Januari 19, 2023

Injeksi Endrolin Di RS Muhammad Hoesin Palembang

Pengalaman 3 Kali  Injeksi Endrolin Di RSMH Palembang

review injeksi endrolin

Bestie, artikel pengalaman injeksi endrolin ini adalah kelanjutan dari artikel pengalamanku operasi mioma dan kista.Nah, buat kamu yang terlewatkan ceritanya  mampir dong dipengalaman dona operasi mioma.

Sebelum lanjut tentang Injeksi endrolin,aku flashback dulu kenapa dokter memberi rekomendasi terapi hormon dengan  injeksi endrolin.


Jadi,dari hasil hasil pemeriksaan  Patologi (PA) pada tumor mioma dan kista disimpulkan  aku mengalami Andenomiosis Uteri dan Endometriosis Ovarium.

Ringkasnya  Endometriosis  Ovarium  adalah jaringan yang seharusnya tumbuh di dinding rahim  malah tumbuh di luar rahim. Penyebabnya adalah retrograde  menstruasi, yaitu kelainan pada proses pengeluaran darah menstruasi. 

Darah yang harusnya menuju keluar  dari rahim, jadi putar balik masuk lagi ke dalam rahim.Hal itu  menyebabkan penebalan dan iritasi pada dinding rahim. Untuk mengembalikan  sirkulasi darah  sebagimana mestinya, dokter spesialis kandungan merekomendasikan   aku terapi hormon.

Sebagai info, injeksi hormon lumayan mahal biayanya. Kisaran harga  untuk dosis sekali suntik  adalah Rp.1.500.000 – Rp.1.750.000, tergantung brand yang digunakan. 

Jadi wajar saja kalau tidak semua fasilitas kesehatan  tingkat 2 menyediakan  layanan injeksi hormon dengan tanggungan  BPJS. 

Untuk  wilayah  Sumatera Selatan misalnya,   pasien yang memerlukan terapi  endrolin akan dirujuk ke Rumah Sakit Muhammad Hoesin Palembang (RSMH).

Efek Samping Injeksi Endrolin

Info yang aku baca di blog – blog kesehatan merekomendasikan injeksi hormon, harus dimulai selama  5 hari pertama siklus menstruasi.Tapi dokter yang memberi rujukan sama sekali tidak  menyinggung soal ini.

Akupun berprasangka baik saja, mungkin dokter memberi  pengecualian mengingat  riwayat penyakit dan tindakan operasi yang sudah pernah  dijalani. 

So,empat  minggu  usai pembedahan  Laparotomi aku datang ke unit Ongkologi dan Ginekologi - Poli Obgyn RSMH  untuk mendapat injeksi hormon.

Sudah lama banget tidak berobat ke  RSMH, agak kagok juga mengikuti perubahan prosedur. Seperti pendaftaran pasien lama yang wajib ndaftar online terus juga prosedur tindakan yang lumayan ribet.

Contohnya, kupikir setelah lapor ke poli obgyn tinggal tunggu panggilan untuk diinjeksi.Ternyata tidak bestie.Pasien diberi resep lalu ambil sendiri ke unit farmasi lalu balik lagi ke poli obgyn  untuk menyerahkan obat. 

Setelah sabar menanti hampir dua jam di ruang tunggu tiba juga giliranku. Ruang pemeriksaan  tidak seberapa besar, disalah satu sudut ada kursi ginekologi  yang diberi partisi horden warna putih.

Ada 2 meja untuk dokter dan satu meja petugas administrasi(yang kemudian baru aku tahu bahwa Ibu perawat ini juga bertugas menyuntik pasien).

Seorang dokter lelaki  pertengahan 30an, menyuruhku duduk sementara  ia membaca surat rujukan.Kelar membaca,ia menjelaskan  bahwa  aku akan mendapat 3 kali injeksi  hormon tapros dengan jarak satu bulan per injeksi. 

Sambil menuliskan resep Pak dokter menjelaskan terapi hormon dapat  menyebabkan tulang belakang  kehilangan kepadatan  atau densitas  tulang. 

Jadi efek samping yang sering dirasakan adalah  sendi kaku atau tulang akan terasa ngilu. Untuk mengurangi rasa sakit pasien diberi  tablet kalsium  (kalk). Disarankan juga untuk minum susu dengan kandungan kalsium tinggi. 

Setelah menerima resep aku bergegas ke bagian farmasi  dan ……satu jam kemudian kembali ke poli obgyn   untuk disuntik. 

Nah, sampai disini aku salah paham mengenai nama obat (brand) yang digunakan. Gini loh, sejak awal dokter spesialis kandungan bilang kalau aku akan di suntik tapros. Aku heran  pas baca kotaknya kok mereknya  Endrolin ? 

Takut salah obat akupun bertanya pada petugas kesehatan di  poli obgyn . Dengan santai bu perawat menjelaskan Tapros  atau Endrolin  fungsinya sama saja. Sambil senyum ia menambahkan "yang beda  cuma harganya......"

Hadehhh ini ibarat  menyebut softek untuk semua jenis pembalut. Sekarang tapros sudah jadi nama generic obat terapi hormon.


Efek samping injeksi endrolin

Efek Samping Injeksi Endrolin Ke Satu

Karena jarak pasca tindakan operasi dan suntik endrolin yang relatif dekat (cuma  1 bulan) setelah operasi mioma. Membuat aku bingung  merasa-rasa, apakah ini reaksi pasca operasi atau efek samping injeksi endrolin ?

Misalnya nih dua minggu setelah suntik endrolin aku mulai ngerasa kram  dan pegel-pegel, eh ternyata itu  PMS - Premenstrual Syndrome.Ternyata setelah bersih haid pegel dan ngilu terus berlanjut.

Nah, puncaknya suatu pagi aku kesulitan bangun dari tempat tidur.Tulang  sendi rasa kaku dan nyeri semua.Waduhhh, sepertinya perlahan-lahan  aku mulai kehilangan densitas tulang. 

Mengikuti petunjuk dokter, aku teruskan minum tablet kalsium merek cortez  yang kemarin diresepkan. Menjelang injeksi endrolin ke dua kaku,pegal dan nyerih berlahan menghilang.

Efek Samping Injeksi Endrolin Ke Dua

Tepat satu bulan dari injeksi endrolin pertama,aku datang lagi ke RSMH untuk  injeksi ke dua. Prosedur endrolin kedua sama dengan yang pertama. Diberi resep-ngantri obat-balik lagi untuk injeksi.

Aku kembali bertemu pasien yang sama-sama injeksi endrolin bulan lalu.Seperti biasa sambil menunggu giliran kami bertukar pengalaman yang dirasakan pasca injeksi.

 Efek samping yang dirasakan pada setiap tahapan injeksi ternya berbeda-beda. Ada yang mengalami mentruasi yang panjang dan deras setelah injeksi ke dua.Sementara yang lain malah sama sekali tidak mengalami menstruasi,setelah injeksi pertama dan kedua.Tapi secara umum semua merasakan kaku, pegal dan nyeri sendi.

Satu minggu kemudian.......

Seminggu setelah injeksi endrolin ke dua aku mulai merasa pusing,mual,dan kulit dan rongga mulut terasa kering.

Kali ini efeknya beneran mengangu aktivitas sehari-hari.Akhirnya dari pada salah minum obat, aku konsultasi pada dokter di Puskesmas.

Menghindari misinformasi aku jelaskan, kalau saat ini sedang mengikuti terapi injeksi endrolin. Dokternya bilang kemungkinan besar ini adalah efek samping dari terapi hormon itu. Untuk meringankan sakit kepala dan mual ia meresepkan vitamin,tablet sakit kepala, plus obat untuk mengurangi rasa mual.

Perlahan sakit kepala dan mual berkurang dan menjelang injeksi ke 3 rasa itu hilang sama sekali. Yang tinggal hanya rasa kering di kulit dan mulut. Kulit kering ku akali dengan rajin pake body lotion.Kemudian banyak minum air putih utuk mengurasi rasa kering di rongga mulut.

Efek Samping Injeksi Endrolin ke Tiga

Akhirnya aku sampai pada injeksi endrolin ke tiga.Kali ini  ketemu dokter baru lagi yang tidak seramah dokter-dokter sebelumnya.

Bisa dibilang aku dan dokter ini sama sekali tidak berkomunikasi.Aku duduk lalu dia memberiku resep, kemudian aku keluar ruangan. Udah gitu aja,tidak ada sepatah dua patah katapun.

Kadang aku berpikir,apakah dokter-dokter muda itu tidak ingin mendapat wawasan baru tentang penyakit dan efek suatu pengobatan dengan bertanya langsung pada pasien.Ah,mungkin buku-buku referensi yang setebal-tebal bantal itu sudah dirasa cukup untuk mereka.

Setelah injeksi endrolin ke 3, ibu petugas kesehatan poli obygen memberiku Surat Kontrol Rawat Jalan untuk evaluasi bulan depan.

After 3 week........

Selain kulit dan mulut yang masih terasa kering, aku hampir tidak merasakan pusing,mual dan pegal.Menstruasiku juga teratur dan durasinya normal.

Kalau baca-baca daftar efek samping penggunaan Endrolin,aku  mengalami 3 kondisi plus 1 kondisi yang tidak ada dalam daftar.

  • Pegal dan nyeri sendi
  • Sakit kepala
  • Mual
  • Kulit dan rongga mulut kering

Hasil Evaluasi Pasca 3 Kali Injeksi Endrolin

Satu bulan setelah injeksi endrolin ke 3,berarti aku sudah mengikuti treatmen injeksi hormon ini selama 4 bulan. Penasaran juga sih gimana efek injeksi senilai 4,5 jt  pada kondisi Endometriosis  Ovarium.

Serupa tapi tak sama dengan  prosedur  injeksi endrolin  4 bulan sebelumnya. Kali ini tidak ada pengambilan obat, tapi Petugas kesehatan di poli obgyn memberi surat pengantar untuk tindakan USG ke divisi Fetomaternal. Dengan pesan nanti aku harus balik lagi poli obgyn untuk  pembacaan hasilnya.

Akhirnya dipanggil untuk mendengar pembacaan hasil USG sekitar  5 jam kemudian.  Terhitung sejak mulai ngantri  di poli obgyn sampai menunggu hasil USG.  Uwow sekali  bosennya,capeknya,keselnya. 

Kali ini ketemu dokter yang berbeda lagi dari 3 dokter sebelumya. Wusssss, gak sampe 5 menit dia cuma bilang ‘selamat bu, hasil USGnya  semua bagus’  selembar kertas dan print out hasil USG diserahkan padaku. Gitu doang…..

Tidak ada kesan dan pesan dari dokter tentang bagaiman langkah selanjutnya agar penyakitku tidak balik lagi atau apalah gitu.

Keluar dari ruang priksa, aku buru-buru  baca hasil USG itu. Meski tidak semua istilah medinya aku mengerti, tapi kesimpulanya kondisi rahimku secara umum  terlihat normal. Aku meninggalkan RSMH dengan rasa bahagia.Dalam hati aku berdoa semoga aku sehat terus sampai akhir hayatku nanti.Amin.

surat keterangan post reseksi andenomiosis kisektomi
Hasil USG  Empat bulan setelah Injeksi Endrolin

Kesimpulannya…

Bestie,efek samping yang dirasa setelah injeksi endrolin berbeda-beda.Perbedaan reaksi tubuh dan efek samping yang dirasakan setelah injeksi Endrolin mungkin dipengaruhi oleh

  • Usia

Makin tua usia maka masa tulangpun akan semkin menyusut. Hal inilah memperparah rasa nyeri,pegal,dan kaku pada sendi.

  • Mempunyai riwayat penyakit lain

Mereka yang punya riwayat penyakit lain seperti darah rendah,darah tinggi  akan merasakan efek pusing,mual,bahkan emosi yang tidak stabil selama masa terapi.

  • Tingkat stres

Keputusan ‘terpaksa’ untuk menerima tindakan injeksi  endrolin bisa saja  membuat beberapa orang stres. Tekanan perasaan bisa membuat daya tahan menurun dan rasa sakit semakin menjadi.

Injeksi Endrolin  Yay or Nay ?

Apakah aku meyarankan penderita Endometriosis  Ovarium untuk mengikuti terapi injeksi endrolin?

 Yess,aku merekomendasikan semua penderita Endometriosis  Ovarium untuk mendapatkan terapi hormon endrolin. Alasanku sederhana  pertama Endometriosis  Ovarium tidak bisa sembuh sendiri. 

Alasan ke dua Endometriosis  Ovarium menyebabkan retrograde menstruasi,rasa sakit, kemandulan dan masalah pada organ reproduksi.

Alasan terakhir  dalam jangka panjang Endometriosis  Ovarium dapat menyebabkan tumbuhnya sel kanker. 

Jadi aku merekomendasikan injeksi endrolin sebagai iktiar kita untuk mencegah penyakit yang lebih berat dimasa depan.

             Alasan mengapa injeksi Endrolin penting

Nah bestie, itu resume dari  pengalamanku 3 kali injeksi endrolin.Semoga bisa membuka  wawasan dan kalau kamu punya pengalaman atau saran seputar  Endometriosis  Ovarium dan injeksi endrolin  yuk berbagi di komen. donasaurus 2023

Tags :

bm
Created by: Donasaurus

Feel free to connect with me on social media or leave me a comment lways be super happy to have a little chat about your ideas and opinions Love Dona

26 Comments

Tulisan yang bagus banget, Kak. Jadi nambah pengetahua saya nih. Apa terapi hormon endrolin ini bisa dilakukan di semua rumah sakit? Atau rumah sakit tertentu saja ya?

Reply

Terimakasih infonya mba... Alhamdulillah pengobatannya berhasil. Sehat selalu ya...duh saya tuh bacanya sampai ngilu. Perempuan harus dirawat benar dalemannya

Reply

Ternyata memang lumayan ya mba harganya untuk sekali suntik bisa sampai 1,5 - 1,7. Berarti kalau misalkan mau injeksi ini bayar sendiri ya Mba? dengan adanya efek samping menstruasinya yang berkepanjangan atau bahkan sama sekali tidak mens apakah berpengaruh terhadap kesehatan badannya Mba?

Reply

Alhamdulillah ya, mbak walau harus sabar menjalani pengobatannya hasilnya bagus. Semoga mbak sehat selalu

Reply

Ya Allah perjuangan yang luar biasa sekali MB. Semoga Allah mudahkan urusan nya ya

Reply

Dengar kata Palembang, aku jadi ingat sudah puluhan tahun ngak ke Palembang, tepatnya sejak mama tidak ada lagi. Terima kasih infonya mbak, aku jadi tahu kalau orang yang mengalami Endrometriosis Ovarium bisa sehat kembali asal menjalani terapi yang teratur. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan...Aamiin.

Reply

Semoga lekas pulih total Mbak Dona. Aku sudah curiga lihat status di fb Mbak tentang RSMH. Ternyata mbak berobat ini. Ya Allah... Semoga Allah memberi kekuatan ya Mbak untuk terus berikhtiar lebih sehat.

Btw, kalau dengan dokter, yang harus banyak tanya kita mbak. Apa lagi dr yang 'pendiam'. Jangan ragu untuk membicarakan apa saja mengenai keluhan, kemungkinan yang terjadi ke depannya. Minta saran sebaiknya bagaimana untuk makanan dan pola hidup agar tidak kambuh lagi.

Kebanyakan kita yang harus aktif. Sayang kalau diam2an saja, sementara antri lama 🤭. Apalgi RSMH.

Reply

Dari pengalaman pake BPJS nampaknya hanya rumah sakit FasKes 3 atau setingkat Rumah sakit umum daerah yang bisa.Tapi kalo bayar sendiri mungkin di klinik juga bisa.

Reply

Pengaruhnya ke badan besar banget.Sebelum injeksi endrolin aju sempat 3 bulah mens.Hb drop dan berat badan turun 5kg.

Reply

iyo nian,dokternyo cak mahasiswa duduk numpang ngabsen bae😁

Reply

Terima kasih Mbak, jadi menambah wawasan saya. Sehat-sehat ya Mbak. Amiin Allahumma Amiin 🤲

Reply

Saya baru pertama kali baca tentang terapi endrolin ini. Ternyata ini salah satu cara penyembuhan utk endometriosis ovarium ya. Menyimak cara penanganannya, memang bermacam-macam ya perangai dokter hehehe. Kadang ada yang mau menjelaskan dengan ramah, tapi ada juga yang hanya merasa menjalankan tugas. Walau begitu Alhamdulillah selesai ya Mbak pengobatannya.

Reply

Aku baru tahu tentang endrolin dari artikel Mbak Dona. Semoga sehat selalu ya Mbak. Terimakasih sharingnya karena artikel ini bagus untuk dibaca wanita.

Reply

Saya dulu pernah kena atau ngalamin endometriosis juga Mba Dona. Rasanya sakit banget pas mau datang Bulan. Setelah itu saya hamil hanya saja keguguran dan akhirnya dikuret. Mudah-mudahan setelah ini Mba Dona sehat selalu ya

Reply

Semoga sehat selalu ya kak
alhamdulillah sudah melewati masa-masa yang tidak menyenangkan
terima kasih sharingnya, sangat bermanfaat bagi wanita, saya awam tentang ini soalnya

Reply

Mba, apakah tidak bisa memilih dokter yg sama? Maksudnya cari jadwal dokter 1 orang aja dtg dijadwal dokter tsb terus. Krn saya baca kok dokternya beda2 trs ya? Hehe kepo aja sih. Semoga selalu sehat ya

Reply

Mungkin bisa,masalahnya piket dokter di poli mungkin dijadwalin per hari.sementara injeksiku ngak bisa nentuin hari yang sama karena harus ngepasin 30 hari.

Reply

yuk main k Palembang kita meetup di jembatan ampera

Reply

terimakasih doanya semoga selalu sehat

Reply

iya kalo ketemu dokter pendiem pasienya jadi bingung ya

Reply

amin terimakasih doanya

Reply

coba konsultasi ke dokter lagi,mungkin ada miom atau kistanya

Reply

semoga bermanfaat infonya kak

Reply
Connect