selain lounge komersil, karaokepun bisa dilakukan sendiri  di rumah. Hiburan ini jadi favorit,  karena murah dan praktis. Cukup modal TV, mic dan CD player saja, suasana sudah meriah.

Karaoke  Orkes Kosong  Anti Stress

Dalam batas wajar beryanyi atau ngumpul di karaoke, ternyata banyak manfaatnya. Daisy Fancourt, dosen Psychobiology dan Epidemiology dari University College London mengemukakan, saat bernyanyi  ada  reaksi hormonal  dalam tubuh.

Pelepasan hormon endorphin yang mempengaruhi perasaan, dan penurunan  hormon cortisol yang  biasanya akan meningkat saat mengalami stress. Selain itu ada info dari ambient-mixer.com seputar manfaat lain bernyanyi dengan karaoke

  •  Melatih Ingatan

Penelitian membuktikan  penyanyi dan pemain musik, memiliki ingatan yang sangat baik. Kebiasaan menghapal lirik,not balok dan irama melatih otak mereka, untuk mengingat sesuatu sangat deteil.

Karaoke merangsang otak, untuk mengingat. Saat bernanyi  karaoke sambil membaca teks, ingatan melakukan sinkronisasi lirik dan musik. Kemudian otak melakukan perintah pada pita suara, agar menghasilkan bunyi yang sesuai irama. Yup kalau ingatan mulai terasa menurun, bolehlah jadwalkan karaoke sebagai terapi ingatan.

  • Melepas Stress

Karaoke jadi tujuan utama kaum urban,untuk melepas stress. Musik dan lirik membantu, mengendurkan ketegangan. Saat hati senang tubuh melepaskan hormon endorphins, yang  mengurangi rasa lelah dan stress.

Habis melantunkan lagu, sambil tertawa atau menangis perasaan jadi enteng. Ruang  karaoke  jadi semacam bilik terapi tanpa  psikologi.

  • Ekspresikan Diri

Ada yang gak punya  nyali, untuk nyanyi di depan banyak orang.  Terus  kok bisa PD nyanyi  jejeritan, waktu  karaoke bareng teman?

Bersama orang yang dikenal, membuat perasaan  aman dan nyaman. Privasi di ruang karaoke, meningkatkan rasa percaya diri.  Tidak merasa malu kalau salah lirik, tidak ragu suara jelek. Pokoknya  lepas bebas, mengekpresikan diri. Sesuatu yang tidak akan bisa dilakukan , saat bernanyi di panggung terbuka.

  • Bergaul dan Networking

Di negara dengan sistem kerja, yang luar biasa efisien seperti Jepang, karaoke sudah jadi  kebutuhan  hidup. Kraoke  lounge  mengalami perluasan makna.Sekarang jadi tempat bergaul dan memperluas networking.

Bertemu dengan teman sekerja dalam susana yang santai bisa, membuka sisi lain kepribadian seseorang. Manger yang di kantor mau menang sendiri, bisa jadi ramah dan suka humor di karaoke.

Berkenalan dengan teman punya kawan, bisa memperluas networking dan kalau beruntung bisa ketemu jodoh juga.

 Peluang Bisnis Karaoke

Selain menyenangkan karaoke,  bisa jadi bisnis yang menguntungkan.

Beberapa artis  yang berbisnis  ruang bernyanyi Karaoke

Inul Vista -  Inul Daratista

  • Diva - Rosa
  • Alegro -  Maia Estianty
  • Lyrick - Lyra Virna
  • Grand Charlie Vht – Charlie  ST12
  • Master Piece – Ahmad Dhani
  • Melly Goeslow – Melly Goeslow

Kalaupun kamu bener – bener gak hobi nyanyi, cobalah sesekali ikutan nongkrong dikaraoke. Melihat ekspresi lucu teman – teman saat bernyanyi, tertawa bersama atau kadang juga nangis bareng bisa membuat perasaan lega dan happy.

Suka nyanyi tapi suka males ngumpul ? Sekarang ada Wankara ( Solo Karaoke ). Kotak karaoke  mini, yang membuat kamu bebas bernyanyi sendiri di kamar.

   Sing Your Way Home  

Sing your way home
at the close of the day.
Sing your way home
drive the shadows away.

                                                       Smile every mile
                                                  For wherever you roam
                                                 It will brighten your road,
                                                   It will lighten your load,
                                                 If you sing your way home

***

 

Tags :

bm
Created by: donasaurus

Feel free for asking a qustions or add informations that I have been mis

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir.Comment Will Moderation before publish

Connect