Maret 03, 2021

Cara Cepat Mengobati Batuk Berdahak

"batuk.jpg"
Tebak - tebakan yok ....penyakit ...penyakit apa.......  ketauan dari suaranya.......

Kesehatan - donasaurus.com

 Suara batuk kering  yang bikin geli, sampai batuk berdahak yang mengelegar. Suara batuk dapat terdengar,  sampai beberapa meter dari sumber suara.

Batuk termasuk penyakit, yang gak ada tobatnya. Kamu bisa puluhan kali, terserang batuk selama hidup. Penasaran  gimana proses penularan, trik mencegah, terus apa obat batuk berdahak paling manjur sedunia ?

Infeksi Saluran Pernafasan Bagian Bawah

Dulu aku sempat batal, ikutan  lomba  vocal group  antar SMA.  Pasalnya  empat hari menjelang lomba, aku terserang batuk berdahak.

Suara batuk yang horor, bikin teman – teman gagal fokus. Wadidawwwww, keselnya  masih terasa sampai sekarang. 

Dari web site Halodoc, aku mendapat informasi penting. Batuk berdahak  terjadi, akibat infeksi saluran pernafasan  bagian bawah.  Waspadalah kalau batuk  berdahak, lama sembuhnya.

Sebab saluran pernafasan bagian bawah, terhubung  langsung dengan  organ  dalam. Nah....  ada beberapa kasus penyakit saluran nafas akut,  yang gejalanya seperti batuk berdahak.

Jaring  Perangkap  Virus  Batuk

Suara khas batuk berdahak,  berasal dari  lendir. Lendir (mukus)  diproduksi  tubuh , sebagai  alat pertahanan. Lendir yang  kemudian kita sebut dahak, berfungsi  seperti  jaring  perangkap  virus.  

Organisme  penyebab  infeksi, terperangkap   dalam  mukus. Selanjutnya secara  berkala,  dahak terdorong  keluar.

Batuk  Berdahak  Menular

….… terus  gimana  mereka  bisa  sampai ke  dalam saluran pernafasan ?  Virus atau bakteri  menyusup, masuk  saluran pernafasan melalui  dua  cara.

"virus-peyebaran.jpg"
 Penyebaran Virus melalui udara Pic Mohammed Hassan - Pixabay

Serangan  Udara

Saat penderita  batuk atau bersin, ada 100.000  virus yang terlepas  ke udara.  Bagai jet tempur supersonic, kumun  melesat  sampai  160 KM/jam ( Sumber – EEPRIS - bristol.ac.uk).

Benda yang  terpapar  kuman

Benda yang kerap berpindah tangan, atau  digunakan secara bersama – sama dapat  jadi sarang  kuman . Beberapa  barang yang  jadi tempat  favorit  kuman   antara lain

  • Kemasan  makanan dan minuman
  • Sarung bantal dan sprai tempat tidur
  • Peralatan makan
  • Alat tulis
  • Handphone
  • Uang

Mencegah  dan  Mengobati  Batuk Berdahak

Melihat modus operandi yang digunakan,  antisipasi penularan dapat dilakukan dengan 3M.

Jaga jarak

Seperti yang kita obrolin  tadi, penyakit ini bisa diketahui dari suaranya. Hal ini memudahkan  kita , menjaga jarak. Jauhi orang sedang terinfeksi.  1-2 meter adalah jarak aman, yang dianjurkan.

Gunakan masker

Nah kalo gak  yakin dengan jarak aman, maka gunakan masker. Masker  mencegah   penularan, melalui cipratan liur. Sekaligus  menghalau  virus, yang coba masuk  melalui  udara yang kita hirup.

Mencuci tangan

Bersihkan tangan, dengan cairan antiseptik. Lebih disarankan, untuk  menggunakan air dan sabun. Bersih – bersih  dilakukan  sebelum  dan sesudah,  menggunakan   fasilitas umum atau benda,  yang dipakai  bersama – sama.

    Batuk berdahak dapat diobati dengan obat kimia maupun obat tradisional

Pic Bruno - Pixabay

Obat Batuk Berdahak

Udah jaga jarak, pakai masker dan rajin cuci tangan eh masih ketularan juga !

Santai  aja …….batuk berdahak termasuk penyakit ringan dan cepat sembuh.  Sebagai pertolongan pertama, kita bisa bikin sendiri  obat tradisional, untuk batuk berdahak. Kalau mau  praktis , kamu tinggal  beli  aja, obat batuk berdahak  tanpa  resep di warung.

Ada tips  memilih  obat batuk berdahak, yang  aku kutip dari laman  Halodoc.com. 

Ekspektoran

Pilih obat batuk berdahak yang mengandung  ekspektoran. Zat ini bekerja aktif mengencerkan  lendir, sehingga  dahak  lebih mudah dikeluarkan.

Ibuprofen dan Parasetamol

Seringkali   batuk berdahak, diikuti  demam dan sakit tenggorokan.  Nah  gunakan  obat, yang mengandung  Ibuprofen dan Parasetamol. Keduanya membantu meredakan, demam dan  sakit  tengorokan.

Guaiphenesin atau Bromhexine

Batuk berdahak bisa menyerang siapa saja, termasuk ibu hamil.  Hindari minum sembarang obat. Konsultasi dulu, dengan dokter  atau bidan kamu. Biasanya  mereka,  akan meresepkan obat batuk berdahak  guaiphenesin atau bromhexine.

Buat  yang  menghindari obat kimia,  aku  udah kumpulin obat tradisional  batuk berdahak, dari berbagai sumber.Selain  kecap dan jeruk nipis, ada beberapa tratmen lain, yang dapat digunakan, untuk mengatasi batuk berdahak.

Obat Tradisional Batuk Berdahak

Bawang  Merah

Air rebusan bawang merah berkhasiat, untuk  mengencerkan  dahak  dan menghangatkan badan

Belimbing besi ( Belimbing sayur)

Minum air perasan  belimbing besi, bermanfaat mencairkan dahak, dan membersihkan tenggorokan.

Kencur

Mengunyah kencur ternyata bermanfaat, untuk  mencairkan dahak, dan menghangatkan  badan

Nanas

Zat aktif enzim bromelain  dalam nanas, membatu meredakan peradangan, serta mencairkan dahak .

Air Garam

Kumur – kumur dengan air hangat, yang sudah diberi garam dapur. Garam mengurangi produksi lendir, dan membantu melepaskan dahak, yang lengket ditenggorokan.

Disadari atau tidak, batuk   menguras tenaga  dan  mengangu tidur.  Untuk mempercepat proses  penyembuhan, optimalkan waktu  beristirahat, dan banyak minum air putih

Bila minum obat secara teratur, batuk  berdahak akan sembuh dalam   6 - 10 hari. Kalau  tak kunjung membaik, bahkan  tambah parah, itu tandanya kamu memerlukan pemeriksaan lanjutan.  

Kabar  baiknya, sekarang  kamu enggak perlu  datang langsung  ke rumah sakit. Kamu bisa  konsultasi, atau daftar  berobat secara online.

Aku rekomendasikan  www.halodoc.com, sebagai  web site  layanan kesehatan  nomor satu  Indonesia.

  • Akses  chat  langsung  dengan dokter
  • Informasi   klinik dan rumah sakit. Lengkap dengan  layananpendaftaran online  pula.
  • Delivery pembelian obat
  •  Dan yang paling aku suka adalah, peserta BPJS  juga dapat mengaksesfasilitas yang disediakan   halodoc . 

Udah deh, gak ada alasan lagi, untuk malas  ke berobat.Semua kemudahan just a click away, di www.halodoc.com .donasaurus2021

Tags :

bm
Created by: Donasaurus

Feel free to connect with me on social media or leave me a comment lways be super happy to have a little chat about your ideas and opinions Love Dona

4 Comments

Ada halodoc tempat menggali informasi seputar layanan kesehatan ya.. Mantap nih bisa akses ke web tsb dan kita bisa tahu solusi atasi kesehatan kita yang bermasalah ya..

Reply

Kalo molly biaso pake jeruk nipis klo batuk2 hehe

Reply

makasih infonya terutama yang herbal, semua bisa dibeli dengan mudah

Reply

Aku pernah batuk berdahak yg lama sembuhnya . Dan kemudian baru sembuh setelah diksh obat yg LBH murah dr obat sebelumnya mba. Generic pula. Sementara pake yg Patent malah g sembuh. Tp selain mengobati pake obat, aku inget pesan guruku pas SMU. Kalo mau ga batuk, biasakan, bangun tidur, lgs minum air putih anget segelas. Dan itu hrs yg pertama dilakukan. Baru kemudian berwudhu ato ngelakuin aktifitas lain.

Pokoknya bangun tidur, lgs minum. Dan batuk ga akan menyerang. Aku coba, dari sejak aku. Dan selama aku rutin ngelakuin itu, Alhamdulillah ga pernah batuk. Tp aku pernah stop ngelakuin, dan batuk nyerang lagi :p. Trutama aku malah nekad minum es pdhl tenggorokan ga kuat.

Jd sejak itu, aku ga prnh ninggalin kebiasaan minum air anget setelah bangun tidur langsung. Itu efektif bener2

Reply
Connect