Mei 03, 2019

Manfaat Kurma Bagi Kesehatan

Kurma Daglet Nour - Tunisia

Tidak banyak tumbuhan yang bisa bertahan, di daerah ekstrim kering timur tengah dan Afrika. Salah satu dari sedikit itu adalah kurma - Phoenix dactylifera
Gak heran  pohon kurma disebut ‘pohon kehidupan’. Seperti kelapa di Indonesia, kurma adalah pohon all you can use.

Pedagang dan suku nomaden,dari jazirah Arab menjadikan kurma bekal utama. Kurma dengan kandungan gula alami seperti sucrose,glucose dan fructose menjadi energy booster.Selain praktis dibawa,kurma bisa bertahan berbulan-bulan.


Contoh bebera  Varietas Kurma

Ada sekitar 200 varietas kurma, tetapi hanya beberapa yang dibudidayakan.Mengutip dari Harvest to table, berikut beberapa jenis kurma yang populer dibudidayakan di Timur Tengah dan Afrika. Barhi,Dayri,Halawy,Khadrawy,Thoory,Zahidi,Madjool,Deglet Noor
Berikut  beberapa manfaat mengagumkan dari buah kurma yang disunnahkan ini dikutip dari Nutrition and You
Date Fruit Fact


Baik Untuk Pencernaan - Usus Dan Lambung

Buah dari keluarga palem ini, kaya  serat. Karena itu baik,untuk  pencernaan dan  usus. Selain itu juga mencegah sembelit dan menghambat penyerapan kolesterol  LDL.
Serta membantu melindungi, selaput lendir pada  usus besar dari paparan zat kimia dari makanan-minuman yang masuk kedalam usus.
Anak-anak yang kurang makan sayur, biasanya suka sembelit.Boleh deh dicoba, kasih 1-2 butir kurma /hari

Mendukung Proses Persalinan Normal


esudroff - baby
Yang berencana melahirka normal, disarankan mengkonsumsi  kurma beberapa minggu menjelang persalinan.
Buah  Kurma mengandung flavonoid  polifenolik-  dan antioksidan lain yang dikenal sebagai tanin. Tanin bekerja sebagai anti-infeksi, anti-inflamasi, dan anti-hemoragik (mencegah kecenderungan pendarahan)

Antioksidan
Kurma mengandung antioksidan dan beberapa enzim, yang mendukung fungsi antibodi.
Berikut tiga jenis antioksidan penting, yang bisa didapat dengan konsumsi kurma.
  • Flavanoids - Membantu mencegah dan menurunkan resiko peradangan pada beberapa type kanker, Alzheimer dan diabetes
  • Carotenoids - Mendukung kesehatan jantung dan mencegah ganguan penglihatan  pada usia tua.
  • Phelolic Acid - Asam Fenolat yang berguna mencegah peradangan dan mengurangi resiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.Seperti kanker usus besar, prostat, payudara, endometrium, paru-paru, dan pankreas
Pohon Kurma

Mencegah Anemia Dan Kekentalan Darah
Zat besi, yang merupakan komponen hemoglobin di dalam sel darah merah, menentukan kapasitas pembawa oksigen dalam darah. Kurma adalah sumber zat besi yang sangat baik, mengandung 0,90 mg / 100 g buah (sekitar 11% dari RDI).

Vitamin B-6 niasin, asam pantotenat, dan riboflavin dalam kurma, bertindak sebagai kofaktor metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak. Sementara vitamin-K sangat penting dalam pengentalan darah serta metabolisme tulang.

Mendukung Pertumbuhan Tulang Dan Gigi
Kurma juga kaya akan mineral seperti kalsium, mangan, tembaga, dan magnesium. 
  • Kalsium adalah mineral penting yang merupakan unsur penting tulang dan gigi.
Selain itu kalsium juga penting,untuk kontraksi otot, pembekuan darah, dan konduksi impuls saraf.
  • Mangan digunakan sebagai  faktor pendamping enzim antioksidan, superoksida dismutase.
  • Tembaga diperlukan untuk produksi sel darah merah. Magnesium sangat penting untuk pertumbuhan tulang.
Mendukung Tumbuh Kembang Otak


Kakek dan cucu - Marjon Bestemen

Kurma mengandung nutrisi yang mendukung, perkembangan kognitif pada anak.
Orang dewasa juga dianjurkan, mengkonsumsi kurma. Untuk menghindari kerusakan sel syaraf otak.  Yang dapat mengakibatkan ganguan ingatan, konsentrasi dan komunikasi terutama bagi penderita Alzheimer

Anjuran Asupan
Kurma bisa dikonsumsi langsung  saat masih hijau (mentah), atau sudah matang dan kering.
Selain itu ada banyak produk olahan kurma, seperti syrup dan sari kurma.
Pada tekanan darah normal atau rendah dianjurkan dapat memakan 3-5 butir kurma /hari. Saat terbaik makan kurma saat perut dalam keadaan kosong ( berbuka) atau dipagi hari saat sarapan.
Penderita diabetes dapat juga,  mengkonsumsi kurma.Menurut publikasi dikutip dari US National Library of Medicine National Institutes of Health  ada lima jenis kurma yang memiliki indeks glikemik (GI) rendah.
Yang artinya meskipun kurma manis,tetapi tidak terbukti meningkatkan kadar gula darah secara mendadak. Batasan aman konsumsi kurma bagi penderita diabetes adalah 2-3 butir/hari.
                                                                    

Sirup Kurma

Meskipun kurma banyak manfaatnya, tetapi konsumsi yang berlebihan juga tidak baik. Anak-anak yang suka mengkonsumsi kurma, juga perlu diingatkan untuk selalu mengosok gigi. Karena glukosa kurma,bisa membuat gigi berlubang.
Karena kurma adalah produk alam, tetapi belum tentu semua orang bisa  mengkonsumsi kurma.Perhatikan tabel kandungan ,vitamin dan mineral kurma diatas. Konsultasi atau cari informasi, bila kamu dilarang mengasup salah satunya.***donasaurus.com

Tags :

bm
Created by: Donasaurus

Feel free to connect with me on social media or leave me a comment lways be super happy to have a little chat about your ideas and opinions Love Dona

Connect