September 14, 2021

Obat Nyamuk Yang Aman Untuk Anak

gigitan nyamuk meyebabkan gatal dan membawa virus

Bermacam – macam jenis obat nyamuk dijual. Semua diklaim dapat melindungi keluarga dari serbuan nyamuk.Mulai dari obat nyamuk bakar yang klasik, obat nyamuk semprot - aerosol, obat nyamuk elektrik,ada juga stiker anti nyamuk, sampai yang terakhir gelang dan jam tangan anti nyamuk. Diantara sekian banyak jenis obat nyamuk, mana yang paling aman untuk anak – anak.

Mengutip pernyataan Dr.rer.nat.Budiawan,ahli toksikologi kimia FMIPA UI, faktanya tidak ada obat anti nyamuk yang ampuh, sekaligus aman untuk manusia.Karena hanya obat nyamuk yang mengandung isektisida - racun serangga,yang terbukti ampuh membasmi nyamuk. 

Nah, sedangkan kita tahu insektisida adalah senyawa kimia, yang berbahaya bagi manusia. Seperti pisau bermata dua. Disatu sisi, obat nyamuk penting untuk menghindari gigitan, dan penularan penyakit berbahaya. Disisi lain, paparan insektisida berdampak buruk bagi kesehatan manusia.

Bagaimana Menggunakan Obat Nyamuk Yang Aman Untuk Anak

Jangan panik dulu,pemilihan senyawa kimia dan takaran yang digunakan dalam produksi obat nyamuk diawasi Kementrian Kesehatan.Yang harus kita lakukan adalah meminimalisir, resiko pemakaian. Nah,langkah pertama untuk menghindari efek samping penggunaan obat nyamuk,kita tuh perlu mengetahui bagaimana senyawa insektisida bekerja.Sehingga kita tahu,bagaimana menggunakan obat nyamuk dengan aman.

obat nyamuk  menghindarkan anak digigit nyamuk saat tertidur

 Jenis Insektisida Yang Umum Digunakan Dalam Pembuatan Obat Nyamuk

 Insektisida sejenis alletrin,transflutrin,praletrin digunakan pada obat nyamuk elektrik, obat nyamuk bakar bakar, dan juga obat nyamuk semprot. Sementara dietiltoluamida (DEET) digunakan dalam pembuatan obat anti nyamuk oles.

Meski demikian sebelum membakar, menyemprot atau mengoleskan obat nyamuk, kita wajib mengetahui cara kerja tiap jenis obat nyamuk tadi.Gunanya untuk meminimalisir resiko ganguan kesehatan yang mungkin ditimbulkan.

Menggunakan Obat Nyamuk Bakar Dengan Aman

 Saat lingkaran obat nyamuk dibakar, terjadi proses penguapan yang melepaskan insektisida ke udara. Nah, yang jarang kita sadari udara yang terkontaminasi insektisida akan sama berbahayanya untuk manusia seperti halnya bagi nyamuk. Ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk meminimalisir menggunakan obat nyamuk bakar bagi kesehatan anak – anak.

  •  Pastikan sirkulasi udara di dalam ruangan lancar
  •  Letakan obat nyamuk bakar di lokasi yang jauh dari kepala anak ketika tidur 
  • Taruh obat nyamuk dalam wadah yang aman Jauhkan obat nyamuk yang menyala dari benda yang mudah terbakar 
  • Gunakan satu obat nyamuk bakar saja dalam ruangan 

Bagaimana Menggunakan Obat Nyamuk Semprot Yang Aman Untuk Anak

 Obat nyamuk semprot melepaskan isektisida ke udara, dalam bentuk tetesan kecil. Dalam 2 jam , droplet yang mengandung insektisida akan mendarat. Kemudian menempel pada permukaan yang tadi berada di area semprotan. Nah, itu salah satu alasan kenapa tidak boleh menyemprotkan obat nyamuk ke udara kosong. Sebab bisa memicu alergi dan ganguan pernafasan pada anak. Terus gimana dong, cara menggunakan obat nyamuk semprot yang aman ?

  •  Penyemprotan untuk kamar tidur, sebaiknya dilakukan 2 jam sebelum jam tidur anak – anak .Tutup pintu dan jauhkan anak selama penyemprotan.
  • Semprot hanya pada bagian ruangan, yang sering jadi tempat nyamuk bergerombol.Misalnya di bawah meja, bawah tempat tidur,dll.
  • Hindari menyemprot obat nyamuk,pada benda – benda yang sering digunakan anak – anak. Seperti kotak mainan anak,permukaan meja belajar, atau rak buku.
  • Untuk menghindarkan anak menghisap droplet insektisida, siapkan kain yang khusus dipakai, untuk menutup kasur dan bantal. Tutup dulu area tempat tidur,sebelum menggunakan obat nyamuk semprot.

 Aman Menggunakan Obat Nyamuk Elektrik 

Meskipun terlihat beda banget, ternyata prinsip kerja obat nyamuk elektrik hampir sama dengan obat nyamuk bakar. Jadi cara meminimalisir resiko paparan insektisida,pada obat nyamuk elektrik mirip obat nyamuk bakar. Seperti colokan obat nyamuk elektrik jauhkan dari kepala, gunakan di ruangan dengan sirkulasi udara baik, dan jauhkan dari jangkauan anak.

Menggunakan obat nyamuk oles pada anak – anak 

Dietiltoluamida (DEET) senyawa insektisida yang dikembangkan menjadi obat anti nyamuk oles ( lotion), pertama kali digunakan pada tahun 1946 untuk keperluan tentara Amerika Serikat. Obat anti nyamuk oles udah pasti lebih praktis dan aman, dari pada bawa – bawa obat nyamuk bakar bergrelia ke hutan belantara. 

Tapi walaupun aman untuk tentara, penggunaan obat nyamuk oles pada anak – anak lumayan beresiko. Senyawa insektisida dalam obat nyamuk oles, langsung menyentuh kulit. Pengolesan yang berlebihan atau pada tempat yang sensitif dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius pada anak.Seperti  iritasi kulit,iritasi mata, ganguan pernafasan sampai keracunan.

Bagaimana meminimalisir resiko kesehatan pada anak ketika menggunak obat nyamuk oles

  • The American Academy of Pediatrics, melarang penggunaan lotion obat nyamuk pada bayi dibawah 3 bulan Obat nyamuk oles ( lotion) lebih direkomendasikan untuk digunakan diluar ruangan
  • Gunakan secukupnya, pada bagian kulit yang tidak tertutup pakaian.
  •  Baurkan dulu lotion di tangan mama atau papa, baru kemudian diusapkan pada anak.
  • Hindari bagian kulit yang terluka ( walau kecil) 
  • Hindari area sekitar mata, hidung, mulut, dan telapak tangan anak
  •  Segera cuci dengan air, bila terlihat reaksi alergi seperti gatal atau kemerahan pada bagian kulit yang diberi obat nyamuk oles. 

Menyadari resiko kesehatan yang mungkin timbul dari penggunaan obat nyamuk bagi anak- anak. Membuat kita semakin bijak menggunakan obat nyamuk di rumah. Mulai deh, memikirkan cara lain untuk menghindarkan anak kita dari gigitan nyamuk. Selain menyingkirkan barang – barang, yang berpotensi jadi sarang nyamuk.Kelambu bayi atau kelambu lipat, bisa dijadikan pengganti obat nyamuk.donasaurus

Tags :

bm
Created by: Donasaurus

Feel free to connect with me on social media or leave me a comment lways be super happy to have a little chat about your ideas and opinions Love Dona

15 Comments

Emang better yang Elektrik sih mba, yaa walaupun harus aware dengan kelistrikan nya takutnya kepegang anak atau bahaya lainnya, dan aroma nya juga gaak strong ganggu hidung anak :)

Reply

Benar banget, enggak bakalan ada obat nyamuk yang ampuh basmi nyamuk sekaligus aman bagi manusia. Logikanya, nyamuk yg makhluk hidup aja bisa mati, tentu ada sedikit zat yang tak baik masuk ke dalam hidup jika terhirup.

Obat nyamuk oles juga agak bahaya mba apalgi tuk anak-anak, saya pernah lihat berita ada orang yang meninggal karena setelah pakai obat nyamuk oles, dia tak cuci tangan trus minum obat pil.

Reply

Penggunaan obat nyamuk bakar ataupun yg dipake langsung ke kulitnya emg agak beresiko untuk kulit bayi sih kk, benar juga kak biar lebih amannya kalau diterapkan hidup bersih dan mengurangi barang2 yg menumpuk seperti itu ya kak...

Reply

Penggunaan obat nyamuk bakar ataupun yg dipake langsung ke kulitnya emg agak beresiko untuk kulit bayi sih kk, benar juga kak biar lebih amannya kalau diterapkan hidup bersih dan mengurangi barang2 yg menumpuk seperti itu ya kak...

Reply

Saya sebenarnya sangat alergi memakai obat nyamuk. Namun saya punya metodi tersendiri supaya bebas nyamuk.

Reply

Ternyata semya jenis obat nyamuk tetap mempunyai resiko bahaya apalagi utk anak2 ya.. harus tetap hati2. terima kasih sharing info dan tipsnya..

Reply

Kakak daku kalau pakai obat nyamuk yang semprot, dia akan menyemprotkan nya sekitar 1-2 jam sebelum ponakan daku mau bobo. Ternyata gak hanya buat usir nyamuk aja, ya biar tetap aman untuk bernapas juga ya

Reply

wah kamipengguna obat nyamuk elektrik, wah alo kinerjanya sama dnegan obat nyamuk bakar jadinya kok worry ya mbak, tipsnya aku praktikin mbk

Reply

Penggunaan obat nyamuk pada anak, dalam bentuk apapun kudu hati-hati banget ya, Mbak. Sebisa mungkin sih jangan pakai obat nyamuk.

Iya, kita kudu rajin beberes dan bebersih rumah biar gak ada nyamuk.

Reply

ternyata yang bakar dengan yang elektrik sama aja ya kak impact-nya. Noted. Soalnya di masyarakat banyak yang menganggap berbeda sehingga yang obat nyamuk elektrik gapapa didekatkan dengan anak dan kurang memperhatikan sirkulasi udara di ruangan.

Reply

Tapi bener gak sih ada pengaruh jangkan panjang kalau pake obat nyamuk elektrik yang ada aroma terapinya? Btw makasih banget rekomendasinya, layak untuk dicoba..

Reply

Bagus ini informasi untuk melindungi anak dari nyamuk namun tetap aman bagi anak

Reply

Kalau untuk anakku biasa aku pakaikan lotion anti nyamuk khusus bayi kak. Jadi aman di kulit sensitifnya.

Reply

Terima kasih informasinya ka, di rumah saat ini memang lagi banyak-banyak nyamuk karena sudah mulai musim hujan, apalagi di rumah ada bayi yang harus di jaga. Selain pakai kelambu, kami juga pakai obat nyamuk elektrik karena tidak berasap.

Tapi ternyata cara kerjanya sama yaaa

Reply

Sebenarnya obat nyamuk bakar sama lotion anti nyamuk itu lebih aman yng mana ya untuk si kecil. Soalnya kadang mau pilih salah satu tetap ngerasa worry.

Reply
Connect