-->

Kamis, 29 Oktober 2020

Opor Jantung Pisang Sedap Dan Sehat

donasaurus.com

Resep Opor  Jantung Pisang Sedap Dan Sehat

Jantung pisang kalah populer, dibandingkan buahnya.  Sebab sekarang sudah jarang, orang  menanam pohon pisang di rumah. Jadi  lupa kalau jantung pisang,  enak dikonsumsi.

Sebagai lauk ,  jantung pisang memiliki nilai plus. Selain   enak  bakal buah pisang ini mengandung vitamin , karbohidrat,mineral, serat dan beberapa  zat aktif, yang  bermanfaat bagi tubuh.

Manfaat  jantung pisang untuk kesehatan

Mencegah Anemia

Merangsang  produksi Air Susu Ibu

Mencegah sembelit

Menurunkan tekanan darah

Mengatasi sakit maag

 Antioksidan

Anti-inflamasi

Jadi kalau bosen masak sayur yang itu-itu aja, kenapa tidak coba masak jantung pisang.  Apalagi jantung pisang sudah menjadi bagian, dari tradisi kuliner nusantara. Setiap daerah punya hidangan khas, hasil olahan  jantung pisang. Kamu juga bisa berkreasi, bikin hidangan kekinian dari jantung pisang.

Tekstur jantung pisang yang  berserat, sekilas mirip ayam suwir. Aku jadi tertarik  menggunakan jantung pisang, sabagai  ganti daging  ayam dalam resep opor.

Yay  ternyata opor jantung  pisang  gak kalah kok  sama opor ayam. Nih aku share resep, opor  jantung  pisang  ala donasaurus.

    Resep  Opor Jantung Pisang   

Bahan

  • 1 buah jantung pisang  dirajang  ( ± 700 gr)
  • 1 litter  Santan Kelapa
  • Minyak  goreng untuk menumis

   Bumbu  

  • 1 sdm bumbu opor  kering siap pakai
  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • Jahe   ±  2cm
  • Lengkuas  ±  2cm
  • 1 batang  Serai
  • 2 Lembar  daun salam
  • 1 sdt Kaldu  Ayam
  •  Garam Dapur Secukupnya

   Cara Memasak  

  • Buang kulit luar dan  buntut  jantung pisang. Ambil bagian  yang  berwarna krem saja. Belah empat, kemudian rajang kasar. Cuci dan rebus  dalam air mendidih  ± 10 menit. Angkat dan tiriskan.

  • Giling  jahe, lengkuas,bawang putih, dan bawang merah hingga halus. Tumis dan tambahkan  bumbu opor halus,daun salam dan serai yang sudah digeprek

  • Setelah aroma bumbu tercium, masukan rebusan jantung pisang. Aduk  jantung pisang dan bumbu hingga rata.Tambahkan santan, garam dan  kaldu ayam. Masak dengan api sedang , sampai santai mengental ( ± 20 menit).

   Note 

Gunakan minyak goreng untuk membersihkan getah jantung pisang  yang menempel pada pisau. 

                                                                                 *****

Selain  sebagai lauk makan nasi, opor  jantung pisang  bisa juga  dihidangkan dengan lontong. Oke selamat  mencoba atau kalau kamu punya resep olahan jantung pisang yang maknyus boleh dong  share dikomen.*******donasaurus.com********

Tags :

bm
Created by: donasaurus

Feel free for asking a qustions or add informations that I have been mis

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir.Comment Will Moderation before publish

Connect