November 26, 2022

Upaya Pencegahan Penyakit Menular

cara cuci tangan yang benar

Cegah  Penyakit Menular Dengan Cuci Tangan Yang Benar

Suasana Taman Edukasi - RSUP  DR Mohammad Hosen- Palembang menjadi meriah saat dr.Iris  melakukan  tutorial mencuci tangan dengan jurus  Tepuk Selaci  Putput di acara penyuluhan kesehatan dalam rangka Pekan Kesadaran Antimikroba Sedunia  pada  hari kamis 24 November 2022 lalu.


Tangan menjadi point penting dalam protokol kesehatan  karena  anggota tubuh ini digunakan  untuk segala aktivitas. Mulai dari memegang, mengelap, menyuap, sampai membersihkan kotoran. Hal ini membuat tangan  berisiko menjadi perantara  penularan berbagai  penyakit.

 Penyakit yang mungkin ditularkan tangan mulai dari yang ringan seperti  penyakit kulit dan diare  sampai yang berbahaya seperti covid 19.

Apa manfaat mencuci tangan untuk pencegahan penyakit menular

Penyakit menular  adalah gangguan yang disebabkan oleh organism,seperti bakteri,virus,jamur atau parasit. Penyakit ini dapat ditularkan dari orang ke orang, dari hewan ke manusia atau dari makanan dan air yang terkontaminasi  bakteri,virus,jamur atau parasit

Besti  tentu masih ingat kalau  bakteri,virus,jamur atau parasit  penyebab penyakit  adalah mahluk tak kasat mata. Ukuran mikroba ini begitu kecil sehingga tidak bisa dilihat mata telanjang.

Jadi walau tangan terlihat bersih tanpa noda, bukan berarti bebas  dari mikroba penyebab penyakit. Karena itu mencuci tangan yang baik dan benar menjadi point penting dalam pencegahan dan pengendalian penyakit menular.

Nah sehubungan dengan melonjaknya angka masyarakat yang terinfeksi penyakit menular DPRD Provinsi Sumatera Selatan  menyetujui, Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Selatan Nomor 1 Tahun 2021 tentang peningkatan disiplin dan penegakan  hukum dalam  pencegahan dan pengendalian penyakit menular.

Pencegahan dan Pengendalian Wabah Penyakit Menular adalah segala bentuk upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah, dan/atau masyarakat untuk menghindari atau mengurangi risiko, masalah, dan menanggulangi dampak buruk akibat Wabah Penyakit Menular untuk melindungi masyarakat dari penularan Wabah Penyakit Menular, serta untuk mengurangi dampak sosial dan ekonomi akibat Wabah Penyakit Menular

Salah satu pasal dalam Perda yang diprakarsai DPRD Sumsel  itu mewajibkan masyarakat mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun atau pembersih tangan hand sanitizer disemua area public di Sumatera Selatan.

Kapan kita harus mencuci tangan

Direkomendasikan untuk mencuci tangan  sebelum atau sesudah melakukan  suatu aktivitas  seperti :

  • Sebelum  memasak
  • Sebelum makan
  • Sebelum  menggendong/ merawat  anak
  • Setelah  melakukan aktivitas di luar rumah
  • Setelah bersin atau batuk
  • Setelah  buang air besar/kecil
  • Setelah aktivitas membersihkan

Bagaimana  cara mencuci tangan yang benar

Disarankan untuk mencuci tangan dengan sabun  dan air mengalir selama 60 detik dengan  jurus Tepuk Selaci  Putput

Tepuk

Ratakan sabun dengan kedua telapak tangan kemudian gosok punggung tangan

Selaci

Gosok sela-sela jari dan jari bagian dalam. Gengam  dan gosok telapak dengan posisi jari-jari  saling mengait .Lanjutkan dengan  bergantian membersihkan ibu jari dengan gerakan memutar diantara telunjuk. dan ibu jari.

Putput

Gosok ujung jari dengan gerakan memutar pada telapak tangan,lakukan secara bergantian. Bilas tangan bersihkan dari sabun dan keringkan

langkah mencuci tangan yang benar
Langkah-langkah mencuci tangan yang benar

Kita sudah merasakan bahwa pencegahan dan penggendalian wabah penyakit menular memerlukan peran aktif seluruh lapisan masyarakat. Selain upaya  medis dan vaksinasi yang dilakukan pemerintah  peran aktif masyarakat amat diperlukan.

Partisipasi kecil yang berhubungan dengan kebersihan diri seperti  mencuci tangan dengan baik dan benar  ternyata berdampak besar bagi pencegahan dan pengendalian penyakit menular  dalam masyarakat. Tetap patuhi Protokol kesehatan  ya gaes, semoga Indonesia segera bangkit. 

Tags :

bm
Created by: Donasaurus

Feel free to connect with me on social media or leave me a comment lways be super happy to have a little chat about your ideas and opinions Love Dona

18 Comments

Hal2 semacam ini penting utk dilakukan secara istiqomah.
Baguuss bgt dan semoga menginspirasi banyak pihak yaa..

Reply

lucu banget namanya tepuk selaci putput. Bikin belajar cuci tangan jadi lebih mudah diingat dan menyenangkan

Reply

Benar mbak, saya juga paling cerewet ke anak soal cuci tangan, terutama kalau habis dari luar rumah. Begitu masuk wajib cuci tangan. Apalagi anak2 ya, masih suka lupa, jadi butuh kreatifitas agar mereka terbiasa. Dengan tepuk selaci putput, anak2 pasti jadi lebih tertarik.

Reply

Sejak pandemi dulu duh yang namanya agenda cuci tangan selalu menjadi nomor satu, agak kesini tentunya harus rajin cuci tangan. Ya, meskipun cukup cuci tangan tanpa tepuk selaci putput, Mbak. Biasanya kalau habis pergi dari luar, anak-anak ataupun saya mandi sekalian saja

Reply

Saya belakangan ini semenjak pandemi cuci tangan jadi terbiasa dan rajin, kebawa sampai sekarang abis pegang apa saja langsung cuci tangan, tapi jadi habit baik sih

Reply

Tangan menjadi gerbang pertahanan pertama dari serangan penyakit menular ya mbak
Kalau tangan terjaga kebersihannya, maka penyakit g akan masuk ke tubuh

Reply

Ini hal penting yang harus selalu di edukasi kepada siapapun baik anak-anak, dewasa maupun orang tua. betapa menjaga kebersihan tangan sangat penting.

Reply

Ini penting banget nih. Apalagi penyakit-penyakit lagi tinggi-tingginya kan. Emang penting banget jaga kebersihan dan kesehatan. Salah satunya ya dengan cuci tangan.

Reply

Inilah salah satu hikmah pandemi terbesar ya..
Meski katanya orang Jawa sering makan pakai tangan dan kini tangan diketahui menjadi salah satu sumber transmisi para virus, maka tetap gunakan alat makan yang bersih dan kalaupun makan menggunakan tangan, hendaknya mencuci tangan sesuai dengan yang disarankan di artikel ini. Tangan bersih dan semoga virus pun byebye..

Reply

Namanya lucu ya Mbak, selaci putput hehehe. Sejak corona ada, keluarga kami pun jadi lebih sensitif dengan urusan cuci mencuci tangan ini. Terlebih lagi anak-anak, mereka sekarang lebih sadar kebersihan. Setelah memegang uang dan lain-lain misalnya, mesti wajib cuci tangan jadinya.

Reply

Betul banget nih dasar dari pencegahan penyakit menular menurutku ya cuci tangan yang benar sih

Reply

sepakat banget mbak, hal yang sederhana namun penting dan sering terlewat, tak hanya anak-anak pun orangtua.. bahkan sejak covid longgar jadi pada enggan cuci tangan sesuai SOP

Reply

cuci tangan ternyata nggak bisa sembarangan juga yaa ada caranya juga biar benar-benar hilang kumannya. kalau sekarang sih kayaknya orang-orang sudah terbiasa buat cuci tangan ya, mbak mengingat kita mengalami pandemi selama 2 tahun

Reply

Di dalam agama saya, tangan ini senantiasa dicuci setiap 5x sehari untuk ibadah. Untuk itu benar benar ada hikmahnya supaya manusia sadar bahwa kebersihan itu penting

Reply

Pandemi ini bless in disguise alias berkah terselubung gt ya mba.
Kita makin tau dan paham pentingnya jaga kesehatan dan kebersihan

Reply

Sepenting itu yaaa cuci tangan sampai bersih dan tetap menggunakan masker. Dulu-dulu tuh sering abai pada kebiasaan tersebut. Baru ketika dihadapkan pada masa pandemi, akhirnya mengerti bahwa kebiasaan tadi ya benar-benar mengurangi dampak penularan penyakit.

Reply

Sejak pandemi awal merebak 3 tahun lalu, makin tinggi intensitas cuci tangan dibandingkan dengan sebelumnya. Semoga saja kebiasaan baik ini tetap dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat agar tetap bersih dan sehat.

Reply

Saat pandemi datang, gerakan cuci tangan ini sangat masif dilakukan ya. Tapi setelah angka covid-19 melandai, gerakan baik ini mulai longgar lagi. Seharusnya kebiasaan baik cuci tangan ini terus dilakukan. Apalagi di kalangan anak, buat mereka terbiasa dan kedepannya generasi anak bangsa sudah menjadikan cuci tangan ini ritual wajib dalam keseharian mereka
Bukankah itu bagus?

Reply
Connect