April 08, 2023

Dampak kelahiran caesar pada kesehatan anak

Mengulik Imunitas Anak Yang Lahir Caesar

anak-ibu-mother-parenting

‘Anak yang lahir melalui operasi caesar atau yang secara umum disebut sesar  rentan mengalami ganguan saluran pencernaan dan mudah alergi’ penjelasan  Dr.dr Ariani  Dewi  Widodo SPA (K) membuat aku teringat  kepanikan  beberapa tahun lalu

Bangun tidur  aku panik melihat  ruam merah  di wajah dan kulit Ananda. Kupikir  itu bekas gigitan semut  tapi setelah diolesin minyak kayu putih ruamnya tak juga hilang malah menyebar ke seluruh tubuh.Singkat cerita emak mulai galau dan langsung tancap gas menuju Puskesmas terdekat.

Usai pemeriksaa dokter menjelaskan kemungkinan Ananda alergi makanan.Sebagai emak  pemula aku sempat bertanya, Ananda belum makan apa-apa cuma  mimik ASI doang kok bisa alergi makanan?

Dokter  yang kutemui di Puskesmas  ngejelasin,salah satu komponen pembuatan ASI adalah makanan yang diasup ibu. Walau tidak berdampak  alegi pada ibu tapi  karena sistem pencernaan imun anak masih lemah  membuatnya alergi jenis makanan  tertentu yang kebetulan dimakan ibunya.

Nah,karena Ananda lahir melalui operasi sesar maka risiko kena alerginya jauh lebih tinggi dibanding anak yang lahirnya  Pervaginam (melalui vagina ). Lantaran  panik saat itu aku gagal paham apa hubungannya kelahiran caesar dengan alergi?

bicara gizi-danone-dokter-ray

Walah ternyata aku tidak sendiri, Dr. dr. Ray Wagiu  Basrowi, MKK Medical and Scientific Affairs Director Danone Indonesia menyampaikan hasil survey  ternyata 81%  Ibu tidak tau anak yang lahir caesar memiliki perbedaan mikrobiota saluran cerna dengan anak lahir normal.Dan 87% Ibu tidak tau bahwa kelahiran caesar dapat menyebabkan  ketidak  seimbangan bakteri baik di saluran cerna yang berpengaruh pada sistem imun anak.

Setelah mendengar  pakar-pakar  Bicara Gizi pas di webinar  Kunci  Kesehatan Jangka Panjang Anak Lahir Caesar yang digelar Danone Specialized Nutrition Indonesia (5/4/2023 )  baru deh aku mendapatkan pencerahan.

Salah satu risiko kesehatan yang dialami anak kelahiran caesar  adalah ketidak seimbangan mikroorganisme  di dalam ususnya. Ketidak seimbangan atau yang dikenal dengan disbiosis usus terjadi karena jumlah bakteri buruk lebih banyak dari bakteri baik

Jadi gini, anak yang lahir  pervaginam secara alami  akan terpapar mikrobiota yang berada saluran keluar  atau jalan lahir di vagina Ibunya. Mikrobiota  yang secara awam dikenal sebagai bakteri baik  tadi langsung membentuk koloni di dalam saluran cerna anak. Bakteri baik ini berperan penting  dalam  pembentukan sistem imunitas.

Sementara anak  kelahiran caesar – sesar tidak sempat terpapar mikrobiota di jalan lahir.Bakteri yang pertama kontak dengan anak yang lahir sesar adalah mikrobiota yang berada di permukaan kulit ibu dan petugas kesehatan yang membantu persalinan.

dr ariani spa

Dokter Ariani menambahkan  biasanya mikrobiota yang lengket di kulit lebih banyak bakteri buruk dari bakteri baiknya.Dominasi bakteri buruk dalam saluran cerna membuat saluran pencernaan tidak berfungsi sebagaimana harusnya.

Selain menyebabkan alergi dalam jangka panjang disbiosis pada saluran cerna juga dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak kelahiran caesar.

Bagaimana Memperkuat Imunitas Anak kelahiran Caesar 

Setelah mengetahui duduk perkara mengapa penting menjaga kesehatan saluran cerna anak yang kelahiran caesar,misi selanjutnya  bagaimana cara memperkuat sistem imun anak kelahiran caesar.

Dokter Ariani menegaskan salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan imunitasanak  anak kelahiran caesar adalah dengan asupan nutrisi yang tepat. Mereka  memerlukan asupan probiotik dan prebiotik untuk menyeimbangkan jumlah bakteri baik dan tidak baik dalam saluran cerna.

Air susu ibu( ASI)  adalah cara terbaik untuk menyeimbangkan profil mikrobiota. ASI mengandung semua yang dibutuhkan anak, termasuk zat gizi makro (karbohidrat, lemak, protein) maupun zat gizi mikro (vitamin, mineral).

Selain itu ASI juga mengandung sinbiotik merupakan antara prebiotik dan probiotik yang membentuk sistem imun dengan mendukung interaksi antara sistem imun dengan bakteri saluran cerna.

Saat anak kelahiran caesar sudah melewati umur 6 bulan,prebiotik dan probiotik dapat disisipkan dalam jumlah sewajarnya sebagai Makanan Pendamping ASI.

Nah,beruntung banget karena makanan dan minuman yang mengandung prebiotik dan probiotik relative mudah didapat di Indonesia.

parenting bicara gizi

Sumber Makanan Yang Baik Untuk Saluran Cerna Anak Kelahiran Caesar

Masih ingetkan ya,Probiotik adalah bakteri aktif yang terdapat dalam bahan makanan yang difermentasi. Sementara Prebiotik adalah zat yang terkandung dalam makanan yang tidak bisa dicerna  di dalam usus.Guna prebiotik sebagai makanan untuk merangsang perkembangan bakteri probiotik.

Dari difinisi probiotik tadi kamu pasti sudah bisa mengira-ngira  apa saja yang bisa jadi sumber bakteri baik yang bermanfaat untuk kesehatan saluran cerna anak kelahiran caesar.

Tempe

Tempe sumber probiotik yang baik untuk saluran cerna. Selain mudah didapat tempe juga dapat diolah menjadi berbagai hidangan yang disukai anak-anak.

Kimchi

Kimchi permentasi sayuran yang populer di Korea inipun sangat baik untuk konsumsi karena kaya probiotik.

Yoghurt

Susu yang sudah melalui proses fermentasi ini sudah lama dikenal sebagai sumber probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Nah sekarang bestie  gak perlu khawatir lagi tentang  apa yang harus dilakukan  untuk menjaga dan meningkatkan imunias anak-anak yang lahir melalui operasi caesar.

komunitas teman bumil

Kalau masih ada yang menganjal di hati,bestie bisa gabung di Komunitas Teman Bumil yang diinisiasi Danone Specialized Nutrition Indonesia.

Komunitas online ini ada aplikasinya juga loh,yang bisa diunduh geratis di google playstore.Kamu bisa sharing pengalaman ataupun pertanyaan seputar kehamilan,ASI dan tumbuh kembang anak. Yuk,bergabung bersama moms lainya untuk mendukung tumbuh kembang anak-anak Indonesia.donasaurus.com

Tags :

bm
Created by: Donasaurus

Feel free to connect with me on social media or leave me a comment lways be super happy to have a little chat about your ideas and opinions Love Dona

26 Comments

Keponakan saya yang lahir secara caesar juga sempat alergi susu sapi saat usia awal. Sudah berobat ke banyak dokter, belum sembuh juga. Akhirnya, ada satu doker bilang kalau usia 5 tahun nanti alerginya akan netral sendiri. Ternyata benar. Sekarang dia sudah 7 tahun dan nggak pernah lagi alergi.

Reply

Keponakan saya yang lahir secara caesar juga sempat alergi susu sapi saat usia awal. Sudah berobat ke banyak dokter, belum sembuh juga. Akhirnya, ada satu doker bilang kalau usia 5 tahun nanti alerginya akan netral sendiri. Ternyata benar. Sekarang dia sudah 7 tahun dan nggak pernah lagi alergi.

Reply

Ooh .. jadi .. kelahiran caesar dapat menyebabkan ketakseimbangan bakteri baik di saluran cerna yang berpengaruh pada sistem imun anak ... kalau tidak diantisipasi bisa besar pengaruhnya ya. Bayangkan, mimik ASI saja bisa pengaruh secara tidak langsung terhadap asupan makanan ibunya.

Inilah pentingnya berkomunitas untuk selalu belajar ya. Kalau hanya dengan lingkungan rumah, kita kebanyakan dapat mitos gak boleh begini/begitu yang gak jelas alasannya.

Reply

Wah ternyata kelahiran caesar berdampak pada kesehatan anak, sehingga penting untuk menjaga dan meningkatkan imunitas anak-anak yang lahir melalui operasi caesar ini

Reply

Wah, kalau gitu harus benar2 diskusi sampai tuntas ttg segala hal sama dokternya kalau memang kondisi Ibu harus Op caesar ya Mba, supaya bisa dipersiapkan solusinya termasuk untuk meningkatkan imunitas anak.

Reply

Nah iya mbak, anak kedua saya lahir Caesar, pas lahir udah langsung dikasih apa gitu sama dokter anaknya buat kesehatan saluran pencernaan katanya. Harus dikonsumsi rutin selama beberapa waktu. Sempat gak aku kasih karena kan maunya asi ekslusif, pas tau manfaatnya baru aku kasih sesuai resep dokter.

Reply

saya juga pernah mendengar tentang ini terkait bakteri yang tidak didapat oleh bayi yang lahir cesar. tentunya sebagai ibu kita harus aware tentang hal ini ya dan memperhatikan setiap reaksi yang terjadi pada anak setelah mengkonsumsi sesuatu

Reply

Alhamdulilah sudah gak alergian lagi,semoga imunitasnya bertambah kuat ya kak

Reply

Bener banget kak,kalo dipikir-pikir ilmu parenting ibu-ibu kebanyakan dapetnya dari cerita mulut ke mulut yang berdasarkan pengalaman pribadi sedangkan beda anak beda juga sebab sakitnya kan

Reply

Bener banget ,akupun baru ngerti setelah ikutan webinar Bicara Gizi kemarin

Reply

Betul banget,setidaknya kita sudah bisa mempersiapkan diri juga anak sejak dalam kandungan untuk mengurangi dampak operasi sesar bagi kesehatanya

Reply

Alhamdulilah itu ketemu dokter yang baik gitu,semoga ananda selalu sehat ya kak

Reply

Setuju banget,karena beda anak beda kondisi imunitasnya jadi kita harus teliti memperhatikan asupan makanan dan minuman mereka

Reply

Wah, ternyata kelahiran caesar juga berpengaruh terhadap kondisi kesehatan anak ya mbak
Jadi harus lebih memperhatikan asupan nutrisi ya

Reply

segala sesuatu memang selalu ada dampaknya ya kak, termasuk kelahiran secara caesar ini, tapi pasti ada juga solusi untuk menangani atau mencegahnya, semoga semua bayi yang dilahirkan secara caesar dalam keadaan sehat semuanya

Reply

edukasi semacam ini harus selalu dilakukan ya.
supaya parents paham serba serbi caesar ini

Reply

Rasanya saya pernah dapat info ini, tapi baru paham secara lengkapnya setelah baca tulisan Mbak. Alhamdulillah anak walaupun sesar tapi ternyata tidak ada kendala medis yang berarti. ASI ternyata berpengaruh sekali ya untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh bayi juga.

Reply

Aku baru tau nih ternyata caesar mempengaruhi kesehatan cerna bayi, mesti banyak nambah wawsan nih biar kalau punya anak nanti bisa diterapin

Reply

Wow pengalaman yang berharga sekali dan mau berbagi . Jadi sangat penting meningkatkan daya tahan anak

Reply

sebagai ortu harus paham ttg hal ini ya.
jangan abai.
karena demi tumbuh kembang anak

Reply

Anakku mba lahir secara Caesar dan BBLR juga kata dokternya memang harus dapat ASI pertama buat imunitasnya.

Reply

Jadi was was cuma mau gimana lagi anak tiga SC semua
Soalnya memang kondisi kesehatan anak pertama waktu itu ga bisa normal
Perlu semangat belajar lagi

Reply

MashaAllah~
Ternyata ada penelitian mendetil mengenai bedanya kelahiran caesar dan pervaginum sehingga ada solusi yang tepat agar anak lahir cesar tetap mendapatkan tingkat imunitas dan kesehatan yang sama.

Reply

Aku lahiran caesar dan kedua anakku emang punya bakat alergi. Dikit-dikit alergi. Ditambah lagi, bapaknya juga banyak pantangannya. Jadi, ya gitu deh

Si kakak aku kasih full ASI buat ngurangi alergi ini. Setelah sapih, kombo vit D3 sama probiotik aku pakai buat perbaikan sistem imunnya. Alhamdulillah, makin gedhe makin jarang alergi.

Reply

Ternyata ngaruh juga ya jenis proses persalinan dengan daya tahan anak pada bakteri. No worry lagi untuk para mama yang melahirkan via SC, ada solusi untuk menjaga kondisi pencernaan anak.

Reply

Masya Allah, takjub saya dengan keilmuan ini. Inilah pentingnya berkomunitas dan membaca, jd banyak pengetahuan. Baru tau saya klo metode lahiran berpengaruh oada saluran cerna anak. Secara awam kelihatannya sama saja yg lahir normal maupun cesar.

Semoga anak2 kita sehat selalu ya mbak

Reply
Connect