-->

Sabtu, 17 April 2021

Tips Memilih Coklat Bubuk

Menjelang lebaran gini, biasanya emak – emak pada sibuk . Mulai nyiapin bahan, untuk bikin kue lebaran. Ngomong-ngomong soal coklat, kami sekeluarga fans berat, kue - kue rasa coklat.
donasaurus.com
Nah, untuk keperluan bahan kue, biasanya aku  ngeborong  berbagai  jenis coklat. Sebab satu resep, bisa menggunakan dua, sampai tiga jenis coklat. Karena itu diriku selalu  nyetok, aneka jenis coklat, terutama  coklat bubuk.

 Eh, kebetulan ngobrolin soal coklat bubuk. Tau enggak,ternyata coklat bubuk,ada beberapa jenis.  Ada coklat bubuk khusus, untuk adonan kue.

Ada juga yang khusus,untuk membuat  minuman  coklat. Biar enggak bingung, nih aku udah  ngumpulin  info seputar coklat bubuk.

Warna dan rasa coklat bubuk

Kalau diperhatikan, warna coklat bubuk beda – beda loh. Ada warnanya yang gelap, ada juga yang coklatnya lebih  terang. Waw, diriku baru ngerti, warna – warna itu  didapat, selama  proses pengolahan biji kakao.

Ada 2 macam proses pengolahan  biji kakao, sebelum digiling menjadi  coklat bubuk. 

Natural Cocoa Powder

Seperti namanya,coklat bubuk alami. Proses  pengeringan dilakukan langsungsetelah biji kakao dipisahkan dari kulit buah. Coklat bubuk yang dihasilkan  dengan  teknik ini :

  • Warna  coklatnya lebih terang
  • Rasa pahitnya samar
  • Aromanya  tidak  begitu kuat

Bubuk coklat alami, akan diberi label sebagai  Unsweetened Cocoa Powder  atau  Pure Cocoa Powder. Natural Cocoa Powder banyak digunakan, sebagai bahan utama  minuman  rasa coklat, ice cream, cream coklat, roti dan kue kering.

donasaurus.com 

Dutch  Process 

 Proses ini pertama kali digunakan,oleh pengusaha coklat asal Belanda - Coenraad  Johannes van Houten.  Sebelum dikeringkan biji kakao, direndam dalam larutan Alkali terlebih dahulu. Reaksi kimia antara biji kakao dan   Alkali,  menghasilkan  coklat bubuk  yang khas:

  • Warna  bubuk  coklat gelap
  • Aroma coklat yang  tajam
  • Rasa pahit coklat yang khas.

Coklat bubuk Dutch Process  dijual , dengan label  Processed  With  Alkali atau Alkalized Cocoa Powder. Coklat bubuk Tulip Bordeaux, adalah  contoh   coklat bubuk, yang dibuat dengan Dutch process. Coklat   jenis ini direkomendasikan,  untuk  membuat  adonan  brownis dan cakes.

Harga dan  Ukuran  Kemasan  Coklat  Bubuk

Dizaman serba online gini, kamu  enggak perlu keliling  cari toko bahan kue, yang jual coklat bubuk. Udah ada  toko bahan kue  lengkap, yang  melayani pembelian online. Tinggal klik Toko Wahab, semua  pernak – pernik  pembuatan kue ada  disini.

Di Toko Wahab tersedia coklat bubuk, untuk segala keperluan. Dari coklat batangan, chip, meses, lapis dan tentu saja coklat bubuk. Khusus coklat bubuk, Toko Wahab  menawarkan  beberapa  merek  premium, dengan  harga  bersaing.

  • Tulip Bordeaux 2x2.5 kg                     - Rp. 640.000
  • Tulip Burgundy 2.x2.5 kg                     - Rp. 590.000
  • Bensdorp 4x5 kg                                  - Rp. 2,5 juta
  • Tulip Noir 2.x2.5 kg                             - Rp. 700.000
  • Van Houten 50x180 gr                        - Rp. 1,7 jutaan.
  • Colatta Drinking Chocolate 6x1 kg     - Rp. 500.000

donasaurus.com
Sekarang udah tau dong, dimana beli coklat bubuk,  yang  sesuai dengan kebutuhan. Semisal masih  ragu, kamu bisa langsung  chat, dan tanya – tanya sama admin  tokowahab.com. 

Udah gak ada alasan lagi, males masak karena susah cari bahan kue. Semua  tersedia lengkap, di Toko Wahab.  donasaurus.com

Tags :

bm
Created by: donasaurus

Feel free for asking a qustions or add informations that I have been mis

13 Comments:

  1. Penting sih memilih dan memilah coklat bubuk yang pas. Terkadang satu jenis coklat bubuk cocok di satu kue namun nggak cocok di kue yang lain. Saya sering mengalami begitu soalnya.

    BalasHapus
  2. Wow, baru tahu ternyata memilih coklat bubuk ga bolehs embarangan. Wihhh harga Van Houten memang tinggi ternyata ya, pantes enaknya tuh selangit. Hehehe

    BalasHapus
  3. Aku dulu malah dulu sempat magang di tempat pengolahan biji cokelat. Katanya biji Cokelat Indonesia itu bagus bagus kualitasnya.

    BalasHapus
  4. Selama ini aku beli coklat bubu seadanya aja nggak sampai ngulik jenis-jenis dan lainnya. Baru tahu ini wkwkwk, makasih insightnya. Aku langsung kepoin Toko Wahab. Unik sekali namanya

    BalasHapus
  5. Wah saya suka coklat, jenis dark coklat. Tapi di antara dua itu pahit yang mana ya mb? terkadang saya suka menggunakan coklat bubuk pahit untuk minuman.

    BalasHapus
  6. Wah baru tau kak, ternyata beda proses pembuatan, beda juga fungsi cokelat bubuk tersebut untuk bikin apa ya. Emak² kayak aku yang baru mau belajar bikin kue jadi terbantu. Makasih infonya :)

    BalasHapus
  7. dari kecil ibuku selalu pilih cokelat bubuk van houten mbak dona, selain mudah didapat, aromanya enak dan harganya pun terjangkau. cocok buat bikin kue atau brownies. toko wahab in lengkap ya semua ada bahan-bahan kue.

    BalasHapus
  8. Coklat bubuk ternyata macem-macem ya, aku kira cuman 1 aja.

    BalasHapus
  9. Aku pernah beli coklat bubuk dan ternyata rasanya kurang jos. Emang harus pandai pilih2 sih. Toko Wahab ini aku tahu sering dengar bagus buat beli bahan-bahan makanan/jualan

    BalasHapus
  10. mahal tapi enak itulah cokelat.

    BalasHapus
  11. Pas banget ini lagi mau siap-siap bikin kue lebaran. Jarang juga saya bikin jadi butuh referensi lebih untuk dapat hasil yang memuaskan. Kalau salah bahan bisa kacau, kan?

    BalasHapus
  12. Mantap nih... terima kasih infonya.

    BalasHapus
  13. Wah aku baru tahu pengolahan cokelat bubuk beda2 gitu. Asyik ada toko wahab, mau cek ah cokelat nya. Udah tahu hrganya lumayan ya ternyata. Hehe

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir.Comment will moderation before publish

Connect