-->

6/16/2021

Penyintas Kusta Menjadi Tenaga Kerja Produktif

Kesempatan kerja bagi disabilitas dan OYPMK

 

 

 Dalam bicang  Ruang Publik – KBR  bersama  NLR Indonesia, yang bertajuk Memberi Kesempatan Kerja Bagi Disabilitas dan Orang Yang Pernah Mengalami Kusta, Arfah terlihat  bersemangat. Ada rasa bangga  saat   ia menceritakan pengalama  magang, sebagai tenaga administrasi di kantor SatPol PP Kota  Makasar. Apa yang membuat magang , begitu  istimewa buat Arfah?
Pengalaman  itu jadi istimewa, pasalnya  pemuda asal Sulawesi Selatan  ini, adalah penyintas  kusta. Sebagai orang  yang pernah mengalami kusta (OYPMK)  mendapat kesempatan magang , seperti dapat tambang  berlian baginya.

 Sebelumya, jangankan   bekerja  satu ruangan, untuk bertegur sapa dengan   OYPMK  saja,  masyarakat  sudah  merasa  takut. Mitos  tentang penyakit kusta, membuat  OYPMK kerap dibully, bahkan dijauhi seumur  hidup.

Beruntung, Arfa jadi  salah satu OYPMK, yang  jadi bagian dari Program KATALIS  NLR  Indonesia di  Suawesi Selatan.

Flyer talk show Kantor Berita dan NLR Indonesia.jpg"

Sekilas tentang  No Leprosy Remains - NLR Indonesia

 NLR  Indonesia adalah lembaga  swadaya masyarakat(LSM). Organisasi sosial dan kesehatan, yang  fokus pada pemberantasan dan pemberdayaan  penyintas kusta. NLR  sudah menginisiasi berbagai kegiatan, bagi penderita dan penyintas kusta di seluruh Indonesia.

 Salah satu program NLR,adalah  Program Katalisator. Angga Yanuar - Manager Proyek  Inklusi  Disabilitas NLR Indonesia- memaparkan  program pemberdayaan  yang melibatkan  pemerintah-pengusaha-OYPMK.

 Tujuan Program Inklusi Disabilitas  dan OYPMK

  •  Menghapus  diskriminasi pada OYPMK

 Diskriminasi terhadap OYPMK, disebabkan  minimnya informasi  tentang  penyakit kusta. Masyarakat enggan  bergaul dengan OPYMK, karena  takut  tertular.

Semua elemen masyarakat  yang  terlibat dalam program katalisator, langsung ataupun  tidak  akan mendapat informasi mengenai  kusta.

Informasi yang benar dari sumber yang  kompeten, akan membuka wawasan dan menghapus  diskriminasi  terhadap OYPMK.

  • Mengembalikan rasa percaya diri OYPMK

Bakteri   penyebab  kusta -Mycobacterium leprae, akan menyebabkan kerusakan permanen, pada bagian tubuh yang terinfeksi. Sehingga orang yang pernah mengalami kusta, kemungkinan  mengalami  deformitas – cacat.  Perubahan dari normal  menjadi  disabel, sudah pasti mempengaruhi  jiwa mera.

Kondisi ini menjadi lebih buruk, dengan berkembangnya  stigma negatif, pada  orang yang pernah mengalami  kusta. Menyebabkan   OYPMK, mengalami  kerisis percaya diri. Support keluarga dan lingkungan, akan mempercepat  tumbuhnya  kepercayaan diri pada OYPMK.

Salah satu bentuk dukungan yang dilakukan, adalah  memberi mereka kesempatan untuk kerja  magang . Bekerja sama dalam tim, membuat mereka merasa berguna dan dihargai masyarakat. Energi positif, yang  menumbuhkan rasa percaya diri.

  • Mengentaskan kemiskinan

Diskriminasi dan stigma  negatif,  membuat  OYPMK masuk  kategori  rawan sosial ekonomi. Sebagian besar  OYPMK, tidak memiliki keterampilan dan modal kerja. Akhirnya  terpaksa  jadi pengemis, untuk bertahan hidup.  

Nah,program katalisator memberi  kesempatan OPYMK, untuk mempelajari  keterampilan. Hard skill yang  diperlukan untuk menjadi tenaga kerja yang  produktif.

 Lingkungan Kerja  Yang Ramah OYPMK

Hampir disetiap jenis usaha, punya pekerjaan yang  bisa dilakukan OYPMK. Seperti   administrasi, penerima order lewat telepon, sampai membantu proses produksi sederhana.

Zakirah Ilmiana salah satu pengusaha , yang menjadi mitra  progam  kerja  inklusif KATALIS di Bulukumba. Ia menerima OYPMK, untuk  magang  di PT  Anugrah Frozen Food miliknya.  Rajin  dan cepat belajar, puji Zakiah pada  OYPMK  yang magang  di perusahaanya.

Agar  penyintas kusta dapat  berkontribusi sebagai pekerja produktif, perlu  lingkungan kerja yang ramah  OYPMK.

  • Berikan  pelatihan dan tugas, yang disesuaikan  kemampuan dan keterbatasan mereka
  • Tersedianya  ruang kerja,  yang dapat diakses  dengan mudah  oleh difabel
  • Rekan kerja  non difabel,  dan mitra bisnis perusahaan,  memiliki  rasa empati  terhadap  difabel

 Pemberdayaan penyintas kusta dan disabilitas lain, tidak hanya berdampak baik  bagi mereka saja.  OYPMK  yang menjadi tenaga kerja produktif, akan berkontribusi pada ekonomi keluarga dan negara. 

 Banyak sekali manfaat jangka panjang  dari pemberdayaan  disabilitas dan OYPMK. Mulai dari pengentasan kemiskinan sampai  mencegah masalah sosial. Karena itu mari kita dukung  program inkulsi NLR, agar  disabilitas dan orang yang pernah mengalami  kusta, mendapat pekerjaan dan penghasilan yang layak.donasaurus

Tags :

bm
Created by: donasaurus

Pada artikel terdapat informasi dan tautan menuju website lain. Donasaurus telah melakukan recheck untuk validasi data yang terbaru, namun informasi dapat berubah sebelum donasaurus dapat memperbarui atau menghapusnya. Bantuan pembaca dalam bentuk komentar dan informasi akan donasaurus terima dengan senang hati.

Connect