Senin, 21 Oktober 2019

Tips Memilih Kado


Tips Memilih Kado

Tradisi memberi hadiah atau kado, sudah jadi budaya dunia. Event ulang tahun, perkawinan, melahirkan, naik kelas  de el el adalah moment  kado. Apalagi menjelang akhir tahun begini, kado natal dan tahun baru sudah diangan-angan.
----------------------------
Aku punya cerita, soal kado pernikahan.Temenku yang hobi baca kasih kado perkawinan  berupa  buku tips seputar perkawinan, sama temen kita yang enggak suka baca.

Beberapa tahun setelah  kado diberikan,  dia cerita buku pemberianya  itu masih rapi terbungkus plastik. Alias gak pernah dibuka, apalagi dibaca sama penerima.
Hadiah akhirnya jadi mubazir saja, karena dibeli menurut selera pemberi bukan penerima.

Beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan, sebelum membeli kado. Biar bermanfaat untuk penerima dan aman dikantong pemberi -  jia ha ha ha.

 Listing 
Incause kamu akan memberi kado pada banyak  orang, membuat daftar ini penting banget.
Tulis list dengan skala prioritas,urutkan sesuai dengan kebutuhanya. Diriku menyarankan yang dirasa  paling butuh, tempatkan dinomor satu.

Tips Memilih Kado

Daftar nama ini  juga memudahkan, untuk mengatur  budget dan menyeleksi barang yang akan dibeli. Buatlah list seawal mungkin agar punya banyak waktu, untuk cek and recek

 Budget 
Siapa yang sering kali terbawa emosi, membeli sesuatu diluar batas kemampuan? 
Untuk amannya tetapkan berapa total dana, yang akan kamu keluarkan. Kuatkan mental, untuk bertahan pada angka itu.

 Kebutuhan atau Hobi 
Hadiah yang diberikan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.Tentu saja kebutuhan tiap orang itu berbeda.

Misal nih anak sekolah atau mahasiswa selalu butuh, buku tulis, pinsil dan pena. Kalau mau yang agak mahal dikit bisa beli tas , sepatu, buku kumpulan soal atau buku – buku refrensi.

Gimana kalo kado pernikahan?
Meskipun sekarang hampir ditiap undangan ada keterangan” mohon tidak memberi hadiah berupa barang atau karangan bunga”  tradisi memberi kado perkawinan tetap saja ada.
Alat rumah tangga yang  biasanya jadi favorit sebagai kado perkawinan
  • Peralatan makan
  • Peralatan masak
  • Magic Com
  • Dispenser
  • Kompor gas
  • Bed Cover
Tips Memilih Kado
 Hobi 
Hobi adalah kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang. kata Hobi merupakan sebuah kata serapan dari Bahasa  Inggris "Hobby"
Hadiah berdasarkan hobi lebih luas dan banyak alternatifnya.
  • Alat pancing
  • Alat sulam
  • Alat masak
  • Alat olahraga
  • Alat lukis
  • Alat Musik
  • Alat gambar/mewarnai
Tips Memilih Kado

Wait a minutes  zaman sekarang kado itu, tak harus beruba benda.
Hadiah berupa voucer belanja, kursus masak,kursus vocal atau tiket p/p ke Bali bisa juga jadi pilihan.
Untuk yang sering ketemu, biasanya kita sudah bisa menebak apa yang dibutuhkan. Bagaimana kalau jauh?
Jangan sungkan untuk bertanya, pada  orang disekitar mereka apa yang sekarang sedang dibutuhkan.Bisa chat dulu dengan orangtua atau saudara – saudaranya.


Tips memilih kado

 Seleksi dan Koleksi 
Luangkan waktu  browsing membandingkan harga dan baca review. Terutama untuk  benda – benda yang spesial, baik karena harga mahal atau jarang dijual.
Setelah proses seleksi,kamu sudah mulai bisa mengoleksi. Lebih santai kalau belanjanya sudah dicicil jauh- jauh hari.
Rajin – rajinlan berkunjung ke lapak penjualan online. Siapa tahu ada flash sale barang yang jadi target kita.

Tips Memilih Kado

 Pengiriman 
Bagian yang enggak kalah pentingnya dari memilih kado, adalah bagaimana deliverynya.
Kita ngobrolin soal kado yang harus dikirimkan, melalui jasa / kurir pengiriman barang.
Peak season pengiriman barang di Indonesia adalah saat Ramadan,Natal dan Tahun baru.

Paket yang dikirim sudah mepet waktu libur atau cuti bersama,biasanya harus menunggu sampai kantor kurir beroprasi lagi.Berarti paket kita akan tiba beberapa hari, setelah moment hari besar itu. 


Trik memangkas Ongkos Kirim  Baca disini yak

Kita harus memilih jasa pengiriman barang, yang bisa diandalkan tiba tepat waktu. Gunakan jasa pengiriman ,yang beroprasi sepanjang tahun.

Tips Memilih Kado
Enggak cuma itu  lokasi pengiriman dan pengambilan paket, juga harus mudah dijangkau. Jadi kamu enggak perlu khawatir telat ngirim, atau telat ngambil paket.

Akutuh mau cerita pengalaman berkirim paket dengan Alfatrex. Awalnya tertarik mengunakan jasa pengiriman Alfatrex, karena Pengiriman paket bisa dilakukan melalui  Alfamart, Alfamidi dan Dan+Dan yang tersebar diseluruh nusantara. Aih mudah dong sekarang tiap jalan 10 menit pasti nemu satu Toko Alfamart.

Untuk mengunakan service alfatrex, terlebih dahulu kamu instal aplikasi Alfatrex  atau langsung klik  alfatrex.id

Tips Memilih Kado

Pada halaman pertama  kita bisa cek tarif dulu atau klik “kirim sekarang” apabila ingin langsung melakukan pengiriman.

 Isi Data Pengirim Dan Penerima 
Pada kolom ini yang perlu diperhatikan adalah toko tujuan,kalau kamu memilih service pengambilan barang di toko. Kamu harus cari info dulu , nama atau ID toko Alfamart tersebut.

Tips Memilih Kado

Sebagai info setiap toko Alfamart, Afamidi atau Dan+Dan itu, punya  nama ID sendiri. Penting banget  ID ini, karena dalam satu wilayah  bisa ada belasan toko Alfamart.

Kamu bisa tanya sama karyawan di Alfamart atau bisa langsung  hubungi 

customer service Alfatrex 1500860

Atau jukan pertanyaanmu ke cs@alfadigital.id 

Tips Memilih Kado

 Data Barang Kiriman 
Siapkan catatan mengengai berat, tinggi dan lebar paket. Ada SOP berat dan besar barang yang bisa dikirim lewat toko.
  • Max 20 kg/paket
  • Dimensi salah satu sisinya max 100 cm atau tidak melebihi penghitungan 0,05 mɜ
Produk  Dan Service Alfatrex

Tips Memilih Kado

Ada beberapa  produk dan layanan Alfatrex, lengkapnya bisa baca disini.
Kali ini karena tidak begitu urgent, aku pilih layanan reguler dalam kota dengan estimasi sampai barang 2-3 hari.

 Kode Booking 
Tips Memilih Kado
Setelah data diri, data penerima,data paket dan layanan diisi, aku dapet kode booking.
Kode booking bisa ditempel pada paket, atau dicatat untuk  diberikan pada kasir di Alfamart.

 Metode Pembayaran 
Saat ini untuk pelanggan non corporate pembayaran dilakukan secara tunai dikasir Alfamart, Alfamidi  dan Dan+Dan.

Jadi setelah dapet kode booking, aku bawa langsung paket ke Alfamart. Tunjukin nomernya sama kasirdan bayar seperti kita belanja biasa gitu.



 Keuntungan  Menggunakan Aplikasi Alfatrex 
  • Pengisian form bisa dilakukan dari rumah
  • Cek tarif mudah
  • Lebih praktis apabila akan mengrim paket kebeberapa alamat sekaligus
  • Transaksi dikasir cepat
  • layanan Konsumen yang responship 
  • Mudah mengikuti perjalanan paket 
  • Estimasi tibanya paket juga tepat, jadi kita enggak kehilangan moment istimewa 
Dari mengisi sampai form di alfatrex.id sampai membayar ongkir di toko Alfamart berjalan lancar dan santai banget. 

Kirim – kirim kado tahun ini, kamu bisa mengandalkan Alfatrex.Karena  Alfatrex  mudah dicapai, ongkir terjangkau, aplikasinya mudah dimengerti dan pelayananya menyenangkan hati. ***donasaurus

46 komentar:

  1. Wah, makin keren saja ya alfamart. Jadi kirim kado bisa lebih mudah. apalagi yang enaknya alfamart sekrang kan ada dimana-mana bahkan desa sekalipun. jadi jangkauannya luas.

    BalasHapus
  2. Aku kalau kado pernikahan sekarang ngasihnya kadang voucher sekalian, atau seprei gitu. Pasti dipakai soalnya. hahaha

    BalasHapus
  3. Zaman sekarang semakin mudah ya mba dona, jadinya saya bisa belanja sambil kirim barang di 1 tempat aja. Tinggal datang ke alfamart belanja dan kirim barang pake alfatrex

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup biar gak repot kesana kemari di Alfamart semua bisa

      Hapus
  4. Wah Alfamart semakin melebarkan sayap ya mbaak,
    Btw soal hadiah bener banget tuh, baiknya kita tanya apa yg sedang dibutuhkan atau kasih duit aja kalau kawinan 😁 biar gak kebuang gitu hehe

    BalasHapus
  5. Wah enak ya mbak kirim jasa pake alfatrex...
    Jadi memudahkan dan membuat kirim2 jadi lebih mudah..

    BalasHapus
  6. Baru tahu ada layanan ini. Memudahkan sekali ya ini. Bisa belanja sekalian kirim barang juga. Terima kasih informasinya

    BalasHapus
  7. Serius ini alfamart?? Keren banget ini sumpah deh jd kita gk perlu repot2 kesana kemari

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar Alfamart yang bisa ditemukan tiap jalan 10 menit itu

      Hapus
  8. pengiriman alfatrax bisa lancar sampe ke pelosok ya mba.
    secara minimart nya alfa grup memang sudah tersebar hingga ke pelosok.

    BalasHapus
  9. Kalau saya biasanya memberi kado pada orang-orang terdekat, biasanya saya pilih sesuai kebutuhan mereka, Mbak Dona. Sedangkan kalau untuk orang yang tidak terlalu akrab, saya beri barang yang memang dibutuhkan dalam aktivitasnya. Misalnya saya kasih handuk hahaha.

    Dan sekarang enak ya, Mbak. Pengiriman bisa cepat dan mudah lewat Alfatrex. Apalagi pengiriman lewat Alfamart yang sudah menyebar dan ada di mana-mana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup handuk itu ide bagus,pasti semua butuh handuk

      Hapus
  10. Woh aku belum nyobain kirim paket gunain alfatrex mbak,
    Kado pernikahan di kasih pocher nginep gitu, atau peralatan rumah tangga yg dibutuhkan mah asyik sih ya. Ehhh ya balik ke kebutuhan wkwkkw

    BalasHapus
  11. Pengen coba Alfatrax juga untuk pengiriman barang jualan ku. Belum pernah coba soalnya. Makasi infonya ya.

    BalasHapus
  12. Aku kalau mau kasih kado biasanya.nanya dulu. Apalagi kalau teman dekat, nanya kebutuhannya apa. Dan pas aku nikah kadoku kebanyakan hasil request, jadi gak banyak yg dobel dobel.

    BalasHapus
  13. Kalau dalam agama ita diajarin supaya tuker kado supaya saling kenal dan ma,in sayang hehe :D
    Manteb nih skrng kalau kirim2 tinggal ke Alfa aja ya mbak pakai ALfatrex apalagi ALfa ada di mana2 bisa menjangkau banyak tempat.

    BalasHapus
  14. Sudah lama saya tidak ke Alfamart jadi kudet dengan layanan barunya. Keren juga ada kemudahan dalam pengiriman secara operasional bisa kapan saja kita kirimkan meski pada hari libur.
    Saya belum pernah terima paket lewat Alfatrex. Dari paparan Mbak Dona terasa mudah karena ada aplikasinya atau lewat web. Jadi kalau misalnya kita harus segera kirim paket sedang ingin cara santai serta tahu harganya, tinggal pakai Alfatrex, ya.

    BalasHapus
  15. Aku juga suka kasih kado berupa voucher. Krn lebih aman sih hehe. Takutnya klo dikasih barang, tidak sesuai, malah mubazir. Klo dikasih voucher, bisa pilih sendiri, sesuai dengan yang disukai dan pasti terpakai

    BalasHapus
  16. Mbak, kalau kado mentahnya saja boleh enggak..:D
    Tapi memang ya, saya pernah punya pengalaman, bagi ke tetangga buku antologi saya. Itu buku masuk Gramedia dan best seller lho saya bagi gratis ke mereka kiri kanan, depan. Diantara 6 rumah, yang saya tahu baca cuma 1 orang yang lain mungkin dibuang,. Sejak saat itu saya makin mikir kalau mikir kado. Kalau mereka beneran hobi baca saya ikhlas kasih. Kalau jauh lagi bisa kirim pakai Alfatrex ini kan...Praktis dan ekonomis:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup sesuaikan dengan hobi penerima.Lebih baik kirim bukunya ke yang hobi baca,saya misalnya 🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
  17. alfatrek ya, yang kabarnya bisa lebih memudahkan untuk melakukan pengiriman barang atau kado ke sahabat dan kerabat ya. bisa seklian belaja kebutuhan juga kan, karena adanya di alfamart

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup bener banget Kang Ilham one stop service

      Hapus
  18. Kantor pengiriman barang di sebelah rumah, kalau gini ceritanya. Karena Alfamart kn tersebar di mana-mana, ya. Kira-kira... bisa nggak sih, belanja kebutuhan di sana, lalu dikirimkan ke alamat seseorang. Kan asyik banget ya kalau bisa gitu. Jadi emak yang anaknya merantau bisa beliin kebutuhan anak di kotanya tuk dikirim ke kota si anak tinggal.
    BTW, saya pengen diberi kado mesin jahit, kalau ada yang berencana memberikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga ada pembaca yang mau give away mesin kahit untuk Mbak susi

      Hapus
  19. Baru aja saya kirim paket kado untuk kelurga. Kalau tau Alfatrex waah pasti saya pakai jasa Alfatrex aja buat kirim2 kadonya.

    Tapi, ini aman gak mbak kl semisal berkirim paket yang berbahan kaca gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada SOP barang yang bisa dikirim bisa lihat di alfatrex.id atau e-mail CSnya ya mbak

      Hapus
  20. Pas bulan puasa kemarin aku sudah coba alfatrex ini, belanja di alfamart terus kirim ke temen daerah Banten sana, ternyata sampainya cepet, udah gitu dibungkus lagi pakai kardus bingkisannya

    BalasHapus
  21. Mudah banget ya ada aplikasi Alfa trex ini ya Mbak. Persoalan kirim² kado udah selesai. Thanks yaa tips milih kadonya

    BalasHapus
  22. Ku paling bingung sih, ketika ada temen atau pacar ultah gitu. Kepikirannya langsung ke : ngasih kado apa ya?

    Sampai akhirnya, ngga ngasih apa-apa selain doa gwgw :D

    BalasHapus
  23. Keren yaa Alfatrex ini. Bikin urusan kirim kirim paket jadi lebih mudah. Kapan-kapan saya pengen cobain ah~

    BalasHapus
  24. Saya klo ngasih kado ke teman sesuai kebutuhan si penerima seh, eh tapi liat juga baged sayanya hehehe.. Dan wow nya alfatrex bisa memudahkan saya memberikan kado yac

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup sesuaikan kebutuhan dengan kemampuan kita memberi

      Hapus
  25. Sudah coba pakai Alfatrex, mudah dan murah. Ditambah gerai Alfamart dekat rumah lagi. 😁

    BalasHapus
  26. Wah, ternyata makin kompleks layanan yang diberikan alfamart ya mbak, pengin coba next time buat kirim kado juga hehehe

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir